8 Tips Sehat Hilangkan Bau Mulut

Oleh : Dirk/tempo | Senin, 11 Januari 2016 | 20:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Semua orang pasti pernah merasakan situasi yang tidak menyenangkan dan memalukan ketika dihadapkan pada masalah bau mulut. Hal ini dapat terjadi apabila ada sisa makanan di sela gigi, plak pada gigi, karang gigi dan kekurangan cairan di mulut.

Sedikit orang menyadari bahwa nafas mereka bau. Pasalnya kita tidak mudah mencium bau  nafas diri sendiri. Dilansir dari situs  boldsky.com pada 11 Januari 2016, berikut adalah 8 tips yang bisa dilakukan untuk membuat anda lebih percaya diri dan bebas bau mulut.

1. Kunjungi dokter gigi
Salah satu alasan nafas tak sedap bisa disebabkan oleh karang gigi atau penyakit dalam mulut, karena itu lebih cepat diperiksa ahli gigi akan lebih baik.

2. Sikat gigi dua kali sehari
Sikat gigi anda dua kali sehari untuk menghindari bau nafas. Jika masih bau, cobalah menambahkan baking soda pada saat menyikat gigi anda. Baking soda berfungsi untuk mengurangi asam mulut sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

3. Banyak minum air
Dehidrasi bisa memicu bau mulut. Banyak minum air putih juga dapat membersihkan  partikel makanan yang mungkin masih terperangkap di antara gigi dan memicu pertumbuhan bakteri. Karena itu dianjurkan untuk minum air setidaknya delapan gelas air sehari.

4. Sikat juga lidah anda
Ketika menyikat gigi, sikat juga lidah anda karena lidah juga membutuhkan perhatian khusus. Bakteri pada umumnya berkembang di lidah dan bisa memicu bau mulut.

5. Kunyah permen karet
Kunyahlah permen karet bebas gula untuk menstimulasi produksi saliva. Saliva berfungsi untuk mengusir bakteri di setiap partikel makanan.

6. Makan seledri

Seledri adalah sumber klorofil atau zat hijau daun yang baik. Selain itu sayuran  yang dipakai untuk campuran sop ini juga mengandung bahan alami untuk menyegarkan mulut.

7. Minum teh
Teh mengandung bahan anti bakteri yang membantu untuk membunuh mikroba yang menyebabkan bau mulut. Teh juga mengandung polifenol yang dapat menetralisir komponen sulfur dalam mulut yang bisa memicu timbulnya bau.

8. Gunakan floss
Floss adalah alat untuk membersihkan sela gigi menggunakan benang. Hal ini berguna untuk menghilangkan jejak makanan yang terjebak di antara gigi. Flossing secara teratur penting dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut dan menghindari penyakit gusi.




Fokus : Bau Mulut


#Bau Mulut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 21 jam yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet Menakutkan di Lingkungan Kantor, Ini Cara Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang penularan virus Corona melalui mikrodroplet. Droplet..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet dan Tips Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Penularan virus Corona melalui udara hingga bersin disertai batuk yang menyebar hingga menjadi mikrodoplet..

+Indeks