6 Efek yang sangat Menakutkan dari Kebiasaan Kurang Tidur

Oleh : Dirk/Metro | Kamis, 14 Januari 2016 | 15:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Di era yang semakin modern tak dapat dipungkiri tuntutan kerja jam malam semakin banyak dari masing-masing perusahaan. Khususnya buat beberapa pekerja yang kerap begadang diwaktu malam. Begitu juga kebiasaan beberapa anak muda yang sering begadang demi bermain game, gadget, maupun berkeliaran di jam malam, ternyata kebiasaan begadang bisa timbulkan dampak yang luar biasa buruk.

Secara alami, tubuh dan otak kita membutuhkan waktu yang cukup untuk istirahat. Selain itu, di saat kita tidur pun tubuh secara alami mengalami perbaikan dan mengeluarkan racun. 

Tidak hanya itu, tidur juga memberikan kesempatan kepada sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas. Sehingga, tak jarang orang yang kurang tidur rentan terkena penyakit. Bahkan, di beberapa kasus bisa mengakibatkan kematian.

Dikutip dari Boldsky, ada beberapa efek samping yang menakutkan bahwa sebagian besar generasi muda menderita karena kurang tidur.

1. Bisa menyebabkan kematian 
Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa orang yang tidur kurang memiliki tingkat moralitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidur selama berjam-jam. Tidur kurang membuat Anda lebih rentan untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) pada usia dini.

2. Kurang bergairah 
Kurang bergairah atau lebih populer dengan sebutan low sex drive ini adalah salah satu alasan kesehatan yang disebabkan karena kurang tidur. Pria yang menderitasleep apnea atau gangguan tidur cenderung memiliki tingkat testosteron lebih rendah, yang dapat berakibat buruk bagi kehidupan seks. Jadi, pastikan Anda tidur minimal 8 jam dalam sehari.

3. Kelelahan saat mengemudi
Hindari mengemudi di saat kondisi tubuh kurang istirahat. Hal itu akan sangat berisiko pada konsentrasi saat mengemudi hingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

4. Depresi
Kurang tidur adalah penyebab umum depresi. Jadi tidak heran jika seseorang tidur kurang, ada kemungkinan bahwa dia mengalmai depresi.

5. Kulit wajah memburuk
Orang kurang tidur bisa langsung kita ketahui ketika melihat matanya mulai bengkak dan membesarnya kantong mata. Untuk menghindari hal ini, seseorang membutuhkan waktu tidur hingga delapan jam atau setidaknya enam jam tidur setiap malam tanpa gangguan.

6. Menambah berat badan
Ingat, program diet dan berolahraga yang dilakukan setiap hari untuk menurunkan berat badan akan sia-sia jika tak diiringi dengan istirahat yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dapat menambahkan berat badan.




Fokus : Tidur


#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks