5 Makanan Sehat yang Mampu Meningkatkan Energi

Oleh : Dirk/Merdeka | Sabtu, 09 Januari 2016 | 15:01 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Banyak orang yang ingin sehat tetapi memilih jalan pintas. Salah satunya ketika ingin meningkatkan kekuatan fisik beberapa orang sering mengonsumsi minuman berenergi. Padahal tahukah anda? minuman berenergi tak begitu sehat bagi kesehatan karena mereka sarat dengan kafein, gula, dan bahan kimia lainnya.

Jika kamu merasa membutuhkan dorongan energi ekstra, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu pilih karena mereka juga memiliki manfaat yang hampir serupa dengan minuman berenergi. Terlebih lagi, jenis makanan ini juga berasal dari alam yang aman untuk kesehatan kamu. Makanan-makanan ini mampu meningkatkan energi kamu sekaligus meringankan kelelahan.

Makanan-makanan ini secara umum mengandung antioksidan yang dikenal sebagai quercetin. Ini adalah jenis antioksidan yang membantu pembentukan mitokondria baru dalam sel-sel tubuh. Mitokondria disebut sebagai sumber kekuatan sel. Organel ini membantu otot untuk mengambil jumlah oksigen secara maksimum saat melakukan aktivitas fisik.

Penasaran apa saja makanan-makanan tersebut? Melansir dari boldsky.com, berikut ini merupakan deretan makanan yang mampu menggantikan fungsi minuman berenergi.

1. Bawang merah

Bawang merah sejumlah 100 gr mengandung energi yang mampu meningkatkan quercetin sekitar 20mg. Bawang merah mampu mengisi tubuh kamu dengan energi sehingga berefek pada peningkatan stamina. Tak hanya itu, bawang merah mampu meredakan peradangan tubuh, mencegah alergi dan masalah pernapasan.

2. Teh hijau

Setiap 100gr teh hijau yang diseduh mengandung sekitar 1,69mg quercetin. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga mampu meningkatkan energi kamu. Teh hijau mengandung kadar quercetin yang lebih tinggi dan kafein rendah sehingga sesuai untuk kamu konsumsi sebelum kamu berolahraga.

3. Apel

Sebuah apel kupas dengan ukuran sedang mengandung sekitar 10mg quercetin. Apel dapat menjadi makanan terbaik saat kamu merasa lelah atau energi kamu berada pada titik kritis. Kamu juga bsia mengonsumsinya dalam bentuk jus atau smoothies.

4. Tomat

Tomat sejumlah 100gr mengandung sekitar 58mg quercetin. Kandungan vitamin B6 dan zat besi juga membuatnya mampu membantu tubuh memasok lebih banyak oksigen menuju otot-otot. Mengombinasikan tomat dengan bawang merah merupakan ide cerdas untuk mendapatkan dorongan energi yang lebih kuat.

5. Buah berry

Buah blueberry sejumlah 100gr mengandung sekitar 7,67mg, dan blackberry dengan jumlah yang sama mengandung 3,58mg quercetin. Kedua buah ini berfungsi untuk mencegah terjadinya nyeri otot setelah latihan. Tak hanya itu, buah ini juga mampu meningkatkan kekuatan fisik dan stamina, sekaligus mengurangi peradangan tubuh.

6. Ceri

Buah ceri manis adalah sumber terbesar dari antioksidan. Ceri sejumlah 100gr mengandung sekitar 2,29mg quercetin. Buah merah cerah ini berfungsi meredakan nyeri otot dan meningkatkan kinerja fisik tubuh.

Nah, jika kamu ingin mempertahankan kesehatan kamu, sebaiknya kamu memilih untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk meningkatkan energi kamu saat sedang melakukan aktivitas fisik tinggi atau berat seperti olahraga.




Fokus : Makanan


#Makanan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 18 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks