Lakukan ini Saat Anak Telambat Berjalan

Oleh : Imron Hamzah | klikdokter.com | Senin, 11 Januari 2016 | 05:53 WIB


ist

Wartakesehatan - Sudah hampir satu tahun namun buah hati belum menampakan tanda tanda mulai bisa berjalan, buah hati masih asik merangkak. apakah ada yang salalah dengan buah hati?

Pada umumnya anak mulai dapat berjalan antara usia 12 sampai 18 bulan. Namun, tidak semua anak memiliki perkembangan yang sama.  Jika memang Si Kecil belum bisa berjalan pada usia tersebut, ada baiknya Bunda membawanya untuk diperiksa oleh dokter.

Meskipun demikian, sebagian kasus anak terlambat berjalan merupakan variasi normal, yang artinya tidak ada kelainan organ – otot atau saraf, misalnya.

Jika Si Kecil menjalani perkembangan lainnya dengan normal, misalnya dalam hal bicara, pengertian, dan sebagainya, artinya kemungkinan ia terlalu banyak menggunakan baby walker, sehingga otot-otot yang diperlukan untuk dapat berjalan kurang terbentuk. Atau, bisa saja Si Kecil memang belum mau atau masih “malas” untuk berjalan!

Namun jika Bunda merasa Si Kecil mengalami beberapa hal yang tidak biasa, misalnya kepalanya terlalu kecil, badannya terlalu kecil dan pendek, terlambat bicara, serta terlambat berjalan, maka ada baiknya agar Bunda membawa Si Kecil untuk diperiksa oleh dokter.

Beberapa kelainan organik yang menyebabkan anak terlambat berjalan adalah tonus otot yang terlalu lemah (otot teraba lembek) ataupun terlalu tinggi (otot teraba kencang atau kaku). Anak terlambat berjalan umumnya disebabkan oleh kelainan dari otot atau saraf, atau tulang.

Jika dokter mengatakan bahwa tidak ada masalah pada kesehatan Si Kecil, Bunda dapat melakukan berbagai stimulasi untuk memacunya belajar berjalan.

Hindari terlalu sering menggendong Si Kecil, agar ia lebih sering menggunakan otot tungkainya. Otot tungkai yang kuat merupakan fondasi untuk dapat berjalan dengan baik. Bantulah dan rangsanglah ia untuk berjalan merambat. Jika ia masih terlihat kesulitan, Bunda dapat menopang badannya dari belakang, sementara ia memperkuat otot-otot tungkainya.

Hindari penggunaan baby walker, karena selain kurang aman, para ahli meneliti bahwa alat tersebut malah justru dapat membuat anak terlambat berjalan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur




Fokus : Bayi


#Buah hati #Belum berjalan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






9 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
12 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks