Pertama di Indonesia, Launching Mesin Sampah Bisa Keluarkan Voucher

Oleh : Veronika | Tribunnews | Jumat, 31 Juli 2015 | 15:00 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Siapapun yang memiliki sampah plastik dan aluminium, jangan ragu-ragu, segera masukkan ke mesin ini. Tak sampai satu menit, akan keluar sebuah voucer yang bisa ditukarkan dengan uang.

Mulai Jumat (31/7/2015), mesin pencacah sampah ini telah resmi diletakkan di pusat Pasar di Denpasar, yakni di Pasar Kreneng.

Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra langsung meresmikan sekaligus me-launching mesin ini bersama dengan investor yang memberikan bantuan alat ini secara gratis kepada Pemkot Denpasar.

Ratusan pengunjung Pasar Kreneng pun tampak begitu antusias untuk mencoba mesin diklaim hanya satu-satunya di Indonesia ini.

Sontak sejumlah pedagang terlihat memungut sampah-sampah plastik, khususnya botol-botol yang ada di sekitaran pasar kreneng.

Semua dikumpulkan dan dibawa langsung ke mesin canggih buatan orang Italia ini untuk ditukarkan dengan uang.

Putri Daninggar, seorang investor dari dari ASIA PURA menejelaskan tentang tata cara penggunaan alat tersebut.

Kata dia, untuk ke depan mesin tersebut akan dimanajemen agar masyarakat bisa menukarkan voucer hasil penukaran sampah ke berbagai mini mart di Denpasar.

"Untuk saat ini hanya bisa ditukarkan di tempat mesin saja dulu. Ke depan kita akan kembangkan dan kerjasamakan dengan pihak-pihak lain. Kalau di luar negeri bahkan voucernya sudah bisa ditukarkan untuk membayar listrik dan air," ujar Daninggar kepada sejumlah awak media yang meliput.

Wayan Sinah, satu di antara pedagang di Pasar Kreneng yang sudah mencoba alat tersebut mengatakan bahwa adanya mesin ini akan sangat membantu mengatasi masalah sampah di Denpasar khususnya di daerah pasar.

"Ya bagus sekali. Nanti saya mau kumpulkan sampah setiap hari. Ditukarkan sekalian kan lumayan bisa untuk tambahan," ujar Sinah lalu tersenyum.

Wali Kota Denpasar Rai Mantra juga terlihat sumringah, begitu banyak warga yang langsung antusias untuk mencoba alat tersebut.

Melalui sejumlah awak media, putra mantan Gubernur Bali ini berpesan agar masyarakat bisa memanfaatkan mesin yang seperti ATM ini.

"Kita harapkan masyarakat agar bisa memanfaatkan. Mudah-mudahan bisa berguna karena ini pertama kali di Indonesia," ujar Rai Mantra.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
4 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
4 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks