Ketua IDI Jakarta Tanggapi Ahok soal Dokter setara dengan Perawat

Oleh : icha Abdillah | Senin, 21 September 2015 | 22:14 WIB


Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta

Wartakesehatan.com - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama atau biasa disapa Ahok mengenai kemauannya untuk mendorong perawat setara dengan dokter mendapat tanggapan dari Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah DKI Jakarta, berikut tanggapannya.

Yth. Dewan Redaksi Warta Kesehatan

Bersama ini kami sampaikan sikap IDI Wilayah DKI Jakarta terkait dengan Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Bapak Ahok yang menyatakan bahwa “Beliau akan mendorong agar perawat di Indonesia seperti di Amerika, kalau orang sakit tidak perlu ke dokter tapi panggil perawat ke rumah” diacara jamuan makan malam gubernur bagi peserta konfrensi perawat Internasional ke 5 di Jakarta.


IDI wilayah DKI menyayangkan pernyataan Yth Bapak Ahok tersebut. Perlu kami sampaikan bahwa antara Dokter dan perawat adalah mitra dalam melakukan pelayanan kesehatan . Kesetaraan antara dokter dan perawat bukan ditunjukan dengan memberikan kewenangan dokter (pengobatan ) kepada perawat, tetapi harusnya dengan menyetarakan dalam menjalankan tugas secara professional sesuai dengan kewenangan masing masing.

Dokter bertugas mengobati pasien, sedangkan perawat bertugas merawat pasien dengan asuhan keperawatan. Tugas utama perawat sesuai UU Keperawatan adalah melakukan Asuhan Keperawatan , bukan mengobati orang sakit. Perawat sesuai UU Praktek kedokteran dan UU Keperawatan dapat melakukan tindakan medis/pengobatan kepada pasien hanya di daerah yang terpencil yang tidak ada dokter. Seorang dokter dalam menjalankan tugasnya butuh berkolaborasi dengan perawat sesuai dengan tugas dan kewenangan masing masing.

Dalam melayani pasien antara Dokter dan perawat mempunyai hubungan sangat dekat, kami kuatir dengan pernyataan pak Ahok tersebut menjadikan hubungan kami menjadi kurang baik dalam menjalankan tugas . Di Luar negeri sudah sangat jelas pembagian tugas dan kewenangan antara dokter dan perawat, di Amerika Serikat pun seorang perawat tidak mengobati pasien, yang mengobati pasien sakit adalah seorang dokter.


IDI wilayah DKI Jakarta mendorong agar pelayanan kesehatan dilakukan secara team yang terdiri dari Dokter sebagai leader, perawat, bidan dan atau tenaga kesehatan lainnya. Jadi pelayanan kepada masyarakat akan menjadi optimal, hal ini seperti yang terjadi di Negara lain. Besar harapan kami agar Pemda DKI mendorong hal tersebut.


Hormat Kami
Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes
(ketua IDI Wilayah DKI Jakarta)

Baca Juga : 

Harapan Ahok, Perawat jadi Setara dengan Dokter
http://wartakesehatan.com/54273/harapan-ahok-perawat-jadi-setara-dengan-dokter




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 9 jam yang lalu

Banyak Keuntungan dari Konsumsi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Mungkin banyak orang lebih memilih mengonsumsi air dingan ketimbang air hangat apalagi dikalangan..
Herbal - 11 jam yang lalu

Mengonsumsi 3 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penyembuhan DBD

Wartakesehatan.com-jika saran pengobatan dari dokter dijalani secara benar, maka biasanya gejala demam berdarah akan mulai..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Alergi Susu Sapi Pada Bayi,Bisa Sebabkan Sesak Napas

Wartakesehatan.com-Ketika bayi sesak napas, banyak faktor yang mungkin menyebabkan terjadinya gangguan pada saluran pernapasan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Minyak Kanola, Si Penurun Kolesterol

Wartakesehatan.com - Selama ini kita hanya mengenal minyak zaitun yang bermanfaat bagi kesehatan. Kini beberapa orang..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Deteksi Kanker Pankreas melalui Urine

Wartakesehatan.com - Kanker pankreas adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit ini disebabkan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Habisi Lemak dengan Olahraga

Wartakesehatan.com - Begitu mendengar kata lemak, banyak orang bakal langsung berpikir negatif. Hal itu membuat banyak..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Konsumsi Jeruk Berlebihan, Awas Diabetes!!

Wartakesehatan.com - Beberapa makanan bisa menyebabkan diabetes atau  gula darah meningkat dan bisa menyebabkan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Wahana Visi Indonesia Ajak Korporasi Menjaga Kesehatan Sumber Daya Manusia Sebelum dan Saat Menghadapi Bencana

Wartakesehatan.com - Sumber Daya Manusia yang sehat dan bergizi baik merupakan salah satu faktor penentu kekuatan sebuah..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Penyakit Infeksi Berpotensi pada Kematian

Wartakesehatan.com-Penyakit infeksi adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh organisme seperti virus, bakteri, jamur, dan..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Ketahui, Dampak dari Masing-Masing Emosi

Wartakesehatan.com - Sebuah studi di Finlandia yang melibatkan 700 partisipan menunjukkan, emosi bisa memengaruhi kondisi..

+Indeks