Find us on:

Terapi Hormon, Solusi Kesuburan Penderita Kanker Payudara

Oleh : Imron Hamzah | health.detik.com/ | Selasa, 05 Januari 2016 | 11:28 WIB



Wartakesehatan - Beberapa pasien kanker payudara, menjalanai Kemotrapi untuk pengobatan kanker.Namun kemoterapi diketahui dapat mengganggu kesuburan dan dapat mengaakibatkan menopause dini. Dalam hal ini dibutuhkan terapi hormon untuk mencegahnya.

"Cara yang paling diandalkan saat ini untuk menjaga kesuburan pasien yaitu dengan mengambil sel telur pasien dan melakukan pembuahan in vitro," jelas dr Charles Shapiro, direktur riset kanker payudara translasi di Mount Sinai Hospital, New York, dikutip dari Health, Selasa(5/1/2016).

Pembuahan in vitro atau bayi tabung merupakan teknik pembuahan yang membuahi sel telur (ovum) di luar tubuh wanita. Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metode lainnya tidak berhasil.

Sayangnya, prosedur ini tidak dapat dicakupi oleh asuransi kesehatan.

"Ini hanya pilihan bagi mereka yang memiliki keuangan berlebih. Sehingga, bagi yang kurang mampu hanya dapat memilih untuk menerima terapi hormon. Cara ini paling sederhana dan mungkin akan menghasilkan kehamilan seseorang," lanjutnya.

Dr Lucia Del Mastro dari Institut Nasional untuk Penelitian Kanker di Genoa, Italia, melakukan sebuah studi mengenai terapi hormon. Studi ini melibatkan 281 perempuan yang rata-rata berusia 39 tahun, dengan kanker stadium satu sampai tiga. Kemudian mereka akan dipilih secara acak untuk menerima kemoterapi saja atau kemoterapi ditambah obat hormon.

Setelah lima tahun, 73 persen mereka yang mengambil terapi hormon mengalami menstruasi dan hanya 64 persen dari mereka yang melakukan kemoterapi. Maka dari itu, tingkat kehamilan kelompok yang mengambil kemoterapi akan meningkat 2,1 persen dibandingkan yang hanya melakukan komoterapi sebesar 1,6 persen saja.

Menurut dr Lauren Cassel, kepala operasi payudara di Lenox Hill Hospital, New York, studi ini telah dirancang dengan baik sehingga akan menjadi prospektif yang alami, termasuk beragam tumor payudara yang juga sensitif terhadap estrogen atau tidak.

"Banyak wanita muda yang khawatir dengan kualitas hidup mereka untuk melahirkan anak serta efek dari menopause dini," kata Cassel.

Ia pun percaya, jika diskusi tentang masalah ini akan menjadi solusi potensi yang sangat penting untuk perawatan kanker payudara.




Fokus : Kanker payudara


#Kanker payudara
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks