Wow! Ketulian Bisa Diobati dengan Terapi Gen

Oleh : cnnindonesia | Sabtu, 11 Juli 2015 | 16:00 WIB



Wartakesehatan.com - Terapi gen untuk ketulian kian mendekati kenyataan.  Penelitian terbaru menunjukkan teknik memperbaiki DNA yang rusak berhasil meningkatkan respons pada tikus dengan gangguan pendengaran genetik.

Di tempat terpisah, percobaan klinis lain juga sedang berjalan. Percobaan ini dilakukan untuk membantu kelompok yang berbeda, yakni mereka yang kehilangan pendengaran melalui kerusakan atau penyakit.

Terapi gen kembali bangkit. Baru-baru ini ditemukan hasil klinis yang positif untuk pengobatan penyakit tertentu, dari penyakit darah sampai kebutaan. “Kami agak terlambat di bidang pendengaran. Tapi saya pikir, kami sedang mengarah ke sana,” kata Tobias Moser dari University Medical Center Gottingen di Jerman.

“Ini adalah waktu yang baik untuk melakukan terapi gen,” kata ilmuwan yang ikut dalam penelitian tersebut, seperti dilansir dari Reuters.

Kunci dari optimisme ini adalah pengembangan sistem  pengiriman virus yang lebih baik dan lebih aman untuk mendapatkan gen perbaikan ke dalam tubuh. Dalam kasus ketulian, percobaan ini melibatkan suntikan virus gen pembawa yang direkayasa ke dalam telinga bagian dalam.

Saat ini tidak ada perawatan penyakit modifikasi, untuk menonaktifkan kehilangan pendengaran, yang telah disetujui. Kehilangan pendengaran memengaruhi sekitar 360 juta orang, atau sekitar lima persen dari populasi dunia, berdasarkan organisasi kesehatan dunia (WHO).

Alat bantu dengar dapat memperkuat suara. Sementara, implan koklea dapat mengubah suara menjadi sinyal listrik yang dibaca oleh otak. Namun, perangkat tersebut tidak dapat sepenuhnya meniru pendengaran alami.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






18 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
22 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks