Bahaya, Konsumsi Teh Hijau secara Berlebihan

Oleh : Dirk/sindo | Sabtu, 16 Januari 2016 | 14:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Menurut beberapa sumber Teh Hijau memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh dan teh hijau dipercaya sebagai minuman sehat. Salah satunya meningkatkan daya ingat, mencegah pikun hingga kanker.

Dilansir dari Women's Health, meski memiliki banyak manfaat, namun pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, baru-baru ini seorang gadis asal Inggris dikabarkan meninggal dunia setelah mengonsumsi teh hijau selama tiga bulan.

Gadis berusia 16 tahun itu dilaporkan berniat menurunkan berat badan. Namun bukannya kurus, gadis ini malah mengalami kerusakan hati yang parah dan meninggal dunia. Gadis ini pun diduga mengonsumsi teh hijau secara berlebihan.

Sebuah studi pun mengungkapkan bahwa bahaya mengonsumsi teh hijau terletak pada cara pengolahan teh yang keliru. Beberapa produk mengemas teh hijau dalam bentuk suplemen atau minuman dengan konsentrasi yang berlebihan digunakan sebagai produk penurunan berat badan.

Sayangnya, mengonsumsi teh hijau atau herbal secara berlebihan akan menghambat kinerja liver atau hati hingga memicu infeksi. "Tannin yang terkandung dalam teh hijau juga bisa mencegah penyerapan zat besi yang non-heme," papar konsultan nutrisi, Mike Roussell, PhD.

Rousell pun menyarankan agar teh hijau tidak dikonsumsi oleh sembarang orang. Terutama mereka yang mengalami penyakit autoimun, seperti alergi, asma, kanker,hepatitis B dan C atau infeksi virus lainnya.

"Pada orang sehat, teh hijau bisa meningkatkan sistem kekebalan, tetapi kalau pada dasarnya sudah sakit, stimulasi dari teh hijau justru akan semakin membebani tubuh Anda," kata dia.

Idealnya, teh hijau dikonsumsi empat kali dalam satu hari. "Baiknya dikonsumsi saat perut kosong. Cara ini pun dipercaya bisa mengoptimalkan penyerapan antioksidan, catechin," ujar dia.




Fokus : Teh Hijau


#Teh Hijau
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 5 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 14 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 20 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks