Yuk, Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Iva

Oleh : Veronika | Sabtu, 20 Juni 2015 | 22:00 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Untuk mendeteksi dini kanker serviks (leher rahim) adalah dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA)  sangat penting untuk dilakukan oleh setiap wanita yang sudah pernah berhubungan seksual.

Pemeriksaan ini dianjurkan pada wanita yang memiliki resiko terkena kanker servik yaitu wanita yang menikah usia muda, Melakukan hubungan seks di usia muda, wanita yang suka berganti – ganti pasangan seks, melahirkan banyak anak, Pasangan ( suami ) yang tidak disunat / di khitan, kurang menjaga kebersihan alat kelamin, Mempunyai riwayat penyakit kelamin kronis, dan sering mengalami keputihan. 

Pelayanan pemeriksaan IVA ini, bisa didapatkan ditempat Praktik Bidan (BPS/RB), klinik, Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat. Keuntungannya selain mudah, murah, juga hasil pemeriksaan bisa segera mengetahui hasil pemeriksaan tanpa menunggu berhari-hari.

Selain pemeriksaan IVA ada pemeriksaan lain untuk deteksi dini juga yaitu pemeriksaan Pap smear. Pemeriksaan Pap smear dapat dilakukan di Rumah sakit atau klinik yang menyediakan pelayanan tersebut.

Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) dalam bahasa Inggris yaitu Visual Inspection of the uterine cervix with acetic acid (VIA) adalah inspeksi porsio dengan mata telanjang dan dinyatakan positif apabila setelah 20 detik pengolesan dengan asam asetat 3-5 % tampak daerah berwarna putih (white epithelium). IVA disebut juga servikoskopi.

Pemeriksaan IVA yaitu dengan mengusap serviks dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam asam asetat 3%. Adanya tampilan ”bercak putih” setelah pulasan asam asetat kemungkinan diakibatkan lesi prakanker serviks.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 26 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks