Pentingnya Mengetahui Risiko Serangan Jantung

Oleh : Dirk/Metro | Sabtu, 16 Januari 2016 | 17:02 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia, penyakit jantung sendiri terjadi karena gaya hidup kurang sehat, seperti merokok dan minuman beralkohol. Selain itu juga penyakit jantung bisa terjadi karena penurunan warisan dari orang tua maupun orang di sekeliling

Statistik yang dirilis British Heart Foundation memperlihatkan, seseorang yang memiliki riwayat keluarga berpenyakit jantung berarti dia lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung.

Tentunya setiap orang ingin tahu seberapa besar kemungkinan penyakit jantung dapat menyerang anggota keluarga maupun orang yang disayangi.

Berikut cara berbicara dengan orang yang Anda kasihi dalam mendiskusikan tentang penyakit jantung, seperti dilansir FemaleFirst.

1. Gali informasi sebanyak mungkin

Hanya menyadari bahwa risiko penyakit jantung dapat menyebar kepada anggota keluarga itu tidak penting. Lebih penting untuk mengetahui kondisi mereka dan seberapa besar rasa cinta Anda ketika orang yang Anda kasihi terserang penyakit jantung.

Apakah pasangan atau anggota keluarga Anda mengalami serangan jantung atau stroke? Apakah mereka menjalani perawatan?

2. Ketahui perasaan mereka

Bagi beberapa orang, berbicara tentang kondisi kesehatan, membuatnya tidak nyaman. Mereka mungkin tidak tahu banyak tentang kondisi mereka sendiri, atau mereka mungkin merasa bersalah bahwa mereka bisa menyebarkannya. Jadilah sensitif, berpikir tentang kepada siapa Anda berbicara dan bagaimana mereka meresponsnya.

3. Mulai dari awal

Keluarga Anda merupakan yang paling penting untuk digali informasi tentang risiko penyakit jantung yang mungkin menimpa mereka. Mulailah dengan ibu, ayah, saudara atau saudari dan mencari tahu apakah mereka memiliki penyakit jantung. Kemudian ke nenek, kakek, paman, bibi, dan sepupu.

4. Rileks

Berbicara tentang kesehatan Anda kadang terasa sulit. Coba memulai pembicaraan secara halus atau menyisipkannya pada beberapa percakapan daripada membicarakannya sekaligus.

5. Mencari pola

Jika beberapa orang dalam keluarga Anda meninggal dalam usia muda, pastikan untuk memberitahu dokter Anda karena bisa jadi Anda mewarisi penyakit jantung yang tidak terdeteksi.
Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan rutin untuk mengelola faktor-faktor risiko, termasuk tekanan darah dan kadar kolestrol.

6. Ketahui kesehatan jantung Anda

Sangat penting untuk mendapat kejelasan tentang kesehatan Anda sendiri. Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, ada banyak langkah-langkah sederhana untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Misal, berhenti merokok, berolahraga rutin, mengelola tekanan darah dan kolestrol, serta menjaga berat badan seimbang. 

7. Ubah gaya hidup

Ini bukan hanya harus berpikir tentang gen Anda. Kebiasaan seperti merokok, makan yang tidak sehat, dan kurang olahraga, semua pola perilaku yang dapat diteruskan dan berbagi di antara anggota keluarga. Anda tidak harus mengikuti gaya hidup keluarga anda.

Pikirkan tentang gaya hidup Anda sendiri. Berhenti merokok, mencoba untuk memasukkan lebih banyak aktivitas bergerak dalam sehari, makan lebih sedikit lemak jenuh, dan lebih banyak makan buah dan sayuran.




Fokus : Serangan Jantung


#Serangan Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 32 menit yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Menu Sarapan Bikin Kenyang Tapi Tetap Langsing

Wartakesehatan.com - Tidak sarapan justru bisa membuatmu makin gemuk karena kamu akan merasa dua kali lipat lebih lapar..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Meminum Teh Hijau Setiap Hari Selama Satu Bulan

Wartakesehatan - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang telah banyak dikonsumsi di seluruh Asia selama berabad-abad...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minyak Zaitun Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya punya banyak kegunaan, zaitun yang diolah menjadi minyak, memiliki banyak manfaat untuk..
Herbal - 9 jam yang lalu

Pentingnya Vitamin C,Sebagai Penangkal Demam Berdarah Saat Musim Hujan

Wartakesehatan.com-Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat musim hujan. Ada banyak cara yang bisa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Kiwi Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Buah kiwi merupakan buah yang memiliki popularitas yang tinggi karena mengandung berbagai nutrisi yang..
Konsultasi - 11 jam yang lalu

Gejala,Penyebab Dan Cara Mengobati Tumor Mata

Wartakesehatan.com-Tumor mata terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal di mata. Tumor mata bisa bersifat ganas atau..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Kelompok Makanan Yang Sehat Untuk Jantung

Wartakesehatan.com- Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan memperbaiki pola hidup sehat membuat Anda terhindar dari risiko..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat berenang tidak hanya didapat oleh atlet atau perenang profesional. Seluruh kelompok..

+Indeks