Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Oleh : Imron Hamzah | health.liputan6.com | Rabu, 20 Januari 2016 | 11:08 WIB



Wartakesehatan - Rasa Aman dan dicintai pada anak akan menumbuhkan rasa percaya diri. Memberikan rasa aman dan dicintai tentunya bukan hal yang sulid bagi orang tua. Rasa percaya diri pada anak sebenarnya akan muncul ketika anak merasa bisa dan mampu melakukanya.

Perlu diingat, membanjiri anak dengan pujian tidak akan dapat membuat anak menjadi pandai dalam melakukan sesuatu.

Jim Taylor, penulis buku Your Kids Are Listening: Nine Things Your Kids Need To Hear From You, mengatakan cara yang lebih baik dalam membangun rasa percaya diri anak dibanding sekedar memberikan pujian adalah dengan membantu mereka menjadi lebih kompeten.

Dan untuk berhasil melakukannya, Anda harus mundur sedikit, memberikan ruang pada anak Anda untuk mengambil keputusan sendiri, mencoba melakukan segala sesuatu sendiri, belajar memecahkan masalah, dan menjaganya agar selalu menyelesaikan apapun yang ia mulai.

Untuk membantu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti yang dilansir dari Parents, Selasa (19/01/2016):

• Biarkan anak Anda mengambil resiko. Victoria Sopik, CEO dari Kids & Company, dan juga seorang ibu dari delapan anak mengatakan, “Untuk dapat membangun rasa percaya diri anak, Anda harus membiarkannya mengambil resiko, menentukan pilihan, dan belajar bertanggungjawab atas keputusan yang sudah diambilnya.”

• Biarkan anak menentukan pilihannya sendiri. Sopik mengatakan, saat anak bisa mengambil keputusan yang masih sesuai dengan usianya, ia akan merasa bangga. Sopik juga menegaskan bahwa anak yang baru berusia 2 tahun saja sudah mulai belajar memikirkan resiko dari pilihan yang mereka ambil.

• Biarkan mereka membantu Anda. Untuk berhasil mengembangkan rasa percaya diri, anak memerlukan wadah untuk memamerkan kepandaian dan kemampuan mereka. Hal itu bisa dimulai dari sesuatu yang sangat sederhana, seperti meminta mereka membantu Anda di rumah, bahkan walaupun anak Anda masih balita.

Anda bisa mengajak mereka untuk membantu Anda memasak, membereskan meja, atau merapikan tempat tidur. Hal ini akan membuat mereka merasa penting dan berguna.

• Dorong anak untuk menekuni hobinya, sampai selesai. Anak-anak sudah mulai menunjukkan ketertarikan mereka pada suatu hal sejak usia sangat dini. Anda bisa mendorong mereka untuk menekuni hal tersebut, seperti misalnya olahraga atau bermain musik, namun pastikan mereka menekuni hal tersebut sampai selesai dan tidak berhenti begitu saja di tengah jalan.

Karena dengan belajar menyelesaikan sesuatu yang mereka mulai, anak akan bisa merasakan rasanya keberhasilan saat mereka menyelesaikannya.

 




#Anak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks