Dosen UM, Ciptakan Alat Kurangi Sakit Saat Melahirkan

Oleh : Veronika | Sabtu, 27 Juni 2015 | 21:00 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan.com – proses melahirkan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu yang menyenangkan namun di sisi lain merupakan hal yang paling mendebarkan. Pada kenyataannya proses melahirkan dimana ibu akan merasakan sakit luar biasa dan tidak nyaman ketika hendak melahirkan sang buah hati. 

Kondisi tersebut menginspirasi salah satu Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang yaitu Heni Setyowati, menciptakan alat yang berguna mengurangi rasa sakit dan memberikan rasa nyaman serta mempercepat proses persalinan seorang ibu. Alat ini disebut MPDA (Modified Pain Digital Acupresure). 

Heni menjelaskan, Dalam pembuatan alat inovatif tersebut, Heni bergabung dengan sejumlah pakar dari Universitas Indonesia (UI) antara lain Dr. Setyowati dari Fakultas Ilmu Keperawatan UI dan Prof Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer, DEA dari Fakultas Teknik UI. MPDA merupakan hasil pengembangan dan modifikasi alat yang dicitpakan sebelumnya, yakni PDA (Poin Digitas Acupresure).

“Ketidaknyamanan selama melahirkan tidak hanya mencakup masalah nyeri saja, namun meliputi fisik, psikospiritual, sosial dan lingkungan. Kondisi tersebut tentu mengganggu proses persalinan, sehingga bisa berdampak pada keselamatan bayi dan ibunya sendiri,“ kata Heni, melalui surat elektronik.

Menuruut Heni, alat PDA telah diterapkan pada 76 orang ibu bersalin dan terbukti mengatasi nyeri persalinan. Skor nyeri dirasakan lebih rendah pada ibu yang dipasang alat PDA, dibandingkan dengan ibu bersalin yang tidak dipasang alat PDA. Hasil penelitian PDA ini, kata Heni, telah dipresentasikan pada International Conference di Manipal University, Karnatakan, India beberapa waktu lalu. 

“MPDA merupakan pengembangan dari PDA. MPDA bekerja dengan sistem acupressure atau memijat sekaligus memutar musik klasik instrumen piano,“ ulas Heni. Lebih lanjut, Heni menjelaskan, dengan alat MPDA ibu bersalin akan mendapatkan pijatan pada acupoint dan sekaligus mendengarkan musik klasik instrumen piano. 

Alat ini sudah diterapkan pada 150 orang ibu bersalin di Kota dan Kabupaten Magelang. Hasilnya, diketahui bahwa MPDA sangat memberikan kenyamanan dan mempercepat proses persalinan kala satu fase aktif. “Perbedaan lama fase aktif kala satu antara ibu bersalin yang dipasang alat MPDA dengan ibu bersalin yang tidak dipasang alat MPDA adalah 1 jam 18 menit. Rentang waktu ini, tentunya sangat membantu bagi ibu bersalin untuk mencegah terjadinya partus lama yang merupakan salah satu penyebab kematian ibu di Indonesia,“ terang Heni.

 

(kompas)




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 6 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks