Mengenal Dermatitis Atopic & Penanganannya

Oleh : Irawan Mohamad | Rabu, 16 Desember 2015 | 10:00 WIB


(Dok- wartakesehatan.com)

BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com – Kecantikan dan ketampanan seseorang dapat terlihat dari kulit yang dimilikinya. Semakin sehat kulit seseorang, maka orang tersebut dapat dikatakan sebagai wanita yang cantik ataupun pria yang tampan. Walaupun, tidak semua kulit yang dimiliki oleh setiap di dunia, memiliki kulit yang sama.

    Kulit merupakan pertahanan pertama tubuh terhadap benda-benda asing yang berasal dari luar tubuh. Di mana kulit juga merupakan organ tubuh yang terbesar, dengan luas permukaan total 2 M² dan berat 3,6 kg. Beratnya kulit terdiri dari tiga lapisan, atnra lain epidermis dan dermis serta lapisan lemak di bawah kulit yang disebut dengan hipodermis. Sayangnya sebagai bagian terluar dari tubuh manusia, kulit sering terpapar polusi dan juga radikal bebas. Inilah yang membuat kulit terlihat kusam dan sangt rentan terserang penyakit.

    Salah satu penyakit yang sering menyerang kulit adalah Dermatitis Atopik (DA). Dermatitis Atopik, atau lebih dikenal dengan istilah eksim atopik, adalah radang pada kulitberbentuk ruam yang timbul hanya pada orang yang memiliki kulit sensitif dan mudah teriritasi. Gangguan pada kulit ini terjadi dalam jangka waktu lama, sewaktu-waktu dapat kambuh dan tidak bisa hilang.

    Umumnya DA di alami oleh anak-anak, khususnya anak yang berumur kurang dari 5 tahun dengan prevalensi 9-21%. Namun orang dewasa pun bisa dapat terjangkit ddngan prevalensi sebesar 2-10%.

    Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Bunda Jakarta, dr. Rachel Djuanda, SpKK penderita DA memiliki kulit yang sangat kering, karena rendahnya produksi ceramide, terutama ceramide tipe 1 pada bagian ‘mortar/semen’ kulit. Ini akan mengakibatkan fungsi pelindung kulit berkurang sehingga kemampuan kulit untuk menampung air dan siklus hidup sel koneum epidermis memendek.

    “Jika fungsi pelindung kulit berkurang, akan mempermudah masuknya berbagai macam benda asing seperti bakteri dan jamur. Hal ini menyebabkan reaksi inflasi yang akan merangsang penegeluaran mediator-mediator inflamasi dan menyebabkan timbulnya gejala yang dirasakan oleh penderita, seperti lesi ecze-matosa, xerosis,lichenification, dan pruritus hebat sehingga memancing penderita untuk menggaruk area tersebut. Kondisi ini akan memperburuk kemampuan fungsi pelindung kulit,” ujar dr. Rachel, Selasa (15/12/15), di Jakarta dalam acara SOHO Better U.

    Dia menambahkan, para dokter umumnya memberikan kortikosteroid atau antihistamin untuk meredakan gejala, terutama rasa gatal, namun tidak memberikan sesuatu untuk memperbaiki fungsi pelindung kulit.

    “Penanganan DA dengan menggunakan Steroid Topical, memang langkah yang umum diambil, untuk mengurangi gatal dan ruam yang tampak. Namun penggunaan sterod topikal dalam jangka waktu yang lama malah dapat membuat DA menjadi resisten terhadap obat tersebut,” pungkasnya.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

      Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
      4 bulan yang lalu

      Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

      Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

      Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

      Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

      Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

      Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

      Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

      Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

      +Indeks