Hebat, 2 Alat Ini Untuk Mengukur Kepadatan Mineral Tulang

Oleh : Philip_efr/majalahkesehatan | Sabtu, 01 Agustus 2015 | 02:00 WIB


Wartakesehatan.com - Pemeriksaan untuk mengukur kepadatan mineral tulang dikenal sebagai densitometri, alatnya disebut densitometer. Kepadatan mineral tulang ditentukan oleh jumlah kalsium dan mineral tulang lainnya (dalam mg) yang terkumpul dalam setiap satuan luas (cm2) bagian tulang. Semakin tinggi kandungan mineralnya, semakin padat massa tulang dan semakin kuat tulang Anda.  Perkembangan teknologi kedokteran yang pesat telah menghasilkan teknik-teknik non-invasif untuk mengukur kepadatan mineral tulang.

Di Indonesia dikenal dua cara untuk mengukur kepadatan mineral tulang yaitu dengan densitometer DEXA (Dual Energy X-ray Absorptiometry) dan densitometer USG.

1. DEXA Scan

Tulang belakang dan pinggul dikelilingi oleh sejumlah jaringan lunak, termasuk lemak, otot, pembuluh darah, dan organ-organ perut. Densitometer DEXA memungkinkan kita untuk mengukur massa tulang yang tersembunyi itu dengan memanfaatkan perbedaan atenuasi sinar-X energi rendah dan energi tinggi oleh mineral tulang dan jaringan lunak.

DEXA Scan atau pemindaian DEXA adalah standar emas untuk diagnosis osteoporosis karena memberikan keakuratan yang sangat tinggi, mencapai 98-99%. Pengujian ini dilakukan dengan mesin DEXA pada tulang yang berisiko patah karena osteoporosis. Bagian ini meliputi tulang belakang lumbal yang merupakan bagian punggung bawah, bagian tulang paha yang bergabung dengan pinggul, tulang pergelangan tangan dan lengan bawah.

Pemindaian memakan waktu beberapa menit, tanpa pembiusan, tanpa suntikan, tidak menimbulkan rasa sakit, dan hanya memaparkan radiasi dalam kadar terbatas (jauh di bawah kadar sinar-X untuk rontgen dada). Namun demikian, menurut rekomendasi International Society of Clinical Densitometry (ISCD), pemindaian dengan DEXA untuk skiring dan diagnosis sebaiknya tidak lebih sering dari dua tahun sekali.

Versi portabel dari mesin ini kadang-kadang digunakan untuk skrining kepadatan tulang di klinik-klinik dan pameran kesehatan, tetapi karena hanya memindai tulang yang lebih kecil, misalnya tumit atau jari, dengan hasil tidak seakurat mesin DEXA standar.

Gambar hasil pemindaian digunakan untuk menghitung kepadatan mineral tulang dalam mg/cm2, yang kemudian dibandingkan dengan kepadatan tulang pada kelompok pembanding:

Nilai T

Nilai T (T-score) merupakan unit angka (standar deviasi) di mana kepadatan massa tulang di atas atau di bawah kepadatan mineral tulang orang dewasa muda yang sehat, tanpa memadang ras atau jenis kelamin. Jika Anda mengalami keropos tulang, nilai T Anda negatif karena Anda memiliki kepadatan mineral tulang yang kurang dari standar. Intepretasi nilai T adalah sebagai berikut:

Nilai T

Arti

Di atas -1

Kepadatan massa tulang normal.

Antara -1 dan -2.5

Nilai menunjukkan tanda osteopenia, kondisi di mana kepadatan massa tulang di bawah normal dan dapat berakibat pada osteoporosis.

Di bawah -2.5

Kepadatan massa tulang mengindikasikan osteoporosis.

Setiap penurunan satu poin nilai T menunjukkan kehilangan tulang antara 10 sampai 15 persen yang berarti meningkatkan risiko patah tulang pinggul 3 kali dan patah tulang belakang 2,5 kali.

Dokter mungkin akan menyarankan rontgen sinar-X tradisional untuk memeriksa lebih lanjut bila ada tulang yang patah atau rusak. Sinar-X saja tidak dapat mendiagnosa osteoporosis sampai terjadi patah tulang yang serius (lebih dari 30 persen).

Nilai Z (Z-Score)

Nilai Z adalah angka perbandingan kepadatan tulang Anda dengan kepadatan tulang pada kelompok referensi yang memiliki usia dan jenis kelamin sama dengan Anda. Ras dan berat badan kadang-kadang juga ikut disertakan. Nilai Z dihitung menurut persentil, yaitu persen orang dalam populasi yang memiliki kepadatan tulang lebih rendah. Berikut adalah daftar lengkap nilai Z dan persentilnya. Bila Anda memiliki nilai Z nol maka Anda berada pada persentil 50%. Bila nilai Z Anda adalah -0.84 maka 20% orang lain memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dari Anda. Semakin besar nilai negatif Z, semakin keropos tulang Anda.






Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Cek Tanda-Tanda Penyakit Lewat Kondisi dan Kesehatan Mulut

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut penting untuk dijaga mengingat bahwa segala macam penyakit dari kuman dan bakteri..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di..
Psikolog - 1 hari yang lalu

Begini Sikap Orang Tua yang Tepat Jika Melihat Anak Masturbasi

Wartakesehatan.com - Belum lama ini ramai dibicarakan tentang Buku “Aku Berani Tidur Sendiri” dimana salah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Fakta Soal Minuman Berenergi yang Wajib Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Banyak dari Anda yang pasti sudah tahu minuman berenergi tak baik untuk kesehatan. Tetapi, ada..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Cara Ampuh Mengatasi Tidur Mendengkur

Wartakesehatan.com - Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang dialami oleh sedikitnya 45 persen penduduk di dunia...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bakar Lemak Dengan Aktivitas Ini di Rumah

Wartakesehatan.com - Pernahkah terpikir olah Anda, bahwa aktivitas sehari-hari di rumah ternyata efektif untuk membakar lemak?..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Labu Kuning Mencegah Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral, namun sangat rendah kalori. Fakta tersebut membuat labu menjadi..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti ingin kondisi matanya selalu dalam keadaan sehat sampai usia telah lanjut. Mata..
Liputan Khusus - 1 tahun yang lalu

HUT ke 16 BPOM Serempak Kampanyekan Peduli Obat & Pangan di 34 Kota

Wartakesehatan.com – Sebagai lembaga Negara yang dipercaya menjadi badan pengawasan terhadap peredaran produk obat dan..

+Indeks