Terapi Hormon, Solusi Kesuburan Penderita Kanker Payudara

Oleh : Imron Hamzah | health.detik.com/ | Selasa, 05 Januari 2016 | 11:28 WIB



Wartakesehatan - Beberapa pasien kanker payudara, menjalanai Kemotrapi untuk pengobatan kanker.Namun kemoterapi diketahui dapat mengganggu kesuburan dan dapat mengaakibatkan menopause dini. Dalam hal ini dibutuhkan terapi hormon untuk mencegahnya.

"Cara yang paling diandalkan saat ini untuk menjaga kesuburan pasien yaitu dengan mengambil sel telur pasien dan melakukan pembuahan in vitro," jelas dr Charles Shapiro, direktur riset kanker payudara translasi di Mount Sinai Hospital, New York, dikutip dari Health, Selasa(5/1/2016).

Pembuahan in vitro atau bayi tabung merupakan teknik pembuahan yang membuahi sel telur (ovum) di luar tubuh wanita. Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metode lainnya tidak berhasil.

Sayangnya, prosedur ini tidak dapat dicakupi oleh asuransi kesehatan.

"Ini hanya pilihan bagi mereka yang memiliki keuangan berlebih. Sehingga, bagi yang kurang mampu hanya dapat memilih untuk menerima terapi hormon. Cara ini paling sederhana dan mungkin akan menghasilkan kehamilan seseorang," lanjutnya.

Dr Lucia Del Mastro dari Institut Nasional untuk Penelitian Kanker di Genoa, Italia, melakukan sebuah studi mengenai terapi hormon. Studi ini melibatkan 281 perempuan yang rata-rata berusia 39 tahun, dengan kanker stadium satu sampai tiga. Kemudian mereka akan dipilih secara acak untuk menerima kemoterapi saja atau kemoterapi ditambah obat hormon.

Setelah lima tahun, 73 persen mereka yang mengambil terapi hormon mengalami menstruasi dan hanya 64 persen dari mereka yang melakukan kemoterapi. Maka dari itu, tingkat kehamilan kelompok yang mengambil kemoterapi akan meningkat 2,1 persen dibandingkan yang hanya melakukan komoterapi sebesar 1,6 persen saja.

Menurut dr Lauren Cassel, kepala operasi payudara di Lenox Hill Hospital, New York, studi ini telah dirancang dengan baik sehingga akan menjadi prospektif yang alami, termasuk beragam tumor payudara yang juga sensitif terhadap estrogen atau tidak.

"Banyak wanita muda yang khawatir dengan kualitas hidup mereka untuk melahirkan anak serta efek dari menopause dini," kata Cassel.

Ia pun percaya, jika diskusi tentang masalah ini akan menjadi solusi potensi yang sangat penting untuk perawatan kanker payudara.




Fokus : Kanker payudara


#Kanker payudara
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 29 menit yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 3 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 4 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Wow, Berenang baik bagi Kesehatan Otak

Wartakesehatan.com -  Tahukah Anda bahwa setiap olahraga dapat memberikan efek kesehatan yang berbeda-beda? Tidak..
Obat & Penyakit - 6 hari yang lalu

Kenali Penyebab Anyang-anyangan

Wartakesehatan - Anyang-anyangan tentu saja hampir pernah dirasakan oleh setiap orang. Banyak yang merasa terganggu dengan..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Cek Mata secara Rutin sangat Penting

Wartakesehatan - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Optometry and Vision Science mengungkapkan bahwa banyak orang tak..

+Indeks