Bahaya, Konsumsi Teh Hijau secara Berlebihan

Oleh : Dirk/sindo | Sabtu, 16 Januari 2016 | 14:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Menurut beberapa sumber Teh Hijau memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh dan teh hijau dipercaya sebagai minuman sehat. Salah satunya meningkatkan daya ingat, mencegah pikun hingga kanker.

Dilansir dari Women's Health, meski memiliki banyak manfaat, namun pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, baru-baru ini seorang gadis asal Inggris dikabarkan meninggal dunia setelah mengonsumsi teh hijau selama tiga bulan.

Gadis berusia 16 tahun itu dilaporkan berniat menurunkan berat badan. Namun bukannya kurus, gadis ini malah mengalami kerusakan hati yang parah dan meninggal dunia. Gadis ini pun diduga mengonsumsi teh hijau secara berlebihan.

Sebuah studi pun mengungkapkan bahwa bahaya mengonsumsi teh hijau terletak pada cara pengolahan teh yang keliru. Beberapa produk mengemas teh hijau dalam bentuk suplemen atau minuman dengan konsentrasi yang berlebihan digunakan sebagai produk penurunan berat badan.

Sayangnya, mengonsumsi teh hijau atau herbal secara berlebihan akan menghambat kinerja liver atau hati hingga memicu infeksi. "Tannin yang terkandung dalam teh hijau juga bisa mencegah penyerapan zat besi yang non-heme," papar konsultan nutrisi, Mike Roussell, PhD.

Rousell pun menyarankan agar teh hijau tidak dikonsumsi oleh sembarang orang. Terutama mereka yang mengalami penyakit autoimun, seperti alergi, asma, kanker,hepatitis B dan C atau infeksi virus lainnya.

"Pada orang sehat, teh hijau bisa meningkatkan sistem kekebalan, tetapi kalau pada dasarnya sudah sakit, stimulasi dari teh hijau justru akan semakin membebani tubuh Anda," kata dia.

Idealnya, teh hijau dikonsumsi empat kali dalam satu hari. "Baiknya dikonsumsi saat perut kosong. Cara ini pun dipercaya bisa mengoptimalkan penyerapan antioksidan, catechin," ujar dia.




Fokus : Teh Hijau


#Teh Hijau
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks