Studi: Prediksi Serangan Jantung lewat Rambut

Oleh : Dirk/Metro | Rabu, 06 Januari 2016 | 21:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Serangan jantung masih mendominasi angka kematian di dunia setiap tahunnya. Statistik terbaru menunjukan bahwa ada sekitar 300 orang yang meninggal karena serangan jantung di setiap 5 menit dalam sehari. 

Serangan jantung atau dalam istilah medis infark cardial, terjadi ketika otot-otot jantung tiba-tiba kehilangan darah yang kaya oksigen. Serangan jantung sering disertai dengan nyeri dada, keringat berlebihan, sesak napas, ketidaknyamanan pada lengan, punggung, bahu atau rahang. Gejala lainnya adalah mengalami pusing, keringat dingin, mual dan kelelahan.

Apakah serangan jantung bisa diprediksi? Studi terbaru mengklaim bahwa kesehatan rambut benar-benar dapat memprediksi serangan jantung baik di awal, sehingga memberikan cukup waktu untuk segera ke rumah sakit sebelum serangan merenggut nyawa Anda. 

Pengujian sampel helai rambut dapat dilakukan untuk memprediksi serangan jantung setiap tahun. Tes ini dilakukan untuk mengetahui hormon stres kortisol, yang merupakan satu-satunya penyebab serangan jantung. Hormon kortisol biasanya dikeluarkan selama masa stres yang tinggi dan dapat diukur dalam darah, urin, dan rambut. 

Menurut para ilmuwan, rambut di kepala kita tumbuh lambat dimana rata-rata satu sentimeter per bulan untuk manusia normal. Para ilmuwan berpendapat, rambut sepanjang 6 cm dapat dijadikan sampel yang bisa menunjukan jumlah kadar kortisol selama periode waktu enam bulan. Jika hormon ini banyak ditemukan dalam rambut, ini merupakan indikasi yang jelas bahwa orang tersebut memiliki risiko serangan jantung.

Meskipun tes ini telah diuji, namun tidak ada tanda yang jelas bahwa ini merupakan jaminan memprediksi awal dari serangan jantung. Di sisi lain, jika tingkat hormon yang tinggi akibat stres, cari segera solusi untuk menghilangkan stres sehingga Anda dapat menjaga kesehatan lainnya, selain serangan jantung.




Fokus : Rambut


#Serangan Jantung #Rambut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 51 menit yang lalu

Keputihan juga dapat diatasi dengan Rempah

Wartakesehatan.com - Keputihan bisa menimpa setiap wanita dan merupakan masalah yang cukup memusingkan bagi banyak kaum..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

5 Buah Segar ini dapat Membersihkan Usus

Wartakesehatan.com - Usus manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan kaya serat. Karena itu merupakan salah satu..
Herbal - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lengkuas

Wartakesehatan.com - Lengkuas masuk dalam keluarga jahe, dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,..
Mamin - 3 jam yang lalu

4 Cara Baik untuk Tahan Rasa Lapar

Wartakesehatan.com - Cara ampuh mengatasi rasa lapar yakni dengan makan. Padahal makan terus menerus untuk sebagian besar..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Awas, Patah Hati Kini Jadi Penyakit

Wartakesehatan.com - hati kadang muncul karena adanya masalah dalam hubungan percintaan seseorang. Ternyata patah..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Keetahui Mitos tentang Obesitas

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan)...
6 jam yang lalu

Ingin Anak Gemuk Coba Konsumsi 4 Makanan ini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri disaat banyak anak lain mengalami obesitas, malah ada beberapa anak yang tipenya susah..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Kanker Payudara Harus Dicegah Sejak Dini

Wartakesehatan - Di Indonesia sendiri kanker payudara menduduki peringkat 2 terbanyak setelah kanker rahim. Mayoritas kanker..
Mamin - 8 jam yang lalu

Minum Teh Jahe bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Wartakesehatan - Air jahe mungkin bagi sebagian orang adalah minuman favorit saat sedang merasa tidak enak badan. Selain itu..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Kenali, 5 Manfaat Daun Pandan

Wartakesehtan.com - Daun pandan biasa nya di jadikan pewangi atau pewarna makanan untuk makanan ataupun minuman. Pandan..

+Indeks