Mahasiswa Kedokteran Unibraw Ciptakan Benang Jahit dari Getah Jarak

Oleh : Veronika | tribunnews | Sabtu, 20 Juni 2015 | 16:00 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Siti Nurjannah (22) adalah Mahasiswi kedokteran hewan Universitas Brawijaya. Kegemarannya berinovasi menggunakan tanaman herbal. Bahkan ia sudahdua kali mengajukan proposal kreativitas dan berhasil didanai.

Ide ini bermula ketika Jannah mempraktikkan pembedahan perut kucing dan menjahitnya kembali menggunakan benang berbahan usus hewan.

“Entah saya yang kurang steril atau kandungan usus itu tidak sesuai dengan kulit kucing, akhirnya bekas jahitan bengkak dan terbuka kembali,” terang Jannah, (19/6/2015).

Melihat kejadian tersebut, mereka berkonsultasi dengan dosen untuk mencari alternatif benang operasi lainnya. Ternyata, benang jahit yang tidak menimbulkan peradangan bisa didapat dari luar negeri.

Benang jahit itu berbahan sintetis yang harga satu paketnya mencapai Rp 2 juta. Satu paket benang jahit sintetis berisi 10 yang masing-masing sepanjang 70 sentimeter. Karena harganya cukup mahal, mereka berupaya berinovasi untuk mendapatkan benang jahit operasi tapi tetap aman dan murah.

Pada 2014, Jannah dengan dua teman satu jurusannya yaitu Julianto (22) dan Yumeida Noor Ilma (22) mulai berinovasi, Andri mencari formulasi untuk benang jahit operasi.

“Kami mengadaptasi hasil penelitian di Unair (Universitas Airlangga) untuk membuat benang operasi yang tidak menimbulkan peradangan,” jelas Jannah.

Ternyata, komposisi pembuatan benang itu menggunakan gli poli acid (GPA) yang harus diimpor dari Jerman alias masih berbahan luar negeri. Mereka memutuskan untuk merumuskan komposisi baru benang jahit perpaduan bahan getah jarak.

Sebelum lebih serius, Jannah dan kedua temannya mengkonsultasikan lebih dulu soal getah jarak ini ke Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) untuk menentukan jenis jarak yang bisa dipakai sebagai benang jahit.

Berdasar pengalaman, warga sekitar Balittas ternyata kerap mengoleskan getah jarak untuk menutup luka gores. Luka gores ringan, secara normal akan tertutup setelah tiga sampai tujuh hari. Jika diolesi getah jarak luka, luka akan menutup dua hari.

“Di sana ada pengembangan jarak, karena ada berbagai macam jarak jadi kami menganalisa kandungannya,” terangnya.

 

Baca selanjutnya.....






Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks