Wow! Ketulian Bisa Diobati dengan Terapi Gen

Oleh : cnnindonesia | Sabtu, 11 Juli 2015 | 16:00 WIB



Wartakesehatan.com - Terapi gen untuk ketulian kian mendekati kenyataan.  Penelitian terbaru menunjukkan teknik memperbaiki DNA yang rusak berhasil meningkatkan respons pada tikus dengan gangguan pendengaran genetik.

Di tempat terpisah, percobaan klinis lain juga sedang berjalan. Percobaan ini dilakukan untuk membantu kelompok yang berbeda, yakni mereka yang kehilangan pendengaran melalui kerusakan atau penyakit.

Terapi gen kembali bangkit. Baru-baru ini ditemukan hasil klinis yang positif untuk pengobatan penyakit tertentu, dari penyakit darah sampai kebutaan. “Kami agak terlambat di bidang pendengaran. Tapi saya pikir, kami sedang mengarah ke sana,” kata Tobias Moser dari University Medical Center Gottingen di Jerman.

“Ini adalah waktu yang baik untuk melakukan terapi gen,” kata ilmuwan yang ikut dalam penelitian tersebut, seperti dilansir dari Reuters.

Kunci dari optimisme ini adalah pengembangan sistem  pengiriman virus yang lebih baik dan lebih aman untuk mendapatkan gen perbaikan ke dalam tubuh. Dalam kasus ketulian, percobaan ini melibatkan suntikan virus gen pembawa yang direkayasa ke dalam telinga bagian dalam.

Saat ini tidak ada perawatan penyakit modifikasi, untuk menonaktifkan kehilangan pendengaran, yang telah disetujui. Kehilangan pendengaran memengaruhi sekitar 360 juta orang, atau sekitar lima persen dari populasi dunia, berdasarkan organisasi kesehatan dunia (WHO).

Alat bantu dengar dapat memperkuat suara. Sementara, implan koklea dapat mengubah suara menjadi sinyal listrik yang dibaca oleh otak. Namun, perangkat tersebut tidak dapat sepenuhnya meniru pendengaran alami.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 34 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks