Ilmuwan Australia Kembangkan Terapi Malaria Tanpa Obat

Oleh : Veronika | CNN | Senin, 27 Juli 2015 | 23:59 WIB



Wartakesehatan.com - Ilmuwan asal Australia Michelle Wykes mengembangkan terapi penyakit malaria tanpa obat. Dalam penelitiannya, ia mencoba menemukan cara untuk menyembuhkan malaria dengan menggunakan kekebalan tubuh. 

Wykes menemukan, ketika seseorang terkena penyakit, parasit yang dibawa penyakit tersebut pasti akan menyerang dan merusak kekebalan tubuh. 

Lebih lanjut lagi, Wykes menjelaskan ketika ada penyakit, komunikasi antar sel yang biasanya terjadi dalam tubuh tidak berjalan dengan baik karena molekul dalam tubuh tidak melakukan fungsinya saat terserang parasit. Akibatnya, sel-sel di dalam tubuh pun tidak dapat berkomunikasi.

Untuk itu, melalui penelitiannya, Wykes ingin melihat bagaimana cara parasit, khususnya pada penyakit malaria yaitu Plasmodium, merusak sel dan molekul, sehingga nantinya ia bisa menemukan cara untuk membuat sel bertahan dari serangan parasit. 

"Saya ingin mengidentifikasi molekul-molekul yang tidak berfungsi dengan baik kemudian memperkuatnya," kata Michelle Wykes saat ditemui di Jakarta usai acara pertemuan antar ilmuwan Australia dan Indonesia, Senin (27/7/2015). 

Menurut Wykes sistem kekebalan tubuh yang berubah kondisinya akibat terserang penyakit inilah yang menyebabkan obat yang dikonsumsi pada saat sakit tidak manjur. Sebab, parasit telah mengubah sistem kekebalan tubuh. 

Untuk itu, ia ingin mengembangkan metode penyembuhan malaria melalui kendali sistem kekebalan tubuh karena obat dinilai tidak efektif. 

Penggunaan kekebalan tubuh untuk menyembuhkan penyakit sebenarnya bukanlah hal baru di dunia medis. Terapi imun tersebut juga pernah digunakan untuk pengobatan kanker. 

"Contohnya dalam imunoterapi untuk kanker, itu ada molekul yang namanya PD-1, molekul yang memberikan sinyal negatif. Cara mengatasinya dengan mengidentifikasi kehadiran PD-1 kemudian diblokir agar tidak memberikan indikasi negatif lagi," ujarnya. 

"Pada dasarnya prinsip-prinsip imunoterapi (terapi kekebalan tubuh) untuk kanker akan dipakai terapi untuk malaria," kata Wykes. 

Namun, hingga saat ini Wykes belum menemukan cara untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh saat terserang parasit. Ia masih berkutat dengan tiga tantangan yang harus dihadapi untuk memperkuat penelitiannya. 

"Yang pertama adalah mentransmisi parasitnya, membuat orang-orang kebal terhadap penyakit sehingga saat mereka terserang penyakit bisa melawannya, dan yang ketiga kalau sudah kena dua kali bisa mengendalikan penyakit tanpa obat," kata Wykes. 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






18 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
22 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks