Kerokan Lidah Bisa Atasi Bau Mulut

Oleh : Ilham Moestavi | alodokter.com | Selasa, 19 Januari 2016 | 17:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Bau mulut adalah permasalahan yang sangat umum dan dapat terjadi pada siapapun. Bau tidak sedap yang keluar dari mulut saat menghembuskan napas bisa mengganggu kehidupan sosial orang yang mengalaminya, misalnya menjadi malu dan tidak percaya diri.

Menurut salah seorang ahli biologi, kondisi bau mulut hampir 90 persen disebabkan oleh bakteri yang berasal dari sisa makanan dan protein dalam air liur. Lidah merupakan salah satu lokasi yang banyak didiami bakteri tersebut.

Membersihkan Permukaan Lidah

Kerokan lidah ini ditujukan untuk membersihkan timbunan bakteri, jamur, sel mati, dan sisa makanan pada permukaan lidah. Penimbunan ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur, mulut kering, merokok, penggunaan obat tertentu, ataupun kurang terjaganya kebersihan sekitar mulut dan gigi.

Bakteri dan jamur normal yang tumbuh di sekitar lidah juga banyak dikaitkan dengan masalah pada mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satunya masalah bau mulut atau halitosis.

Penelitian terhadap efektivitas kerokan lidah masih terbatas. Namun, studi terkini menunjukkan, kerokan lidah dapat membantu mengatasi bau mulut secara sementara. Meski demikian, belum cukup bukti bahwa kerokan lidah membantu bau mulut kronis.

Dua studi lain membandingkan efektivitas menggunakan kerokan lidah dengan sikat gigi dalam membersihkan lidah untuk mengatasi bau mulut. Hasilnya, pembersih atau kerokan lidah memiliki efektivitas yang sedikit lebih tinggi saat mengendalikan bau mulut pada orang dewasa. Yang perlu digarisbawahi, hal tersebut masih dianggap efektif dalam waktu relatif singkat.

Memilih Sesuai Kebutuhan

Banyak yang membersihkan lidah dengan sikat gigi saja. Namun, jika hal itu dimaksudkan untuk membantu mengatasi bau mulut, tindakan itu dinilai kurang efektif. Pasalnya, desain sikat gigi berbeda dengan kerokan lidah. Sikat gigi didesain untuk membersihkan gigi dengan permukaan keras, sementara tekstur lidah yang lembut membutuhkan jenis yang berbeda.

Kini kerokan lidah dapat dengan mudah ditemukan di toko obat dengan beragam bentuk dan ukuran. Lalu, bagaimana memilih kerokan lidah yang tepat? Pilih kerokan lidah ergonomis yang dibentuk sesuai dengan anatomi lidah, sehingga dapat mengangkat lapisan plak sekaligus membersihkan permukaan lidah.

Bahan dari kerokan lidah juga harus diperhatikan. Ada yang terbuat dari plastik, logam, ataupun bahan lain. Selain itu, perhatikan pula bentuk, dimensi, dan kualitas kerokan lidah saat menyentuh lidah. Jika perlu, gunakan kerokan lidah dengan gel khusus yang berfungsi sebagai antibakteri untuk membersihkan secara optimal.

Cara menggunakan kerokan lidah sangat mudah. Letakkan alat tersebut hingga ke bagian belakang lidah, lalu tarik hingga bagian ujung depan lidah. Ulangi beberapa kali hingga Anda merasa lidah terasa bersih.

Selain membersihkan permukaan lidah, untuk mengatasi dan menghindari bau mulut juga harus dibarengi dengan menjaga kebersihan mulut dengan baik. Sikat gigi minimal dua kali sehari, berkumur dengan obat kumur, gunakan benang gigi jika perlu, dan minum air yang cukup untuk mencegah mulut kering. Kemudian, periksa ke dokter gigi secara teratur.

Membersihkan gigi dengan kerokan lidah memiliki kemungkinan membantu mengatasi bau mulut. Namun, jika bau mulut terus berlanjut, konsultasikan hal tersebut pada dokter atau dokter gigi untuk memperoleh solusi terbaik.




Fokus : Bau Mulut


#Bau Mulut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks