Bahaya, Konsumsi Teh Hijau secara Berlebihan

Oleh : Dirk/sindo | Sabtu, 16 Januari 2016 | 14:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Menurut beberapa sumber Teh Hijau memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh dan teh hijau dipercaya sebagai minuman sehat. Salah satunya meningkatkan daya ingat, mencegah pikun hingga kanker.

Dilansir dari Women's Health, meski memiliki banyak manfaat, namun pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, baru-baru ini seorang gadis asal Inggris dikabarkan meninggal dunia setelah mengonsumsi teh hijau selama tiga bulan.

Gadis berusia 16 tahun itu dilaporkan berniat menurunkan berat badan. Namun bukannya kurus, gadis ini malah mengalami kerusakan hati yang parah dan meninggal dunia. Gadis ini pun diduga mengonsumsi teh hijau secara berlebihan.

Sebuah studi pun mengungkapkan bahwa bahaya mengonsumsi teh hijau terletak pada cara pengolahan teh yang keliru. Beberapa produk mengemas teh hijau dalam bentuk suplemen atau minuman dengan konsentrasi yang berlebihan digunakan sebagai produk penurunan berat badan.

Sayangnya, mengonsumsi teh hijau atau herbal secara berlebihan akan menghambat kinerja liver atau hati hingga memicu infeksi. "Tannin yang terkandung dalam teh hijau juga bisa mencegah penyerapan zat besi yang non-heme," papar konsultan nutrisi, Mike Roussell, PhD.

Rousell pun menyarankan agar teh hijau tidak dikonsumsi oleh sembarang orang. Terutama mereka yang mengalami penyakit autoimun, seperti alergi, asma, kanker,hepatitis B dan C atau infeksi virus lainnya.

"Pada orang sehat, teh hijau bisa meningkatkan sistem kekebalan, tetapi kalau pada dasarnya sudah sakit, stimulasi dari teh hijau justru akan semakin membebani tubuh Anda," kata dia.

Idealnya, teh hijau dikonsumsi empat kali dalam satu hari. "Baiknya dikonsumsi saat perut kosong. Cara ini pun dipercaya bisa mengoptimalkan penyerapan antioksidan, catechin," ujar dia.




Fokus : Teh Hijau


#Teh Hijau
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 6 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks