Ilmuwan Pertama Penemu Skala Pengukur Kepedasan Cabai

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Jumat, 22 Januari 2016 | 16:00 WIB


IST

Wartakesehatan - Skala Scoville adalah ukuran tentang tingkat kepedasan cabai. Nama Skala Scoville berasal dari Wilbur Scoville, yang mengembangkan Tes Organoleptic Scoville pada 1912. Dan pada hari ini, tampilan Google terlihat menarik dengan gambar seorang pria berbaju putih yang sedang memegang cabai. Dialah orang yang disebut-sebut Wilbur Scoville, ilmuwan yang pertama kali menemukan skala pengukur tingkat kepedasan cabai.

Sebagai suatu penghormatan dan untuk mengenang jasa besarnya, pada hari ini, pada 22 Januari 2016 mesin pencari terbesar ini merayakan hari ulang tahun Wilbur ke-151 lewat Google Doodle.

Tentu semua orang sudah tahu, bahwa cabai itu pedas. Namun dahulu tak ada yang tahu seberapa pedas aneka cabai yang ada di sekitar mereka. Berkat ilmuwan asal Amerika Serikat ditemukan "Scoville organoleptic test". Ini adalah semacam skala untuk mengukur kepedasan cabai yang telah digunakan lebih dari 100 tahun.

Satuan yang digunakan untuk menentukan kepedasan pada cabai menggunakan tanda SHU Scoville Heats Units. Cara mengukurnya dengan menghitung konsentrasi capsaicin yakni komponen pada cabai yang memberi sensasi pedas seperti dikutip laman Telegraph, Jumat (22/1/2016).

Hingga saat ini cabai terpedas yakni jenis Carolina Reaper dan Trinidad Moruga. Kepedasannya bisa capai dua juta SHU. Lalu sembilan tahun lalu ditemukan cabai pedas lain yakni Bhut Jolokia yang mencapai satu juta SHU.

Bagi Anda pecinta saus tabasco, pedasnya mencapai 1200-1500 SHU, jalapeno hanya sekitar 2.500-5000. Hingga kini yang tak terpedas yakni bell pepper yang kepedasannya nol SHU.




Fokus : Ilmuwan


#Makanan Pedas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 31 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks