Yuk, Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Iva

Oleh : Veronika | Sabtu, 20 Juni 2015 | 22:00 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Untuk mendeteksi dini kanker serviks (leher rahim) adalah dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA)  sangat penting untuk dilakukan oleh setiap wanita yang sudah pernah berhubungan seksual.

Pemeriksaan ini dianjurkan pada wanita yang memiliki resiko terkena kanker servik yaitu wanita yang menikah usia muda, Melakukan hubungan seks di usia muda, wanita yang suka berganti – ganti pasangan seks, melahirkan banyak anak, Pasangan ( suami ) yang tidak disunat / di khitan, kurang menjaga kebersihan alat kelamin, Mempunyai riwayat penyakit kelamin kronis, dan sering mengalami keputihan. 

Pelayanan pemeriksaan IVA ini, bisa didapatkan ditempat Praktik Bidan (BPS/RB), klinik, Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat. Keuntungannya selain mudah, murah, juga hasil pemeriksaan bisa segera mengetahui hasil pemeriksaan tanpa menunggu berhari-hari.

Selain pemeriksaan IVA ada pemeriksaan lain untuk deteksi dini juga yaitu pemeriksaan Pap smear. Pemeriksaan Pap smear dapat dilakukan di Rumah sakit atau klinik yang menyediakan pelayanan tersebut.

Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) dalam bahasa Inggris yaitu Visual Inspection of the uterine cervix with acetic acid (VIA) adalah inspeksi porsio dengan mata telanjang dan dinyatakan positif apabila setelah 20 detik pengolesan dengan asam asetat 3-5 % tampak daerah berwarna putih (white epithelium). IVA disebut juga servikoskopi.

Pemeriksaan IVA yaitu dengan mengusap serviks dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam asam asetat 3%. Adanya tampilan ”bercak putih” setelah pulasan asam asetat kemungkinan diakibatkan lesi prakanker serviks.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 24 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks