5 Makanan Sehat yang Mampu Meningkatkan Energi

Oleh : Dirk/Merdeka | Sabtu, 09 Januari 2016 | 15:01 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Banyak orang yang ingin sehat tetapi memilih jalan pintas. Salah satunya ketika ingin meningkatkan kekuatan fisik beberapa orang sering mengonsumsi minuman berenergi. Padahal tahukah anda? minuman berenergi tak begitu sehat bagi kesehatan karena mereka sarat dengan kafein, gula, dan bahan kimia lainnya.

Jika kamu merasa membutuhkan dorongan energi ekstra, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu pilih karena mereka juga memiliki manfaat yang hampir serupa dengan minuman berenergi. Terlebih lagi, jenis makanan ini juga berasal dari alam yang aman untuk kesehatan kamu. Makanan-makanan ini mampu meningkatkan energi kamu sekaligus meringankan kelelahan.

Makanan-makanan ini secara umum mengandung antioksidan yang dikenal sebagai quercetin. Ini adalah jenis antioksidan yang membantu pembentukan mitokondria baru dalam sel-sel tubuh. Mitokondria disebut sebagai sumber kekuatan sel. Organel ini membantu otot untuk mengambil jumlah oksigen secara maksimum saat melakukan aktivitas fisik.

Penasaran apa saja makanan-makanan tersebut? Melansir dari boldsky.com, berikut ini merupakan deretan makanan yang mampu menggantikan fungsi minuman berenergi.

1. Bawang merah

Bawang merah sejumlah 100 gr mengandung energi yang mampu meningkatkan quercetin sekitar 20mg. Bawang merah mampu mengisi tubuh kamu dengan energi sehingga berefek pada peningkatan stamina. Tak hanya itu, bawang merah mampu meredakan peradangan tubuh, mencegah alergi dan masalah pernapasan.

2. Teh hijau

Setiap 100gr teh hijau yang diseduh mengandung sekitar 1,69mg quercetin. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga mampu meningkatkan energi kamu. Teh hijau mengandung kadar quercetin yang lebih tinggi dan kafein rendah sehingga sesuai untuk kamu konsumsi sebelum kamu berolahraga.

3. Apel

Sebuah apel kupas dengan ukuran sedang mengandung sekitar 10mg quercetin. Apel dapat menjadi makanan terbaik saat kamu merasa lelah atau energi kamu berada pada titik kritis. Kamu juga bsia mengonsumsinya dalam bentuk jus atau smoothies.

4. Tomat

Tomat sejumlah 100gr mengandung sekitar 58mg quercetin. Kandungan vitamin B6 dan zat besi juga membuatnya mampu membantu tubuh memasok lebih banyak oksigen menuju otot-otot. Mengombinasikan tomat dengan bawang merah merupakan ide cerdas untuk mendapatkan dorongan energi yang lebih kuat.

5. Buah berry

Buah blueberry sejumlah 100gr mengandung sekitar 7,67mg, dan blackberry dengan jumlah yang sama mengandung 3,58mg quercetin. Kedua buah ini berfungsi untuk mencegah terjadinya nyeri otot setelah latihan. Tak hanya itu, buah ini juga mampu meningkatkan kekuatan fisik dan stamina, sekaligus mengurangi peradangan tubuh.

6. Ceri

Buah ceri manis adalah sumber terbesar dari antioksidan. Ceri sejumlah 100gr mengandung sekitar 2,29mg quercetin. Buah merah cerah ini berfungsi meredakan nyeri otot dan meningkatkan kinerja fisik tubuh.

Nah, jika kamu ingin mempertahankan kesehatan kamu, sebaiknya kamu memilih untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk meningkatkan energi kamu saat sedang melakukan aktivitas fisik tinggi atau berat seperti olahraga.




Fokus : Makanan


#Makanan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 5 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 12 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
14 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks