Ilmuwan Pertama Penemu Skala Pengukur Kepedasan Cabai

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Jumat, 22 Januari 2016 | 16:00 WIB


IST

Wartakesehatan - Skala Scoville adalah ukuran tentang tingkat kepedasan cabai. Nama Skala Scoville berasal dari Wilbur Scoville, yang mengembangkan Tes Organoleptic Scoville pada 1912. Dan pada hari ini, tampilan Google terlihat menarik dengan gambar seorang pria berbaju putih yang sedang memegang cabai. Dialah orang yang disebut-sebut Wilbur Scoville, ilmuwan yang pertama kali menemukan skala pengukur tingkat kepedasan cabai.

Sebagai suatu penghormatan dan untuk mengenang jasa besarnya, pada hari ini, pada 22 Januari 2016 mesin pencari terbesar ini merayakan hari ulang tahun Wilbur ke-151 lewat Google Doodle.

Tentu semua orang sudah tahu, bahwa cabai itu pedas. Namun dahulu tak ada yang tahu seberapa pedas aneka cabai yang ada di sekitar mereka. Berkat ilmuwan asal Amerika Serikat ditemukan "Scoville organoleptic test". Ini adalah semacam skala untuk mengukur kepedasan cabai yang telah digunakan lebih dari 100 tahun.

Satuan yang digunakan untuk menentukan kepedasan pada cabai menggunakan tanda SHU Scoville Heats Units. Cara mengukurnya dengan menghitung konsentrasi capsaicin yakni komponen pada cabai yang memberi sensasi pedas seperti dikutip laman Telegraph, Jumat (22/1/2016).

Hingga saat ini cabai terpedas yakni jenis Carolina Reaper dan Trinidad Moruga. Kepedasannya bisa capai dua juta SHU. Lalu sembilan tahun lalu ditemukan cabai pedas lain yakni Bhut Jolokia yang mencapai satu juta SHU.

Bagi Anda pecinta saus tabasco, pedasnya mencapai 1200-1500 SHU, jalapeno hanya sekitar 2.500-5000. Hingga kini yang tak terpedas yakni bell pepper yang kepedasannya nol SHU.




Fokus : Ilmuwan


#Makanan Pedas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 34 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks