Awas! Tidur Miring Kekiri Bisa Mimpi buruk

Oleh : Imron Hamzah | health.detik.com/ | Kamis, 31 Desember 2015 | 07:09 WIB


IST

Wartakesehatan - Sering mimi buruk? mungkin posisi tidur anda miring kekiri. coba ganti Posisi tidur anda.

Sebuah penelitian tahun 2004, yang kembali beredar belakangan ini, menyebutkan bahwa mimpi buruk dialami oleh 41 persen partisipan yang tidur dengan posisi miring ke kiri. Pada posisi tidur miring ke kanan, mimpi buruk hanya dialami oleh 15 persen partisipan.

Fakta lain yang terungkap adalah bahwa para partisipan yang tidur dengan posisi miring ke kanan lebih mampu mengingat mimpinya. Namun, para partisipan dengan posisi tidur seperti ini juga melaporkan kualitas tidur yang lebih buruk.

"Pengamatan awal kami menunjukkan bahwa mimpi dan kualitas tidur berhubungan dengan fungsi otak di belakangnya, dan mungkin dipengaruhi oleh postur tubuh," tulis para ilmuwan, dikutip dari Sciencealert, Rabu (30/12/2015).

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep and Hypnosis ini memang hanya melibatkan 63 partisipan. Sah-sah saja jika beberapa orang meragukan kebenarannya.

Namun penelitian tersebut bukan satu-satunya yang mengungkap hubungan antara mimpi dengan posisi tidur. Tahun 2012, para ilmuwan dari Hong Shue Yan University di Hong Kong mengungkap bahwa seseorang yang tidur dengan posisi tengkurap lebih rentan mengalami vivid dream, yakni mimpi yang tampak sangat nyata.

"Efek ini tidak bisa dijelaskan secara penuh oleh faktor kepribaian, yang tidak terlalu berhubungan dengan posisi tidur," kata sang peneliti, Calvin Kai-ching Yu yang meyakini bahwa mimpi bisa dipengaruhi oleh posisi tidur.




Fokus : Posisi Tidur


#Posisi Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks