Ilmuwan Australia Kembangkan Terapi Malaria Tanpa Obat

Oleh : Veronika | CNN | Senin, 27 Juli 2015 | 23:59 WIB



Wartakesehatan.com - Ilmuwan asal Australia Michelle Wykes mengembangkan terapi penyakit malaria tanpa obat. Dalam penelitiannya, ia mencoba menemukan cara untuk menyembuhkan malaria dengan menggunakan kekebalan tubuh. 

Wykes menemukan, ketika seseorang terkena penyakit, parasit yang dibawa penyakit tersebut pasti akan menyerang dan merusak kekebalan tubuh. 

Lebih lanjut lagi, Wykes menjelaskan ketika ada penyakit, komunikasi antar sel yang biasanya terjadi dalam tubuh tidak berjalan dengan baik karena molekul dalam tubuh tidak melakukan fungsinya saat terserang parasit. Akibatnya, sel-sel di dalam tubuh pun tidak dapat berkomunikasi.

Untuk itu, melalui penelitiannya, Wykes ingin melihat bagaimana cara parasit, khususnya pada penyakit malaria yaitu Plasmodium, merusak sel dan molekul, sehingga nantinya ia bisa menemukan cara untuk membuat sel bertahan dari serangan parasit. 

"Saya ingin mengidentifikasi molekul-molekul yang tidak berfungsi dengan baik kemudian memperkuatnya," kata Michelle Wykes saat ditemui di Jakarta usai acara pertemuan antar ilmuwan Australia dan Indonesia, Senin (27/7/2015). 

Menurut Wykes sistem kekebalan tubuh yang berubah kondisinya akibat terserang penyakit inilah yang menyebabkan obat yang dikonsumsi pada saat sakit tidak manjur. Sebab, parasit telah mengubah sistem kekebalan tubuh. 

Untuk itu, ia ingin mengembangkan metode penyembuhan malaria melalui kendali sistem kekebalan tubuh karena obat dinilai tidak efektif. 

Penggunaan kekebalan tubuh untuk menyembuhkan penyakit sebenarnya bukanlah hal baru di dunia medis. Terapi imun tersebut juga pernah digunakan untuk pengobatan kanker. 

"Contohnya dalam imunoterapi untuk kanker, itu ada molekul yang namanya PD-1, molekul yang memberikan sinyal negatif. Cara mengatasinya dengan mengidentifikasi kehadiran PD-1 kemudian diblokir agar tidak memberikan indikasi negatif lagi," ujarnya. 

"Pada dasarnya prinsip-prinsip imunoterapi (terapi kekebalan tubuh) untuk kanker akan dipakai terapi untuk malaria," kata Wykes. 

Namun, hingga saat ini Wykes belum menemukan cara untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh saat terserang parasit. Ia masih berkutat dengan tiga tantangan yang harus dihadapi untuk memperkuat penelitiannya. 

"Yang pertama adalah mentransmisi parasitnya, membuat orang-orang kebal terhadap penyakit sehingga saat mereka terserang penyakit bisa melawannya, dan yang ketiga kalau sudah kena dua kali bisa mengendalikan penyakit tanpa obat," kata Wykes. 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 19 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks