Ketua IDI Jakarta Tanggapi Ahok soal Dokter setara dengan Perawat

Oleh : icha Abdillah | Senin, 21 September 2015 | 22:14 WIB


Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta

Wartakesehatan.com - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama atau biasa disapa Ahok mengenai kemauannya untuk mendorong perawat setara dengan dokter mendapat tanggapan dari Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah DKI Jakarta, berikut tanggapannya.

Yth. Dewan Redaksi Warta Kesehatan

Bersama ini kami sampaikan sikap IDI Wilayah DKI Jakarta terkait dengan Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Bapak Ahok yang menyatakan bahwa “Beliau akan mendorong agar perawat di Indonesia seperti di Amerika, kalau orang sakit tidak perlu ke dokter tapi panggil perawat ke rumah” diacara jamuan makan malam gubernur bagi peserta konfrensi perawat Internasional ke 5 di Jakarta.


IDI wilayah DKI menyayangkan pernyataan Yth Bapak Ahok tersebut. Perlu kami sampaikan bahwa antara Dokter dan perawat adalah mitra dalam melakukan pelayanan kesehatan . Kesetaraan antara dokter dan perawat bukan ditunjukan dengan memberikan kewenangan dokter (pengobatan ) kepada perawat, tetapi harusnya dengan menyetarakan dalam menjalankan tugas secara professional sesuai dengan kewenangan masing masing.

Dokter bertugas mengobati pasien, sedangkan perawat bertugas merawat pasien dengan asuhan keperawatan. Tugas utama perawat sesuai UU Keperawatan adalah melakukan Asuhan Keperawatan , bukan mengobati orang sakit. Perawat sesuai UU Praktek kedokteran dan UU Keperawatan dapat melakukan tindakan medis/pengobatan kepada pasien hanya di daerah yang terpencil yang tidak ada dokter. Seorang dokter dalam menjalankan tugasnya butuh berkolaborasi dengan perawat sesuai dengan tugas dan kewenangan masing masing.

Dalam melayani pasien antara Dokter dan perawat mempunyai hubungan sangat dekat, kami kuatir dengan pernyataan pak Ahok tersebut menjadikan hubungan kami menjadi kurang baik dalam menjalankan tugas . Di Luar negeri sudah sangat jelas pembagian tugas dan kewenangan antara dokter dan perawat, di Amerika Serikat pun seorang perawat tidak mengobati pasien, yang mengobati pasien sakit adalah seorang dokter.


IDI wilayah DKI Jakarta mendorong agar pelayanan kesehatan dilakukan secara team yang terdiri dari Dokter sebagai leader, perawat, bidan dan atau tenaga kesehatan lainnya. Jadi pelayanan kepada masyarakat akan menjadi optimal, hal ini seperti yang terjadi di Negara lain. Besar harapan kami agar Pemda DKI mendorong hal tersebut.


Hormat Kami
Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes
(ketua IDI Wilayah DKI Jakarta)

Baca Juga : 

Harapan Ahok, Perawat jadi Setara dengan Dokter
http://wartakesehatan.com/54273/harapan-ahok-perawat-jadi-setara-dengan-dokter




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks