Yuk, Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Iva

Oleh : Veronika | Sabtu, 20 Juni 2015 | 22:00 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Untuk mendeteksi dini kanker serviks (leher rahim) adalah dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA)  sangat penting untuk dilakukan oleh setiap wanita yang sudah pernah berhubungan seksual.

Pemeriksaan ini dianjurkan pada wanita yang memiliki resiko terkena kanker servik yaitu wanita yang menikah usia muda, Melakukan hubungan seks di usia muda, wanita yang suka berganti – ganti pasangan seks, melahirkan banyak anak, Pasangan ( suami ) yang tidak disunat / di khitan, kurang menjaga kebersihan alat kelamin, Mempunyai riwayat penyakit kelamin kronis, dan sering mengalami keputihan. 

Pelayanan pemeriksaan IVA ini, bisa didapatkan ditempat Praktik Bidan (BPS/RB), klinik, Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat. Keuntungannya selain mudah, murah, juga hasil pemeriksaan bisa segera mengetahui hasil pemeriksaan tanpa menunggu berhari-hari.

Selain pemeriksaan IVA ada pemeriksaan lain untuk deteksi dini juga yaitu pemeriksaan Pap smear. Pemeriksaan Pap smear dapat dilakukan di Rumah sakit atau klinik yang menyediakan pelayanan tersebut.

Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) dalam bahasa Inggris yaitu Visual Inspection of the uterine cervix with acetic acid (VIA) adalah inspeksi porsio dengan mata telanjang dan dinyatakan positif apabila setelah 20 detik pengolesan dengan asam asetat 3-5 % tampak daerah berwarna putih (white epithelium). IVA disebut juga servikoskopi.

Pemeriksaan IVA yaitu dengan mengusap serviks dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam asam asetat 3%. Adanya tampilan ”bercak putih” setelah pulasan asam asetat kemungkinan diakibatkan lesi prakanker serviks.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






18 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
22 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks