Manfaat Baru yang Ditemukan Dalam Kandungan Protein ASI

Oleh : Imron Hamzah | health.liputan6.com | Minggu, 24 Januari 2016 | 15:48 WIB



Wartakesehatan - Begitu sangat bermanfaat ASI bagi sang buah hati, untuk memenuhi kebutuuhan Gizinya. Protein dalam ASI dapat di gunakan untuk memerangngi bakteri tertentu, penemuan terbaru oleh dari University College London dan National Physical Laboratory (NPL), bahwa laktoferin efektif membunuh bakteri, virus dan jamur.

Inilah alasan para ibu sebisa mungkin harus memberikan si Kecil ASI eksklusif sampai dia berumur dua tahun. Terutama untuk memerangi penyakit yang kerap dialami seorang bayi di bulan pertama kehidupan mereka.

Setelah mengidentifikasi fragmen, ilmuwan kembali merekayasanya menjadi kapsul virus, supaya dapat mengenali dan menargetkan bakteri tertentu lalu merusaknya tapi tanpa mempengaruhi sel-sel manusia di sekitarnya.

Hasan Alkassem, seorang mahasiswa yang terlibat dalam proyek ini mengatakan, "Kapsul bertindak sebagai proyektil, dengan kecepatan peluru dan efisiensi." Selain membantu memerangi resistensi antibiotik, kapsul itu berguna untuk membuka jalan bagi pengobatan untuk penyakit yang tidak bisa tersembuhkan sebelumnya, seperti cell disease, cystic fibrosis atau Duchenne muscular dystrophy.

Dalam sebuah wawancara dengan The Times, kepala medis di kota Inggris, Dame Sally Davies mengatakan, masih banyak yang harus dilakukan oleh pemerintah dan para ahli untuk mengatasi masalah antibiotik. "Kita perlu rata-rata 10 antibiotik baru setiap satu dekade," kata dia seperti dikutip The Guardian, Minggu (24/1/2016)

"Ini adalah masalah global. Saya optimis tentang hal ini. Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang mungkin. Itu bisa dilakukan," kata Dame yakin.

Colin Garner, profesor kehormatan farmakologi di University of York dan kepala amal antibiotik Research UK mengatakan, situasi itu terlalu mendesak untuk menunggu konsensus internasional. "Pipa obat baru telah mengering dan masalahnya adalah di ambang menjadi 'keras'," katanya kepada The Times.

"Masalah resistensi antibiotik akan setidaknya sebagai keras karena setiap negara mengambil pandangan yang berbeda dari apa yang dibutuhkan." kata dia.

Temuan NPL dilaporkan dalam Royal Society of Chemistry jurnal Chemical Science.




Fokus : ASI


#ASI
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Hal Ini Sangat Baik Dilakukan Di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Berolahraga sangat baik untuk membakar lebih banyak lemak dan membantu metabolisme. Selain itu, ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Cara Efektif Atasi susah Tidur di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Mitos Kesehatan yang Banyak Dipercayai Masyarakat

Wartakesehatan.com - Tak semua informasi yang Anda peroleh belum tentu lengkap dan benar. Apalagi, perkembangan dunia..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Paprika Merah Bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan.com - Sampai berapa umur kita memang hanya Allah yang tahu. Namun sebagai manusia kita harus berusaha agar..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengkonsumsinya

Wartakesehatan.com - Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Banyaknya Manfaat Dari Minyak Zaitun

Wartakesehatan.com - Minyak buah zaitun populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Vitamin A & B dalam Buah Duku Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Buah duku berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand maupun..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Bobot Badan Turun Dengan Minum Air Lemon

Wartakesehatan.com - Konsumsi air panas atau air dingin yang dicampur dengan irisan lemon dipercaya dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Biji Nangka Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya buahnya yang manis, biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Biasanya terlihat dalam menu sayur..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Wajah Awet Muda Cukup dengan Jeruk Nipis

Wartakesehatan.com - Untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan,..

+Indeks