Waspada, Gangguan Bipolar Juga Menyerang Anak

Oleh : Dirk/suara | Minggu, 12 Pebruari 2017 | 13:00 WIB


(Ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Gangguan bipolar (GB) adalah salah satu masalah kejiwaan yang membuat penderitanya mengalami perubahan suasana hati secara fluktuatif dan drastis. Misalnya dari yang murung, tiba-tiba bisa berubah menjadi sangat bahagia atau sebaliknya. GB biasanya berulang dalam rentang waktu tertentu serta dapat berlangsung seumur hidup. Perubahan suasana perasaan (mood) pada GB terjadi dengan sangat cepat.

Namun, gangguan bipolar ternyata bisa dialami anak-anak. Bahkan, menurut psikiater FKUI-RSCM, dr Natalia Widiasih, SpKJ(K), MPd.Ked, di Amerika Serikat, jumlah anak yang mengidap gangguan bipolar terus meningkat tiap tahunnya.

Sebenarnya apa yang memicu timbulnya gangguan bipolar pada usia dini?

Natalia menyebut bahwa penyebab gangguan bipolar multifaktor. Genetik bisa menjadi salah satu faktor pemicu. Namun, yang harus menjadi perhatian adalah pola asuh dapat mempengaruhi timbulnya gangguan mental ini pada anak.

"Penelitian menyebut bahwa mereka yang gangguan bipolar dulunya kehilangan orangtua sejak dini atau trauma karena pola asuh orangtua sangat keras dan kejam sehingga akhirnya anak jatuh ke dalam fase depresi," jelasnya pada acara bertajuk 'Kenali dan Pahami Peningkatan Libido pada Gangguan Bipolar’ di Jakarta, Rabu.

Jika anak terus menerus depresi, lanjut Natalia, anak akan kehilangan kontrol sehingga bisa saja tiba-tiba anak menangis tanpa ada pencetus atau tiba-tiba bahagia tanpa sebab.

"Orangtua harus mengamati, jika tidak ada pencetusnya tapi tiba-tiba suasana hati anak berubah misal menarik diri atau tiba-tiba sedih ini patut dicurigai. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter," tutupnya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 40 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks