RS Kusta Sintanala Melayani Kesehatan Terpadu

Oleh : Aldi/dtc | Rabu, 25 Pebruari 2015 | 10:42 WIB



Wartakesehatan.com -Padatnya penduduk di kota Tangerang membuat kebutuhan akan pelayanan kesehatan meningkat, termasuk ketersediaan rumah sakit. Rumah Sakit Kusta Sitanala yang dulu hanya melayani pasien kusta pun kini sudah membuka pelayanan terpadu.

 

Gedung pelayanan terpadu yang diberi nama Gedung Adhyatma tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan Prof Nila Moeloek, SpM(K) hari ini. Diharap‎kan dengan adanya gedung pelayanan umum terpadu ini, stigma terhadap pasien kusta juga akan ikut berkurang.

 

"‎Karena kalau digabung dengan pelayanan umum, berarti kan stigma sudah berkurang ya. Tidak ada lagi orang takut mau berobat ke sini karena namanya RS Kusta," tutur Menkes Nila, dalam sambutannya ketika meresmikan Gedung Pelayanan Terpadu Adhyatma, di RS Kusta Sinatala, Tangerang, Banten.

 

‎Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes, Prof Akmal Taher‎ mengatakan bahwa meningkatnya kebutuhan akan pelayanan kesehatan umum memang mengalami peningkatan. Bahkan, lebih dari setengah pelayanan rawat jalan pelayanan rawat inap di RS Kusta Sitanala merupakan pelayanan umum.

 

"Sekitar 76 persen kunjungan rawat jalan merupakan pasien umum, sementara pasien kusta 24 persen. Untuk rawat inap, dari 200 tempat tidur, 84 persen merupakan pasien umum dan 16 persennya pasien kusta," ungkap Prof Akmal.

 

Gedung pelayanan terpadu dr Adhyatma yang baru saja diresmikan terdiri dari tiga lantai. Gedung ini berfungsi untuk pelayanan gawat darurat, rawat inap, kamar operasi serta pelayanan intensive care unit (ICU).

 

‎Pembangunan gedung dilakukan secara bertahap selama tiga tahun. Selain penambahan fasilitas seperti yang sudah disebutkan di atas, RS ini juga memiliki pelayanan bedah, rehabilitasi, laboratorium, radiologi, dan gizi.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 37 menit yang lalu

Jaga Kosentrasi Penuh dengan Sarapan Pagi

Wartakesehatan.com - Menurut ahli gizi sarapan tidak seharusnya dilewatkan oleh mereka yang tengah diet..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Sarapan dulu atau Olahraga Dulu ?

Wartakesehatan - Olahraga pagi diakui mampu mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. Namun ada sebuh..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Roti Tawar Biasa Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Wartakesehatan - Hampir sebagaian besar orang mempunyai kebiasaan mengonsumsi roti tawar dipagi hari, memang benar sarapan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Sereal Menu Sarapan yang Menyehatkan

Wartakesehatan.com - Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation menyatakan, sarapan yang sehat dapat..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..

+Indeks