Waspada, 3 Hal ini bisa Merusak Kesuburan Pria

Oleh : Dirk/kompas | Selasa, 05 Januari 2016 | 21:01 WIB


(Ist)

Ketika berbicara mengenai kehamilan pasti berhubungan dengan kesuburan pria dan wanita, seringkali orang menganggap kesuburan wanita yang paling penting untuk dijaga, padahal tahukah anda?  pria juga memiliki peran sama besar dalam hal mendapatkan keturunan.

Ada banyak hal yang bisa pria lakukan untuk meningkatkan kesuksesan sebuah kehamilan.

Berikut hal-hal yang bisa merusak kesuburan pria dan cara untuk meningkatkannya kembali.

1. Pestisida yang tersembunyi
Tak banyak orang yang tahu bahwa lapangan golf ternyata memiliki konsentrasi pestisida yang lebih tinggi dibandingkan lahan pertanian. 

Menurut organisasi Beyond Pesticides, dibutuhkan satu ton bahan-bahan kimia untuk melestarikan rumput hijau murni, termasuk pupuk sintetis, herbisida, insektisida, fungisida dan banyak lagi. 

Jika suami Anda seorang penggemar golf, dia kemungkinan bermain dengan kemeja dan celana pendek, membuat kulitnya mudah terpapar, berkeringat dan mengambil bola yang bergulir di area yang terdapat bahan kimia tersebut secara berulang-ulang. 

Selain itu, meski seorang pria tak bermain golf, dia juga dapat terpapar pestisida berbahaya yang sama jika pernah melakukan pekerjaan rumah dan menggunakan pembasmi serangga. Semua bahan kimia tersebut dapat mengganggu kesuburan pria.

Kurangi atau hindari sebisa mungkin paparan pestisida jika Anda dan pasangan sedang melakukan program kehamilan. Mengonsumsi bahan makanan organik juga membantu. 

2. Bakteri usus yang tak seimbang
Percaya atau tidak, usus memainkan peran besar dalam kesehatan reproduksi. Usus memerintah semuanya; ketika gangguan mikroba menjadi akar dari segala masalah kesehatan, termasuk gangguan hormon.

Jika bakteri jahat lebih banyak daripada yang baik, keseimbangan akan terganggu. Salah satu dampak yang bisa terjadi adalah gangguan penyerapan nutrisi. Padahal, kecukupan gizi sangat penting dalam produksi hormon, termasuk untuk menyiapkan calon bayi yang sehat.

3. Testoteron rendah
Moody, kelebihan berat badan atau kehilangan minat pada hubungan seksual, merupakan gejala ketidakseimbangan hormon, khususnya terlalu banyak estrogen dan terlalu sedikit testoteron. 

Testoteron menjaga pria (dan wanita; sampai batas tertentu) tetap kuat secara fisik dan memicu keinginan untuk berhubungan seks. 

Selain itu, kadar testoteron rendah dan estrogen tinggi sangat memengaruhi kualitas, mobilitas dan motilitas sperma pria.

Konsumsi makanan yang sehat dan beragam. Makanan yang mengandung vitamin B, zinc dan selenium juga bisa meningkatkan kadar testosteron.




Fokus : Kesuburan Pria


#Kesuburan Pria
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks