10 Tips Agar Dapat Bermimpi Indah Saat Tidur

Oleh : Ilham Moestavi | cnnindonesia.com | Sabtu, 09 Januari 2016 | 19:30 WIB


IST

Wartakesehatan - Mimpi terdiri dari berbagai ide, emosi, sensasi atau gambar yang terjadi tanpa sengaja dalam pikiran saat orang tidur. Tentu saja hampir semua orang lebih menyukai mimpi indah saat tidur, karena mimpi buruk merupakan kemungkinan paling tak menyenangkan saat tertidur. Apalagi jika hal itu membuat terbangun di tengah malam, lalu sulit terlelap lagi.

Terlepas dari berbagai mitos dan makna-makna mimpi, sebenarnya mimpi buruk muncul salah satunya karena kita tidak mempersiapkan tidur sebagai kegiatan penting yang dibutuhkan dalam hidup. Orang yang terbiasa hidup sehat biasanya tahu ritual apa yang akan membuat mereka mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Berikut adalah 10 cara yang harus dilakukan menjelang tidur agar mimpi indah lebih mungkin hadir seperti disarikan dari Huffington Post.

1. Mandi

Temperatur tubuh sangat penting untuk menjaga keteraturan tubuh berdasarkan sejumlah penelitian. Tak seperti kepercayaan sebagian orang yang mengatakan mandi malam bisa menyebabkan nyeri tulang, mandi malam bisa membantu proses penyeimbangan suhu tubuh itu. Mandi air hangat akan membuat tubuh lebih relaks dan akhirnya akan memperbaiki kualitas tidur Anda.

2. Meditasi

Tenangkan pikiran dengan sejenak berdoa atau bermeditasi. Praktek ini punya banyak manfaat kesehatan, di antaranya adalah kualitas tidur yang lebih baik. Coba mengulang-ulang beberapa mantra atau doa hingga Anda merasa sangat mengantuk dan kemudian tertidur. Biasanya tertidur dalam kondisi ini akan membuat Anda terbangun lebih sehat keesokan harinya.

3. Menulis jurnal

Jika masih ada waktu cukup banyak sebelum terlelap, cobalah untuk menulis sesuatu. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa menuliskan sesuatu yang membuat Anda stres secara psikologis bisa membantu menjernihkan pikiran Anda. Tak hanya itu, menulis jurnal, diari atau buku harian juga bisa mendorong kemampuan pola pikir manusia.






Fokus : Mimpi


#Mimpi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 23 menit yang lalu

Ibu Hamil Ketahui 5 Makanan ini picu Keguguran

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkir seorang wanita hamil akan lebih banyak menjaga diri agar apapun yang dilakukan bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..

+Indeks