Waspada, Gangguan Bipolar Juga Menyerang Anak

Oleh : Dirk/suara | Minggu, 12 Pebruari 2017 | 13:00 WIB


(Ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Gangguan bipolar (GB) adalah salah satu masalah kejiwaan yang membuat penderitanya mengalami perubahan suasana hati secara fluktuatif dan drastis. Misalnya dari yang murung, tiba-tiba bisa berubah menjadi sangat bahagia atau sebaliknya. GB biasanya berulang dalam rentang waktu tertentu serta dapat berlangsung seumur hidup. Perubahan suasana perasaan (mood) pada GB terjadi dengan sangat cepat.

Namun, gangguan bipolar ternyata bisa dialami anak-anak. Bahkan, menurut psikiater FKUI-RSCM, dr Natalia Widiasih, SpKJ(K), MPd.Ked, di Amerika Serikat, jumlah anak yang mengidap gangguan bipolar terus meningkat tiap tahunnya.

Sebenarnya apa yang memicu timbulnya gangguan bipolar pada usia dini?

Natalia menyebut bahwa penyebab gangguan bipolar multifaktor. Genetik bisa menjadi salah satu faktor pemicu. Namun, yang harus menjadi perhatian adalah pola asuh dapat mempengaruhi timbulnya gangguan mental ini pada anak.

"Penelitian menyebut bahwa mereka yang gangguan bipolar dulunya kehilangan orangtua sejak dini atau trauma karena pola asuh orangtua sangat keras dan kejam sehingga akhirnya anak jatuh ke dalam fase depresi," jelasnya pada acara bertajuk 'Kenali dan Pahami Peningkatan Libido pada Gangguan Bipolar’ di Jakarta, Rabu.

Jika anak terus menerus depresi, lanjut Natalia, anak akan kehilangan kontrol sehingga bisa saja tiba-tiba anak menangis tanpa ada pencetus atau tiba-tiba bahagia tanpa sebab.

"Orangtua harus mengamati, jika tidak ada pencetusnya tapi tiba-tiba suasana hati anak berubah misal menarik diri atau tiba-tiba sedih ini patut dicurigai. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter," tutupnya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 49 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 7 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks