Ketua IDI Jakarta Tanggapi Ahok soal Dokter setara dengan Perawat

Oleh : icha Abdillah | Senin, 21 September 2015 | 22:14 WIB


Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta

Wartakesehatan.com - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama atau biasa disapa Ahok mengenai kemauannya untuk mendorong perawat setara dengan dokter mendapat tanggapan dari Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah DKI Jakarta, berikut tanggapannya.

Yth. Dewan Redaksi Warta Kesehatan

Bersama ini kami sampaikan sikap IDI Wilayah DKI Jakarta terkait dengan Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Bapak Ahok yang menyatakan bahwa “Beliau akan mendorong agar perawat di Indonesia seperti di Amerika, kalau orang sakit tidak perlu ke dokter tapi panggil perawat ke rumah” diacara jamuan makan malam gubernur bagi peserta konfrensi perawat Internasional ke 5 di Jakarta.


IDI wilayah DKI menyayangkan pernyataan Yth Bapak Ahok tersebut. Perlu kami sampaikan bahwa antara Dokter dan perawat adalah mitra dalam melakukan pelayanan kesehatan . Kesetaraan antara dokter dan perawat bukan ditunjukan dengan memberikan kewenangan dokter (pengobatan ) kepada perawat, tetapi harusnya dengan menyetarakan dalam menjalankan tugas secara professional sesuai dengan kewenangan masing masing.

Dokter bertugas mengobati pasien, sedangkan perawat bertugas merawat pasien dengan asuhan keperawatan. Tugas utama perawat sesuai UU Keperawatan adalah melakukan Asuhan Keperawatan , bukan mengobati orang sakit. Perawat sesuai UU Praktek kedokteran dan UU Keperawatan dapat melakukan tindakan medis/pengobatan kepada pasien hanya di daerah yang terpencil yang tidak ada dokter. Seorang dokter dalam menjalankan tugasnya butuh berkolaborasi dengan perawat sesuai dengan tugas dan kewenangan masing masing.

Dalam melayani pasien antara Dokter dan perawat mempunyai hubungan sangat dekat, kami kuatir dengan pernyataan pak Ahok tersebut menjadikan hubungan kami menjadi kurang baik dalam menjalankan tugas . Di Luar negeri sudah sangat jelas pembagian tugas dan kewenangan antara dokter dan perawat, di Amerika Serikat pun seorang perawat tidak mengobati pasien, yang mengobati pasien sakit adalah seorang dokter.


IDI wilayah DKI Jakarta mendorong agar pelayanan kesehatan dilakukan secara team yang terdiri dari Dokter sebagai leader, perawat, bidan dan atau tenaga kesehatan lainnya. Jadi pelayanan kepada masyarakat akan menjadi optimal, hal ini seperti yang terjadi di Negara lain. Besar harapan kami agar Pemda DKI mendorong hal tersebut.


Hormat Kami
Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes
(ketua IDI Wilayah DKI Jakarta)

Baca Juga : 

Harapan Ahok, Perawat jadi Setara dengan Dokter
http://wartakesehatan.com/54273/harapan-ahok-perawat-jadi-setara-dengan-dokter




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Cek Tanda-Tanda Penyakit Lewat Kondisi dan Kesehatan Mulut

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut penting untuk dijaga mengingat bahwa segala macam penyakit dari kuman dan bakteri..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di..
Psikolog - 1 hari yang lalu

Begini Sikap Orang Tua yang Tepat Jika Melihat Anak Masturbasi

Wartakesehatan.com - Belum lama ini ramai dibicarakan tentang Buku “Aku Berani Tidur Sendiri” dimana salah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Fakta Soal Minuman Berenergi yang Wajib Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Banyak dari Anda yang pasti sudah tahu minuman berenergi tak baik untuk kesehatan. Tetapi, ada..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Cara Ampuh Mengatasi Tidur Mendengkur

Wartakesehatan.com - Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang dialami oleh sedikitnya 45 persen penduduk di dunia...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bakar Lemak Dengan Aktivitas Ini di Rumah

Wartakesehatan.com - Pernahkah terpikir olah Anda, bahwa aktivitas sehari-hari di rumah ternyata efektif untuk membakar lemak?..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Labu Kuning Mencegah Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral, namun sangat rendah kalori. Fakta tersebut membuat labu menjadi..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti ingin kondisi matanya selalu dalam keadaan sehat sampai usia telah lanjut. Mata..
Liputan Khusus - 1 tahun yang lalu

HUT ke 16 BPOM Serempak Kampanyekan Peduli Obat & Pangan di 34 Kota

Wartakesehatan.com – Sebagai lembaga Negara yang dipercaya menjadi badan pengawasan terhadap peredaran produk obat dan..

+Indeks