Nafas Bayi Berbunyi Saat Tidur, ini Kata Dokter

Oleh : Imron Hamzah | health.detik.com/ | Sabtu, 02 Januari 2016 | 14:03 WIB



Wartakesehatan - Nafas Buah hati berbunyi saat tidur? Tenang jangan panik, berbunyi saat tidur bukan berarti saluran pernafasan kotor Menurut dokter, hal ini masih bisa dianggakok.

dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya menjelaskan bahwa suara grok-grok bisa timbul karena saluran pernapasan bayi yang belum sempurna.

"Bagian dalam tubuh manusia selalu berlendir. Jadi memang sudah dirancang untuk terus memproduksi lendir yang berfungsi membersihkan saluran napas dan menangkal infeksi kuman ataupun virus dari dalam tubuh. Nah, tubuh bayi pun memproduksi lendir, hanya saja karena refleksnya untuk mengeluarkan lendir belum baik, akibatnya jumlah lendir menumpuk," tutur dr Meta.

Kondisi ini masih bisa dianggap wajar selama tidak mengganggu aktivitas bayi. Misalnya pola makan dan minum susunya masih baik, begitu juga dengan pola tidurnya. Perhatikan juga apakah bayi muntah atau demam, jika tidak maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

dr Meta mengingkatkan, beri perhatian jika suara grok-grok yang timbul terdengar begitu nyaring, terlebih saat bayi menangis. Apabila suara napas tersebut muncul sampai membuat bayi sulit tidur dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari seperti makan dan minum, maka kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter.

"Terlebih jika disertai dengan hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin dan suhu tubuh meninggi. Ini biasanya disebabkan inveksi virus," imbuh dr Meta kepada detikHealth, seperti ditulis pada Jumat (1/1/2016).

Yang perlu diketahui, pada bayi normal bunyi grok-grok yang muncul karena adanya lendir di saluran pernapasan umumnya akan menghilang saat usianya menginjak satu tahun. "Nah, jika di usia itu si kecil masih mengeluarkan suara grok-grok berarti ia berpotensi sebagai pengidap asma di kemudian hari. Tanda-tanda lainnya, bayi kerap mengalami keluhan pada kulit, seperti dermatitis atopik atau eksim," pungkas dr Meta.




Fokus : Bayi


#Bayi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






9 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
12 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks