Mahasiswa Kedokteran Unibraw Ciptakan Benang Jahit dari Getah Jarak

Oleh : Veronika | tribunnews | Sabtu, 20 Juni 2015 | 16:00 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Siti Nurjannah (22) adalah Mahasiswi kedokteran hewan Universitas Brawijaya. Kegemarannya berinovasi menggunakan tanaman herbal. Bahkan ia sudahdua kali mengajukan proposal kreativitas dan berhasil didanai.

Ide ini bermula ketika Jannah mempraktikkan pembedahan perut kucing dan menjahitnya kembali menggunakan benang berbahan usus hewan.

“Entah saya yang kurang steril atau kandungan usus itu tidak sesuai dengan kulit kucing, akhirnya bekas jahitan bengkak dan terbuka kembali,” terang Jannah, (19/6/2015).

Melihat kejadian tersebut, mereka berkonsultasi dengan dosen untuk mencari alternatif benang operasi lainnya. Ternyata, benang jahit yang tidak menimbulkan peradangan bisa didapat dari luar negeri.

Benang jahit itu berbahan sintetis yang harga satu paketnya mencapai Rp 2 juta. Satu paket benang jahit sintetis berisi 10 yang masing-masing sepanjang 70 sentimeter. Karena harganya cukup mahal, mereka berupaya berinovasi untuk mendapatkan benang jahit operasi tapi tetap aman dan murah.

Pada 2014, Jannah dengan dua teman satu jurusannya yaitu Julianto (22) dan Yumeida Noor Ilma (22) mulai berinovasi, Andri mencari formulasi untuk benang jahit operasi.

“Kami mengadaptasi hasil penelitian di Unair (Universitas Airlangga) untuk membuat benang operasi yang tidak menimbulkan peradangan,” jelas Jannah.

Ternyata, komposisi pembuatan benang itu menggunakan gli poli acid (GPA) yang harus diimpor dari Jerman alias masih berbahan luar negeri. Mereka memutuskan untuk merumuskan komposisi baru benang jahit perpaduan bahan getah jarak.

Sebelum lebih serius, Jannah dan kedua temannya mengkonsultasikan lebih dulu soal getah jarak ini ke Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) untuk menentukan jenis jarak yang bisa dipakai sebagai benang jahit.

Berdasar pengalaman, warga sekitar Balittas ternyata kerap mengoleskan getah jarak untuk menutup luka gores. Luka gores ringan, secara normal akan tertutup setelah tiga sampai tujuh hari. Jika diolesi getah jarak luka, luka akan menutup dua hari.

“Di sana ada pengembangan jarak, karena ada berbagai macam jarak jadi kami menganalisa kandungannya,” terangnya.

 

Baca selanjutnya.....






Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






18 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
22 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks