Lakukan Aktifitas Anak-anak Dapat hilangkan Sterss

Oleh : Imron Hamzah | health.detik.com/ | Jumat, 15 Januari 2016 | 14:38 WIB


ist

Wartakesehatan - Banyak kenangan di masa kecil yang dapat membuat nostalgia masa kecil sangat menyenangkan. saat masih kecil seorang anak akan sangat senag ketika bermain, dan tak memikirkan masalah apapun seperti yang orang dewasa lakukan. hal semacam itu bisa anda lakukan lagi untuk menghilangkan stress akibat berbagai urusan kantor maupun keluarga.

Di tahun 2015, kegiatan mewarnai menjadi salah satu tren di kalangan orang dewasa. Kegiatan ini cocok bagi mereka yang mencari kedamaian dan ketenangan. Bahkan ada pula perusahaan yang memberikan kegiatan anak-anak seperti mewarnai, kejar-kejaran ataupun permainan misteri yang bisa membantu para karyawan sedikit bersantai di tengah deadline.

Ya, permainan khas anak-anak ditengarai bisa membantu melepaskan stres, rileks dan mendorong sisi kreatif.

Dikutip dari Times of India, Jumat (15/1/2016), seorang ibu muda bernama Anshu Gupta mengatakan mewarnai buku bergambar merupakan aktivitas yang paling menenangkan. Menurutnya, kegiatan mewarnai membantu menghubungkan kembali dengan sisi kanak-kanak yang dimiliki orang dewasa.

Sementara itu psikolog asal Mumbai, India, Mukta Rastogi menuturkan dalam kegiatan mewarnai sebenarnya ada terapi yang sekaligus bisa dilakukan yakni terapi warna. Nah, terapi warna merupakan metode yang dikenal untuk memusatkan pikiran. "Buku mewarnai dapat digunakan oleh pasien sebagai aktivitas terapeutik di rumah," ujar Rastogi.

Pakar saraf pengasuh Colourtation.com, Dr Stan Rodski, juga pernah menyampaikan penuturan terkait kegiatan mewarnai. Menurutnya, manfaat mewarnai yang dapat meredakan stres dan membuat pikiran lebih tenang sangat mirip dengan manfaat yang diterima seseorang ketika melakukan meditasi. Seperti meditasi, mewarnai membuat otak menjauhkan pikiran-pikiran buruk.

Mewarnai bisa membuat orang fokus dan konsentrasi pada satu hal. Mereka juga tidak dipaksa untuk berpikir dengan keras. Karena melihat melihat sudut-sudut yang harus diwarnai dan memutuskan warna apa yang akan digunakan, hal ini membuat bagian otak yang berhubungan dengan kecemasan dan stres terlupakan .

Selain itu, bagi mereka yang mencari pelepas stres dalam hitungan detik, kegiatan dengan adrenalin tinggi sering disarankan. Nah, kegiatan anak-anak dengan adrenalin tinggi seperti laser tag ataupun escape game bisa sesekali dilakukan karyawan kantoran.

Seperti diketahui, pekerjaan rutin dengan tekanan kerja yang cukup berat mengakibatkan kelelahan lebih cepat dirasakan. Ini dipahami benar oleh salah satu perusahaan penyedia jasa escape game di India. Karena itu mereka menyarankan 45 menit waktu bagi karyawannya untuk mengenyahkan stres melalu kegiatan anak-anak. Tak cuma stres yang berkurang, performa kerja pun ditengarai ikut meningkat.

Escape game yang coba dilakukan ternyata menunjukkan adanya bonding dan team-building yang baik di antara para karyawan saat mereka bekerja sama keluar dari ruangan yang dikunci. Hmm, mau coba?(




Fokus : Stres


#Hilangkan stres
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 59 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 14 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 21 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks