Penyakit Ini Bisa Muncul Ketika Gigi Rusak

Oleh : nurul kinanti
Minggu, 11 Pebruari 2018 | 10:10 WIB


loading...

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, kesehatan mulut yang buruk tersebut akan mempengaruhi seluruh tubuh dan organ tubuh lainnya.

Peneliti gigi dari Beverly Hills, Sandy Moldovan,  memperingatkan bahwa hal itu cukup untuk menyebabkan hilangnya kesehatan tubuh jika bakteri di rongga mulut menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah di gigi. Secara khusus, jika kesehatan mulut tidak terlindungi secara optimal, maka bisa mengakibatkan risiko penyakit nantinya.

Menurut laman Kenh14.vn, berikut ada beberapa penyakit yang bisa muncul jika gigi alami kerusakan.

1. Serangan Jantung dan Stroke

Gigi rusak merupakan pertanda bakeri di mulut sangat banyak, bakteri penyebab penyakit gigi bisa mengalir melalui aliran darah ke arteri dan menghasilkan penggumpalan darah. Karena penggumpalan darah ini membatasi aliran darah ke jantung, bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

 


2. Meningkatkan Risiko Kanker

Bakteri yang menyebabkan radang gusi juga bisa merusak jaringan lain di tubuh. Dr. Moldovan mengatakan bahwa peradangan gusi mungkin juga bertanggung jawab atas hubungan antara penyakit periodontal dan beberapa jenis kanker. Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Cancer Research menunjukkan bahwa beberapa jenis bakteri penyebab penyakit periodontal juga dapat dikaitkan dengan risiko kanker kerongkongan yang lebih tinggi.

3. Risiko Impotensi pada Pria

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ada kaitan antara peradangan periodontal dan bakteri mulut, yang dapat menyebabkan tingginya risiko impotensi pada pria. Para periset mengatakan bahwa kerusakan gigi dapat merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh darah yang menyebabkan menuju areaa vital laki-laki.

4. Kerusakan Prostat pada Pria

Menurut Harvard Medical School, kerusakan gigi juga dapat menyebabkan prostatitis parah dan mempengaruhi kesehatan pria di segala usia. Konsekuensinya menyakitkan dari kerusakan prostat adalah ejakulasi sulit, nyeri di dasar panggul, kebocoran urine.

loading...
loading...

Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini

loading...