Kerokan Lidah Bisa Atasi Bau Mulut

Oleh : Ilham Moestavi | alodokter.com | Selasa, 19 Januari 2016 | 17:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Bau mulut adalah permasalahan yang sangat umum dan dapat terjadi pada siapapun. Bau tidak sedap yang keluar dari mulut saat menghembuskan napas bisa mengganggu kehidupan sosial orang yang mengalaminya, misalnya menjadi malu dan tidak percaya diri.

Menurut salah seorang ahli biologi, kondisi bau mulut hampir 90 persen disebabkan oleh bakteri yang berasal dari sisa makanan dan protein dalam air liur. Lidah merupakan salah satu lokasi yang banyak didiami bakteri tersebut.

Membersihkan Permukaan Lidah

Kerokan lidah ini ditujukan untuk membersihkan timbunan bakteri, jamur, sel mati, dan sisa makanan pada permukaan lidah. Penimbunan ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur, mulut kering, merokok, penggunaan obat tertentu, ataupun kurang terjaganya kebersihan sekitar mulut dan gigi.

Bakteri dan jamur normal yang tumbuh di sekitar lidah juga banyak dikaitkan dengan masalah pada mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satunya masalah bau mulut atau halitosis.

Penelitian terhadap efektivitas kerokan lidah masih terbatas. Namun, studi terkini menunjukkan, kerokan lidah dapat membantu mengatasi bau mulut secara sementara. Meski demikian, belum cukup bukti bahwa kerokan lidah membantu bau mulut kronis.

Dua studi lain membandingkan efektivitas menggunakan kerokan lidah dengan sikat gigi dalam membersihkan lidah untuk mengatasi bau mulut. Hasilnya, pembersih atau kerokan lidah memiliki efektivitas yang sedikit lebih tinggi saat mengendalikan bau mulut pada orang dewasa. Yang perlu digarisbawahi, hal tersebut masih dianggap efektif dalam waktu relatif singkat.

Memilih Sesuai Kebutuhan

Banyak yang membersihkan lidah dengan sikat gigi saja. Namun, jika hal itu dimaksudkan untuk membantu mengatasi bau mulut, tindakan itu dinilai kurang efektif. Pasalnya, desain sikat gigi berbeda dengan kerokan lidah. Sikat gigi didesain untuk membersihkan gigi dengan permukaan keras, sementara tekstur lidah yang lembut membutuhkan jenis yang berbeda.

Kini kerokan lidah dapat dengan mudah ditemukan di toko obat dengan beragam bentuk dan ukuran. Lalu, bagaimana memilih kerokan lidah yang tepat? Pilih kerokan lidah ergonomis yang dibentuk sesuai dengan anatomi lidah, sehingga dapat mengangkat lapisan plak sekaligus membersihkan permukaan lidah.

Bahan dari kerokan lidah juga harus diperhatikan. Ada yang terbuat dari plastik, logam, ataupun bahan lain. Selain itu, perhatikan pula bentuk, dimensi, dan kualitas kerokan lidah saat menyentuh lidah. Jika perlu, gunakan kerokan lidah dengan gel khusus yang berfungsi sebagai antibakteri untuk membersihkan secara optimal.

Cara menggunakan kerokan lidah sangat mudah. Letakkan alat tersebut hingga ke bagian belakang lidah, lalu tarik hingga bagian ujung depan lidah. Ulangi beberapa kali hingga Anda merasa lidah terasa bersih.

Selain membersihkan permukaan lidah, untuk mengatasi dan menghindari bau mulut juga harus dibarengi dengan menjaga kebersihan mulut dengan baik. Sikat gigi minimal dua kali sehari, berkumur dengan obat kumur, gunakan benang gigi jika perlu, dan minum air yang cukup untuk mencegah mulut kering. Kemudian, periksa ke dokter gigi secara teratur.

Membersihkan gigi dengan kerokan lidah memiliki kemungkinan membantu mengatasi bau mulut. Namun, jika bau mulut terus berlanjut, konsultasikan hal tersebut pada dokter atau dokter gigi untuk memperoleh solusi terbaik.




Fokus : Bau Mulut


#Bau Mulut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks