Organ Manusia Dari Printer, 3 Tahun Lagi Bisa di Gunakan

Oleh : Imron Hamzah | Sabtu, 02 Januari 2016 | 15:18 WIB



Wartakesehatan - Seiring perkembangan dunia teknologi, saat ini printer sudah dapat digunakan untuk mencetak dalam bentuk tiga dimensi. namun bagai mana jadi jika printer bisa untuk membuat organ manusia.

Pasien yang kecelakaan atau gangguan pada organ tertentu seperti telinga dan hidung mungkin sbentar lagi akan terwujud cita-citanya untuk membuat organ baru. dijanjikan sudah bisa membuat hidung atau telinga manusia baru.

Prosesnya dijelaskan oleh para ahli di Swansea, Inggris, melibatkan sel manusia seseorang yang sengaja ditumbuhkan dalam inkubator lalu dicampur ke cairan jel. Cairan yang telah berisikan sel manusia tersebut lalu dicetak dengan menggunakan printer 3D lalu menjadi organ yang dibutuhkan.

"Kebanyakan orang tentu sering mendengar printer 3D dipakai untuk membuat barang dari material plastik dan metal. Hal itu sudah berkembang jadi sekarang kita bisa mulai mempertimbangkan bio-printing, yang sama sekali berbeda," kata ahli bedah plastik Profesor Iain Whitaker dari Welsh Centre for Burns and Plastic Surgery, dikutip dari BBC pada Sabtu (2/1/2016).

"Ini bisa dipakai untuk membuat kembali organ tubuh yang hilang seperti hidung atau telinga dan kedepannya bagian yang lebih besar lagi seperti tulang, otot, dan pembuluh darah," lanjut Whitaker.

Whitaker mengatakan proyek menggunakan printer 3D ini sebetulnya sudah berjalan sejak tahun 2012 dan studi tentang menumbuhkan jaringan baru di luar tubuh sudah dilakukan selama lebih dari 20 tahun terakhir. Diharapkan dalam waktu tiga tahun ke depan teknologi siap digunakan secara luas.

"Jika riset kami ini sukses, dalam waktu dua bulan Anda bisa membuat bagian tubuh yang tak ada sebelumnya tanpa harus mengambil bagian lain dari tubuh yang tetap akan membuat luka," tutup Whitaker.




Fokus : Organ tubuh


#Organ baru
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 19 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks