Cegah Kanker dan Kematian Dini? Makanan Pedas Jawabannya!

Oleh : Dirk | sooperboy | Rabu, 30 Desember 2015 | 20:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Pernahkah kamu mendengar konsumsi makanan pedas atau yang berkaitan dengan cabai baik bagi kesehatan? jika ya, berarti apa yang kamu dengar itu berkaitan dengan beberapa penelitian. Karena beberapa penelitian menyatakan bahwa capsaicin komponen aktif dalam cabai dapat mendorong regenerasi sel-sel di dalam tubuh menjadi lebih aktif. 

Hal inilah yang mendasari pernyataan jika kandungan dalam cabai dapat mencegah penyakit kanker dan kematian dini.

"Intinya adalah bahwa setiap jenis bahan nabati yang Anda konsumsi akan meningkatkan kesehatan Anda. Cabai benar-benar bermanfaat bagi Anda," ahli gizi David Popovich dari Massey University dilansir dari Tribunnews.

Pada tahun 2006, para peneliti menemukan, bahwa capsaicin dosis tinggi dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus hingga 80 persen, dan hanya meninggalkan sel-sel sehat saja. Bahkan senyawa pedas ini mampu mengikat sel-sel kanker dan memicu perubahan struktur internal mereka.

Tak hanya David, seorang peneliti lain bernama José de Jesús Ornelas-Paz dari Pusat Penelitian Makanan dari Meksiko sedang melakukan riset terbaru dengan memakai capsaicin untuk meracik obat kanker terbaru. Ia mengatakan jika cabai tidak hanya datang dari senyawa capsaicin, tapi dari keseluruhan bahan aktif di dalam cabai.

"Senyawa pedas adalah senyawa bioaktif. Mencampur, memotong dan memasaknya dapat meningkatkan jumlah senyawa yang terlepas dari cabai, sehingga jumlah yang terserap oleh tubuh juga meningkat." Ungkapnya.

Menurut José, capsaicin merupakan senyawa yang dikenal mudah larut dalam lemak, sehingga Anda harus menyeimbangkannya dengan menambahkan sedikit lemak atau protein untuk mengoptimalkan kinerja capsaicin dalam tubuh.

Tak berhenti sampai disitu, pada bulan Agustus lalu, tim dari Harvard University  menerbitkan hasil studi yang menilai kesehatan hampir setengah juta orang dewasa Cina. Mereka menemukan, bahwa mereka yang mengonsumsi makanan pedas enam atau tujuh kali seminggu memiliki risiko kematian dini 14 persen lebih rendah daripada mereka yang jarang mengonsumsi makanan pedas.




Fokus : Makanan


#Kanker #Makanan Pedas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 1 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks