Membaca Bisa diajarkan Pada Anak Saat Usia 3 Tahun

Oleh : Ilham Moestavi | cnnindonesia.com | Sabtu, 09 Januari 2016 | 18:00 WIB


IST

Wartakesehatan - Tahapan perkembangan kemampuan membaca bukanlah keterampilan yang dapat begitu saja dikuasai anak, karena kemampuan setiap anak pastilah berbeda-beda. Namun ketika mengetahui anak lainnya sudah bisa membaca, sebagian orangtua memaksakan anaknya untuk bisa membaca pada umur tertentu.

Para peneliti di Amerika mengatakan, anak-anak sudah siap diajarkan membaca jika mereka sudah bisa membedakan gambar-gambar sederhana dengan tulisan huruf. Dan hal itu bisa ditemukan pada anak usia dini.

Seorang profesor yang memiliki keahlian perkembangan psikologi anak dari Washington University, Rebecca Treiman mengungkapkan sebuah penelitian untuk membuktikan hal tersebut. Katanya, anak-anak tenyata memiliki kemampuan dasar menulis yang tak terduga di masa awal pertumbuhan mereka.

"Berdasarkan penelitian tersebut, bisa dilihat ada anak yang memiliki kemajuan yang baik dalam mempelajari kemampuan literasinya dan ada yang membutuhkan perhatian ekstra," kata Treiman.

Hasil penelitian itu didapatkan dengan meneliti 114 orang anak berusia 3-5 tahun. Anak yang dipilih adalah anak yang tidak sedang menempuh pembelajaran formal untuk membaca atau menulis.

Selama tes dilakukan, anak-anak diawasi bagaimana mereka bisa mengerti kata-kata dan membandingkannya dengan gambar.

Misalnya, peneliti memilih kata 'dog' dan menggunakan gambar anjing. Pertama, peneliti membacakan kata itu dengan benar. Lalu, mereka membaca kata itu sebagai 'puppy'. Kebanyakan anak menyadari ada sesuatu yang salah.

Ketika menggunakan gambar, anak-anak menyadari bahwa para peneliti tetap benar meskipun menggunakan kata yang berbeda.

Para peneliti percaya kalau perbedaan ini menggambarkan anak yang belum bisa membaca, bisa mengerti kalau kata yang tertulis merepresentasikan satu bahasa, tidak seperti gambar.

Temuan itu juga dinilai bisa mengubah patokan seorang anak untuk memulai membaca. Pada umumnya anak-anak bisa belajar membaca di umur lima tahun. Tapi para ahli percaya kalau sejak umur tiga tahun anak-anak sudah mungkin untuk dilatih membaca jika kemampuan bahasanya sudah cukup berkembang.

“Pada temuan kami, anak usia dini yang belum bisa membaca memiliki kemampuan untuk memahami kalau kata tertentu merepresentasikan kata yang spesifik dan berfungsi sebagai simbol," kata salah satu peneliti, Lori Markson.




Fokus : Anak


#Anak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Hindari Risiko Kanker Usus dengan Kayu Manis

Wartakesehatan.com - Semua orang indonesia pasti mengetahui tentang rempah-rempah, seperti: cengkeh, daun bawang, jintan,..
Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

Alasan, Serangan Jantung Lebih Sering saat Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Tidak ada yang ingin terkena serangan jantung. Begitu pula dengan Anda. Sebab ketika serangan..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Kebanyakan Tidur? Waspada Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Tidur adalah kebutuhan utama manusia. Oleh karena itu, hidup sehat tidak hanya perkara memakan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Telur miliki Manfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Entah orak-arik, dadar, atau rebus, selalu saja ada cara membuat telur menjadi lebih menarik untuk..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Alami, ini cara Cegah Kanker Tulang

Wartakesehatan - Kanker tulang merupakan penyakit yang disebabkan dari sel-sel yang membentuk tulang. Penyakit ini bisa..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat dari Berkebun

Wartakesehatan.com - Berkebun diyakini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mempercantik lingkungan rumah, berkebun juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Manfaat Sehat Pala bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Salah satu jenis rempah yang mudah ditemui dalam masakan Indonesia adalah pala.Walaupun berbentuk..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Ini 4 Fakta Sehat dari Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Kecantikan - 19 jam yang lalu

Cara Mudah Mencegah Rambut Rontok

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan, banyak wanita yang mengalami rambut menipis. Diperkirakan 8 juta wanita di..
Mamin - 20 jam yang lalu

Minum Air Hangat Baik untuk Pencernaan

Wartakesehatan.com - Minum air hangat akan memberikan banyak manfaat kesehatan dan membantu menyingkirkan berbagai..

+Indeks