6 Efek yang sangat Menakutkan dari Kebiasaan Kurang Tidur

Oleh : Dirk/Metro | Kamis, 14 Januari 2016 | 15:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Di era yang semakin modern tak dapat dipungkiri tuntutan kerja jam malam semakin banyak dari masing-masing perusahaan. Khususnya buat beberapa pekerja yang kerap begadang diwaktu malam. Begitu juga kebiasaan beberapa anak muda yang sering begadang demi bermain game, gadget, maupun berkeliaran di jam malam, ternyata kebiasaan begadang bisa timbulkan dampak yang luar biasa buruk.

Secara alami, tubuh dan otak kita membutuhkan waktu yang cukup untuk istirahat. Selain itu, di saat kita tidur pun tubuh secara alami mengalami perbaikan dan mengeluarkan racun. 

Tidak hanya itu, tidur juga memberikan kesempatan kepada sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas. Sehingga, tak jarang orang yang kurang tidur rentan terkena penyakit. Bahkan, di beberapa kasus bisa mengakibatkan kematian.

Dikutip dari Boldsky, ada beberapa efek samping yang menakutkan bahwa sebagian besar generasi muda menderita karena kurang tidur.

1. Bisa menyebabkan kematian 
Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa orang yang tidur kurang memiliki tingkat moralitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidur selama berjam-jam. Tidur kurang membuat Anda lebih rentan untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) pada usia dini.

2. Kurang bergairah 
Kurang bergairah atau lebih populer dengan sebutan low sex drive ini adalah salah satu alasan kesehatan yang disebabkan karena kurang tidur. Pria yang menderitasleep apnea atau gangguan tidur cenderung memiliki tingkat testosteron lebih rendah, yang dapat berakibat buruk bagi kehidupan seks. Jadi, pastikan Anda tidur minimal 8 jam dalam sehari.

3. Kelelahan saat mengemudi
Hindari mengemudi di saat kondisi tubuh kurang istirahat. Hal itu akan sangat berisiko pada konsentrasi saat mengemudi hingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

4. Depresi
Kurang tidur adalah penyebab umum depresi. Jadi tidak heran jika seseorang tidur kurang, ada kemungkinan bahwa dia mengalmai depresi.

5. Kulit wajah memburuk
Orang kurang tidur bisa langsung kita ketahui ketika melihat matanya mulai bengkak dan membesarnya kantong mata. Untuk menghindari hal ini, seseorang membutuhkan waktu tidur hingga delapan jam atau setidaknya enam jam tidur setiap malam tanpa gangguan.

6. Menambah berat badan
Ingat, program diet dan berolahraga yang dilakukan setiap hari untuk menurunkan berat badan akan sia-sia jika tak diiringi dengan istirahat yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dapat menambahkan berat badan.




Fokus : Tidur


#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 1 jam yang lalu

Waspada, Botol Minum Menyimpan Bakteri

Wartakesehatan - Demi menghindari berbagai minuman dalam kemasan yang berbahaya maupun juga minuman palsu beberapa orang..
Mamin - 2 jam yang lalu

Jarang Minum Air ? Ini Akibatnya

Wartakesehatan.com - Makan dan minum merupakan dua hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

4 Cara Sehat Atasi Bau Kaki

Wartakesehatan.com -  Apa pun alas kaki Anda, entah itu sepatu sport atau sneakers, kondisi lembab memang bisa..
Obat & Penyakit - 14 jam yang lalu

Cokelat dan Kopi bisa Picu Sariawan

Wartakesehatan - Selama ini banyak orang mengetahui bahwa penyebab sariawan adalah bakteri didalam mulut maupun luka yang..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Cara Sehat Menghilangkan Rasa Sakit Telinga

Wartakesehatan - Ada cara yang unik untuk menghilangkan rasa sakit telinga saat naik pesawat, yaitu mengunyah permen..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

8 Manfaat dari Daun Mangga

Wartakesehatan - Biasanya jika berbicara tentang mangga biasanya orang berpikir tentang buahnya yang manis asam dan miliki..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Cacing Tanah Barmanfaat Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Konsumsi Buah Nanas Mengobati Arthritis

Wartakesehatan.com - Nanas, mangga, markisa, buah naga, pepaya, dan jambu yang sama-sama masuk ke dalam daftar buah tropis,..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Bahaya Kesehatan Akibat Penyakit Insomnia

Wartakesehatan.com - Orang yang mengalami insomnia biasanya tidak bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, mereka juga..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Air Rebusan Kulit Pisang Bikin Tidur Nyeyak

Wartakesehatan.com - Kulit pisang tinggi vitamin B6 dan B12, magnesium, kalium, serat, dan protein. Melansir..

+Indeks