5 Fakta Sleepgasm, saat Tertidur Lelap

Oleh : Imron Hamzah | health.detik.com/ | Selasa, 12 Januari 2016 | 06:00 WIB



Wartakesehatan - Orgasme tidak selalau terjadi saat sedang berhubungan intim, tidak pula saat manstrubasi. Menurut penelitian tak sedikit orang bisa mengalami orgasme spontan saat tertidur lelap.

Populer dengan istilah sleepgasm, orgasme saat tidur diperkirakan terjadi pada 37 persen perempuan. Setidaknya, inilah yang terungkap dalam sebuah penelitian di Indiana University.

Menurut penelitian tersebut, sleepgasm terjadi bukan karena stimulasi pada organ genital melainkan langsung pada otak. Posisi tidur berpengaruh pada peluang untuk mendapatkan orgasme yang tidak direncanakan ini.

1. Pada laki-laki disebut mimpi basah

Pada perempuan, klaim bahwa seseorang telah mengalami orgasme saat tidur sebenarnya sulit dibuktikan. Lain halnya dengan laki-laki, yang bisa dipastikan mengalami ejakulasi sperma setiap kali mencapai orgasme. Apapun prosesnya, baik masturbasi maupun berhubungan seks.

Laki-laki yang sudah mengalami pubertas, tetapi tidak aktif secara seksual normalnya akan mengalami orgasme saat tidur pada saat-saat tertentu. Fenomena ini disebut sebagai nocturnal emissions atau lebih populer dengan sebutan mimpi basah.

2. Peningkatan aliran darah

Meski sleep orgasm tidak dipicu oleh rangsang pada organ genital, namun penelitian membuktikan bahwa organ-organ tersebut mengalami peningkatan aliran darah selama tidur. Ini dialami baik oleh laki-laki maupun perempuan. Pada laki-laki, ini ditandai dengan ereksi yang tidak disadari.

Pada laki-laki, ereksi pada malam hari bisa terjadi berkali-kali dan tidak selalu berakhir dengan ejakulasi dan orgasme. Sebaliknya pada beberapa perempuan, orgasme justru lebih mudah terjadi dalam kondisi seperti ini dibandingkan saat melakukan aktivitas seksual yang sesungguhnya.

3. Tidak banyak penelitian menyeluruh

Jika diperhatikan, berbagai penelitian tentang sleep orgasm hanya melibatkan sampel yang sangat kecil. Jelas, sulit mendapatkan sampel yang besar karena tidak pernah ada yang bisa memprediksi kehadiran orgasme seperti itu. Bagi para peneliti, ini adalah sebuah tantangan.

4. Disertai mimpi berhubungan seks

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi dalam sleep orgasm. Kemungkinan pertama, seseorang bermimpi melakukan aktivitas seks lalu merangsang peningkatan aliran darah di organ genital yang akhirnya memicu orgasme. Kemungkinan lain adalah sebaliknya, peningkatan aliran darah yang tidak bisa dijelaskan sebabnya memicu mimpi erotis yang menuntaskan proses stimulasi genital.

5. Lebih mungkin terjadi saat tidur tengkurap

Menurut para ilmuwan di Indiana University, sleep orgasm lebih berpeluang terjadi saat seseorang tidur dengan posisi tengkurap. Penelitian lain di jurnal Dreaming menyebut, tidur tengkurap meningkatkan peluang mimpi yang lebih intens. Termasuk, jika yang muncul adalah mimpi erotis.




Fokus : Orgasme


#Orgasme
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 4 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks