Ilmuwan Pertama Penemu Skala Pengukur Kepedasan Cabai

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Jumat, 22 Januari 2016 | 16:00 WIB


IST

Wartakesehatan - Skala Scoville adalah ukuran tentang tingkat kepedasan cabai. Nama Skala Scoville berasal dari Wilbur Scoville, yang mengembangkan Tes Organoleptic Scoville pada 1912. Dan pada hari ini, tampilan Google terlihat menarik dengan gambar seorang pria berbaju putih yang sedang memegang cabai. Dialah orang yang disebut-sebut Wilbur Scoville, ilmuwan yang pertama kali menemukan skala pengukur tingkat kepedasan cabai.

Sebagai suatu penghormatan dan untuk mengenang jasa besarnya, pada hari ini, pada 22 Januari 2016 mesin pencari terbesar ini merayakan hari ulang tahun Wilbur ke-151 lewat Google Doodle.

Tentu semua orang sudah tahu, bahwa cabai itu pedas. Namun dahulu tak ada yang tahu seberapa pedas aneka cabai yang ada di sekitar mereka. Berkat ilmuwan asal Amerika Serikat ditemukan "Scoville organoleptic test". Ini adalah semacam skala untuk mengukur kepedasan cabai yang telah digunakan lebih dari 100 tahun.

Satuan yang digunakan untuk menentukan kepedasan pada cabai menggunakan tanda SHU Scoville Heats Units. Cara mengukurnya dengan menghitung konsentrasi capsaicin yakni komponen pada cabai yang memberi sensasi pedas seperti dikutip laman Telegraph, Jumat (22/1/2016).

Hingga saat ini cabai terpedas yakni jenis Carolina Reaper dan Trinidad Moruga. Kepedasannya bisa capai dua juta SHU. Lalu sembilan tahun lalu ditemukan cabai pedas lain yakni Bhut Jolokia yang mencapai satu juta SHU.

Bagi Anda pecinta saus tabasco, pedasnya mencapai 1200-1500 SHU, jalapeno hanya sekitar 2.500-5000. Hingga kini yang tak terpedas yakni bell pepper yang kepedasannya nol SHU.




Fokus : Ilmuwan


#Makanan Pedas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Cek Tanda-Tanda Penyakit Lewat Kondisi dan Kesehatan Mulut

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut penting untuk dijaga mengingat bahwa segala macam penyakit dari kuman dan bakteri..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di..
Psikolog - 1 hari yang lalu

Begini Sikap Orang Tua yang Tepat Jika Melihat Anak Masturbasi

Wartakesehatan.com - Belum lama ini ramai dibicarakan tentang Buku “Aku Berani Tidur Sendiri” dimana salah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Fakta Soal Minuman Berenergi yang Wajib Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Banyak dari Anda yang pasti sudah tahu minuman berenergi tak baik untuk kesehatan. Tetapi, ada..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Cara Ampuh Mengatasi Tidur Mendengkur

Wartakesehatan.com - Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang dialami oleh sedikitnya 45 persen penduduk di dunia...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bakar Lemak Dengan Aktivitas Ini di Rumah

Wartakesehatan.com - Pernahkah terpikir olah Anda, bahwa aktivitas sehari-hari di rumah ternyata efektif untuk membakar lemak?..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Labu Kuning Mencegah Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral, namun sangat rendah kalori. Fakta tersebut membuat labu menjadi..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti ingin kondisi matanya selalu dalam keadaan sehat sampai usia telah lanjut. Mata..
Liputan Khusus - 1 tahun yang lalu

HUT ke 16 BPOM Serempak Kampanyekan Peduli Obat & Pangan di 34 Kota

Wartakesehatan.com – Sebagai lembaga Negara yang dipercaya menjadi badan pengawasan terhadap peredaran produk obat dan..

+Indeks