Lima Asupan ini bisa Mengatasi Anemia

Fatimah/detik | Rabu, 13 Mei 2015 | 16:00 WIB



Wartakesehatan.com - Anemia atau kurang darah adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin, protein pembawa oksigen dalam sel darah merah berada di bawah normal. 

Kekurangan nutrisi diketahui menyebabkan kelelahan dan lesu, dapat menyebabkan anemia.

Selain dengan mengonsumsi suplemen, kebutuhan zat besi juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi asupan-asupan tertentu. Apa saja? Berikut 5 asupan yang dapat mengatasi anemia.

1. Beras merah dan oatmeal

Beras merah kaya akan serat, yang berfungsi untuk membuang keluar racun-racun di dalam tubuh. Sehingga diyakini dapat membantu kinerja zat besi. Selain beras merah, pilihan lainnya adalah oatmeal. Oatmeal juga kaya akan serat dan berbagai macam nutrisi lainnya, termasuk zat besi. Asupan ini dapat dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat.

2. Kentang

Meskipun tampak seperti asupan berkalori tinggi, namun kentang sebenarnya juga kaya akan kandungan zat besi dan bisa menjadi pilihan asupan Anda. Untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi sehari-hari, konsumsi kentang bisa dipilih sebagai prioritas.

3. Brokoli dan bayam

Tak banyak orang yang menyukai brokoli karena dianggap memiliki rasa yang tak terlalu enak. Namun di balik itu, sayuran ini sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami kekurangan zat besi.

Begitu juga dengan sayur bayam. Bayam mengandung banyak zat besi serta vitamin C, yang membantu tubuh Anda supaya lebih baik dalam menyerap zat besi.

4. Stroberi

Siapa sangka bahwa buah merah yang segar ini juga merupakan salah satu asupan yang mengandung zat besi? Selain itu, buah ini juga mengandung cukup banyak kadar vitamin C sehingga membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi.

5. Kacang polong

Kaya akan nutrisi, kacang polong sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami kekurangan zat besi. Saat Anda membuat sayur sop, ada baiknya Anda menambahkan kacang polong. Selain rasanya enak, kebutuhan zat besi Anda akan terbantu untuk terpenuhi.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 40 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 10 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
12 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks