Pentingnya Mengetahui Risiko Serangan Jantung

Oleh : Dirk/Metro | Sabtu, 16 Januari 2016 | 17:02 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia, penyakit jantung sendiri terjadi karena gaya hidup kurang sehat, seperti merokok dan minuman beralkohol. Selain itu juga penyakit jantung bisa terjadi karena penurunan warisan dari orang tua maupun orang di sekeliling

Statistik yang dirilis British Heart Foundation memperlihatkan, seseorang yang memiliki riwayat keluarga berpenyakit jantung berarti dia lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung.

Tentunya setiap orang ingin tahu seberapa besar kemungkinan penyakit jantung dapat menyerang anggota keluarga maupun orang yang disayangi.

Berikut cara berbicara dengan orang yang Anda kasihi dalam mendiskusikan tentang penyakit jantung, seperti dilansir FemaleFirst.

1. Gali informasi sebanyak mungkin

Hanya menyadari bahwa risiko penyakit jantung dapat menyebar kepada anggota keluarga itu tidak penting. Lebih penting untuk mengetahui kondisi mereka dan seberapa besar rasa cinta Anda ketika orang yang Anda kasihi terserang penyakit jantung.

Apakah pasangan atau anggota keluarga Anda mengalami serangan jantung atau stroke? Apakah mereka menjalani perawatan?

2. Ketahui perasaan mereka

Bagi beberapa orang, berbicara tentang kondisi kesehatan, membuatnya tidak nyaman. Mereka mungkin tidak tahu banyak tentang kondisi mereka sendiri, atau mereka mungkin merasa bersalah bahwa mereka bisa menyebarkannya. Jadilah sensitif, berpikir tentang kepada siapa Anda berbicara dan bagaimana mereka meresponsnya.

3. Mulai dari awal

Keluarga Anda merupakan yang paling penting untuk digali informasi tentang risiko penyakit jantung yang mungkin menimpa mereka. Mulailah dengan ibu, ayah, saudara atau saudari dan mencari tahu apakah mereka memiliki penyakit jantung. Kemudian ke nenek, kakek, paman, bibi, dan sepupu.

4. Rileks

Berbicara tentang kesehatan Anda kadang terasa sulit. Coba memulai pembicaraan secara halus atau menyisipkannya pada beberapa percakapan daripada membicarakannya sekaligus.

5. Mencari pola

Jika beberapa orang dalam keluarga Anda meninggal dalam usia muda, pastikan untuk memberitahu dokter Anda karena bisa jadi Anda mewarisi penyakit jantung yang tidak terdeteksi.
Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan rutin untuk mengelola faktor-faktor risiko, termasuk tekanan darah dan kadar kolestrol.

6. Ketahui kesehatan jantung Anda

Sangat penting untuk mendapat kejelasan tentang kesehatan Anda sendiri. Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, ada banyak langkah-langkah sederhana untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Misal, berhenti merokok, berolahraga rutin, mengelola tekanan darah dan kolestrol, serta menjaga berat badan seimbang. 

7. Ubah gaya hidup

Ini bukan hanya harus berpikir tentang gen Anda. Kebiasaan seperti merokok, makan yang tidak sehat, dan kurang olahraga, semua pola perilaku yang dapat diteruskan dan berbagi di antara anggota keluarga. Anda tidak harus mengikuti gaya hidup keluarga anda.

Pikirkan tentang gaya hidup Anda sendiri. Berhenti merokok, mencoba untuk memasukkan lebih banyak aktivitas bergerak dalam sehari, makan lebih sedikit lemak jenuh, dan lebih banyak makan buah dan sayuran.




Fokus : Serangan Jantung


#Serangan Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






9 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
12 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks