Ilmuwan Australia Kembangkan Terapi Malaria Tanpa Obat

Oleh : Veronika | CNN | Senin, 27 Juli 2015 | 23:59 WIB



Wartakesehatan.com - Ilmuwan asal Australia Michelle Wykes mengembangkan terapi penyakit malaria tanpa obat. Dalam penelitiannya, ia mencoba menemukan cara untuk menyembuhkan malaria dengan menggunakan kekebalan tubuh. 

Wykes menemukan, ketika seseorang terkena penyakit, parasit yang dibawa penyakit tersebut pasti akan menyerang dan merusak kekebalan tubuh. 

Lebih lanjut lagi, Wykes menjelaskan ketika ada penyakit, komunikasi antar sel yang biasanya terjadi dalam tubuh tidak berjalan dengan baik karena molekul dalam tubuh tidak melakukan fungsinya saat terserang parasit. Akibatnya, sel-sel di dalam tubuh pun tidak dapat berkomunikasi.

Untuk itu, melalui penelitiannya, Wykes ingin melihat bagaimana cara parasit, khususnya pada penyakit malaria yaitu Plasmodium, merusak sel dan molekul, sehingga nantinya ia bisa menemukan cara untuk membuat sel bertahan dari serangan parasit. 

"Saya ingin mengidentifikasi molekul-molekul yang tidak berfungsi dengan baik kemudian memperkuatnya," kata Michelle Wykes saat ditemui di Jakarta usai acara pertemuan antar ilmuwan Australia dan Indonesia, Senin (27/7/2015). 

Menurut Wykes sistem kekebalan tubuh yang berubah kondisinya akibat terserang penyakit inilah yang menyebabkan obat yang dikonsumsi pada saat sakit tidak manjur. Sebab, parasit telah mengubah sistem kekebalan tubuh. 

Untuk itu, ia ingin mengembangkan metode penyembuhan malaria melalui kendali sistem kekebalan tubuh karena obat dinilai tidak efektif. 

Penggunaan kekebalan tubuh untuk menyembuhkan penyakit sebenarnya bukanlah hal baru di dunia medis. Terapi imun tersebut juga pernah digunakan untuk pengobatan kanker. 

"Contohnya dalam imunoterapi untuk kanker, itu ada molekul yang namanya PD-1, molekul yang memberikan sinyal negatif. Cara mengatasinya dengan mengidentifikasi kehadiran PD-1 kemudian diblokir agar tidak memberikan indikasi negatif lagi," ujarnya. 

"Pada dasarnya prinsip-prinsip imunoterapi (terapi kekebalan tubuh) untuk kanker akan dipakai terapi untuk malaria," kata Wykes. 

Namun, hingga saat ini Wykes belum menemukan cara untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh saat terserang parasit. Ia masih berkutat dengan tiga tantangan yang harus dihadapi untuk memperkuat penelitiannya. 

"Yang pertama adalah mentransmisi parasitnya, membuat orang-orang kebal terhadap penyakit sehingga saat mereka terserang penyakit bisa melawannya, dan yang ketiga kalau sudah kena dua kali bisa mengendalikan penyakit tanpa obat," kata Wykes. 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 19 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks