Sering Diremehkan, ini 5 Gejala Diabetes

Oleh : Imron Hamzah | health.detik.com/ | Sabtu, 02 Januari 2016 | 13:01 WIB



Wartakesehatan - Banyak orang yang terkena diabetes namun tidak menyadarinya. Seperti yang di alami presenter TV di Amerika serikat, Rob Kardashian yang juga seorang model. Rob tidak menyadari bahwa dirinya terkena diabetes, hingga Akhirnya di larikan ke rumah sakit, ketika sudah jatuh sakit, minggu lalu.

Maka dari itu, perlu perhatian khusus untuk menandakan pradiabetes agar Anda terhindar dari penyakit tersebut. Dikutip dari Men's Health, Sabtu (2/01/2016), berikut lima tanda seseorang telah mengalami pradiabetes.

1. Sering buang air kecil di malam hari

Terlalu sering buang air kecil di malam hari menjadi salah satu tanda bahwa diabetes telah berkembang. Hal ini dikarenakan kadar gula darah di tubuh meningkat.

"Jika hanya sekali tengah malam Anda buang air kecil itu tak masalah. Namun, jika sudah lebih dari 3 kali setiap malam maka perlu pemeriksaan lebih lanjut," kata Andrew Bremer, MD, Ph.D., direktur program di the National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Selain itu juga, bagi laki-laki kondisi ini bisa juga merupakan gejala dari masalah prostat (seperti pembesaran prostat). Maka dari itu, cara terbaik adalah segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter Anda untuk melakukan pencegahan.

2. Kulit terlihat kotor

Memiliki bercak-cak hitam pada kulit di bagian belakang leher, namun jika digosok tidak menghilang? Mungkin itu tanda-tanda pradiabetes. Kondisi itu tersebut disebabkan oleh resistensi insulin yang menyebabkan acanthosis nigricans yang mungkin muncul saat pradiabetes.

Tidak hanya di belakang leher saja, bercak hitam tersebut bisa saja muncul di siku atau lutut. Namun, setelah kadar glukosa bisa dikontrol, bercak tersebut biasanya menghilang.

3. Kesulitan untuk membaca

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh dara kecil di retina. Kondisi tersebut biasa disebut dengan retinopati diabetik.

Pada satu dekade lalu, para dokter hanya berpikir kondisi tersebut baru bisa berkembang jika seseorang mengalami diabetes tipe 2. Nyatanya, retinopati diabetik bisa berkembang lebih cepat lagi.

Bahkan, hampir delapan persen orang yang mengalami pradiabetes memiliki retinopati diabetik. Maka dari itu, perlu menjaga gula darah Anda agar tetap terkontrol sekaligus menjaga kondisi tersebut agar tidak semakin berkembang.

4. Berat badan turun drastis

Biasanya mereka yang mengalami penurunan berat badan secara drastis, akan merasa senang dan tetap mengonsumsi sebuah pizza dan minumam bersoda. Padahal, penurunan berat badan yang tidak jelas bisa jadi tanda-tanda diabetes.

Selain itu, hal tersebut juga menjadi tanda bahwa tubuh tidak memanfaatkan kalori secara efektif dan nutrisi hanya keluar melalui air seni.

5. Tekanan darah bertambah tinggi

Apabila tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg, maka ada kemungkinan lebih tinggi untuk terkena darah tinggi. Selain itu juga, memiliki tekanan darah yang tinggi dapat mengembangkan diabetes.

Apabila dibiarkan saja, kedua hal ini mampu merusak ginjal dari waktu ke waktu. Maka dari itu, apabila tekanan darah cukup tinggi cobalah untuk memeriksakannya ke dokter.

 




Fokus : Diabetes


#Diabetes
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Menu Sarapan Bikin Kenyang Tapi Tetap Langsing

Wartakesehatan.com - Tidak sarapan justru bisa membuatmu makin gemuk karena kamu akan merasa dua kali lipat lebih lapar..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Meminum Teh Hijau Setiap Hari Selama Satu Bulan

Wartakesehatan - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang telah banyak dikonsumsi di seluruh Asia selama berabad-abad...
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Minyak Zaitun Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya punya banyak kegunaan, zaitun yang diolah menjadi minyak, memiliki banyak manfaat untuk..
Herbal - 10 jam yang lalu

Pentingnya Vitamin C,Sebagai Penangkal Demam Berdarah Saat Musim Hujan

Wartakesehatan.com-Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat musim hujan. Ada banyak cara yang bisa..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Kiwi Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Buah kiwi merupakan buah yang memiliki popularitas yang tinggi karena mengandung berbagai nutrisi yang..
Konsultasi - 12 jam yang lalu

Gejala,Penyebab Dan Cara Mengobati Tumor Mata

Wartakesehatan.com-Tumor mata terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal di mata. Tumor mata bisa bersifat ganas atau..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Kelompok Makanan Yang Sehat Untuk Jantung

Wartakesehatan.com- Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan memperbaiki pola hidup sehat membuat Anda terhindar dari risiko..

+Indeks