4 Cara Alami Perbanyak ASI

Oleh : Dirk | Selasa, 05 Januari 2016 | 12:31 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Memiliki momongan atau bayi sangat diharapkan dan menjadi kebahagian tersendiri oleh setiap orang tua, terkhusus ibu. Berbicara mengenai Ibu dan bayi berarti tidak terlepas dengan yang namanya ASI.

ASI sendiri sangat berpengaruh penting bagi otak dan perkembangan sang buah hati. Hal inilah yang membuat sebagian besar ibu merasa khawatir jika produksi ASI-nya tampak semakin sedikit sementara kebutuhan si bayi semakin meningkat.

Namun tenanglah seperti dikutip dari detikHealth pada Selasa (5/1/2016), berikut 6 tips yang bisa ibu lakukan untuk memperbanyak produksi ASI secara alami:

1. Sering menyusui

Semakin sering Anda menyusui dan menghabiskan waktu bersama bayi Anda, maka semakin banyak produksi ASI yang Anda miliki. Saat sedang bersama bayi, susui sesering mungkin dan tak perlu terlalu mengikuti jadwal yang ketat.

Berikan ASI setiap kali ia lapar dan meminta. Hal ini sangat penting, terutama pada pekan-pekan awal kelahirannya. Jika satu payudara masih kurang, Anda juga bisa menawarkan payudara lainnya.

2. Istirahat cukup

Jangan anggap remeh pentingnya menjaga pola istirahat tetap tercukupi saat menyusui. Kurang tidur benar-benar dapat memengaruhi produksi ASI Anda. Jika Anda bekerja, ada baiknya Anda mengambil cuti untuk beristirahat sejenak dan menghabiskan waktu bersama bayi Anda.

3. Hindari stres
Selain menurunkan produksi ASI, stres berlebihan dapat menghambat let-down reflex (refleks pengeluaran susu dalam saluran dalam payudara) dan membuat bayi lebih sulit menyusu. Saat pekerjaan rumah sedang menumpuk dan Anda merasa banyak masalah, jangan ragu untuk meminta bantuan suami atau anggota keluarga lainnya.

4. Minum banyak air putih

ASI memiliki bentuk cair, oleh sebab itu penting bagi Anda untuk selalu menjaga asupan cairan tubuh. Jika Anda kurang minum sampai mengalami dehidrasi, maka produksi ASI bisa mengalami penurunan.

Jika Anda bekerja dan sering lupa untuk mengambil minum, sediakan selalu air putih dalam kemasan botol sehingga Anda bisa tetap minum setiap waktu. Selain itu, pilihlah asupan alami yang kaya kandungan air, seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Lihat foto bayi saat memerah ASI

Jika Anda bekerja sehingga harus memerah ASI, maka sebisa mungkin tetap jaga bonding dengan bayi agar produksi ASI tetap terjaga. Salah satu triknya adalah dengan melihat foto bayi Anda, mendengarkan rekaman suaranya, atau menghirup aroma dari selimutnya ketika Anda memerah di rumah.

6. Pijat payudara

Pijat payudara diyakini dapat membantu meningkatkan volume dan lemak susu ASI. Lakukan pijat payudara dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Jika bisa, pijat payudara sebaiknya dilakukan saat payudara dalam keadaan kosong sehingga ASI tidak akan keluar dan terbuang.

Caranya, pijat payudara dari arah atas ke arah puting. Gerakan dapat dilakukan dengan arah memutar atau lurus. Ulangi pada payudara lainnya.




Fokus : ASI


#ASI
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Hal Ini Sangat Baik Dilakukan Di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Berolahraga sangat baik untuk membakar lebih banyak lemak dan membantu metabolisme. Selain itu, ada..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Efektif Atasi susah Tidur di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Mitos Kesehatan yang Banyak Dipercayai Masyarakat

Wartakesehatan.com - Tak semua informasi yang Anda peroleh belum tentu lengkap dan benar. Apalagi, perkembangan dunia..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Konsumsi Paprika Merah Bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan.com - Sampai berapa umur kita memang hanya Allah yang tahu. Namun sebagai manusia kita harus berusaha agar..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengkonsumsinya

Wartakesehatan.com - Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Banyaknya Manfaat Dari Minyak Zaitun

Wartakesehatan.com - Minyak buah zaitun populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Vitamin A & B dalam Buah Duku Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Buah duku berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand maupun..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bobot Badan Turun Dengan Minum Air Lemon

Wartakesehatan.com - Konsumsi air panas atau air dingin yang dicampur dengan irisan lemon dipercaya dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Biji Nangka Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya buahnya yang manis, biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Biasanya terlihat dalam menu sayur..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wajah Awet Muda Cukup dengan Jeruk Nipis

Wartakesehatan.com - Untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan,..

+Indeks