Manfaat Baru yang Ditemukan Dalam Kandungan Protein ASI

Oleh : Imron Hamzah | health.liputan6.com | Minggu, 24 Januari 2016 | 15:48 WIB



Wartakesehatan - Begitu sangat bermanfaat ASI bagi sang buah hati, untuk memenuhi kebutuuhan Gizinya. Protein dalam ASI dapat di gunakan untuk memerangngi bakteri tertentu, penemuan terbaru oleh dari University College London dan National Physical Laboratory (NPL), bahwa laktoferin efektif membunuh bakteri, virus dan jamur.

Inilah alasan para ibu sebisa mungkin harus memberikan si Kecil ASI eksklusif sampai dia berumur dua tahun. Terutama untuk memerangi penyakit yang kerap dialami seorang bayi di bulan pertama kehidupan mereka.

Setelah mengidentifikasi fragmen, ilmuwan kembali merekayasanya menjadi kapsul virus, supaya dapat mengenali dan menargetkan bakteri tertentu lalu merusaknya tapi tanpa mempengaruhi sel-sel manusia di sekitarnya.

Hasan Alkassem, seorang mahasiswa yang terlibat dalam proyek ini mengatakan, "Kapsul bertindak sebagai proyektil, dengan kecepatan peluru dan efisiensi." Selain membantu memerangi resistensi antibiotik, kapsul itu berguna untuk membuka jalan bagi pengobatan untuk penyakit yang tidak bisa tersembuhkan sebelumnya, seperti cell disease, cystic fibrosis atau Duchenne muscular dystrophy.

Dalam sebuah wawancara dengan The Times, kepala medis di kota Inggris, Dame Sally Davies mengatakan, masih banyak yang harus dilakukan oleh pemerintah dan para ahli untuk mengatasi masalah antibiotik. "Kita perlu rata-rata 10 antibiotik baru setiap satu dekade," kata dia seperti dikutip The Guardian, Minggu (24/1/2016)

"Ini adalah masalah global. Saya optimis tentang hal ini. Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang mungkin. Itu bisa dilakukan," kata Dame yakin.

Colin Garner, profesor kehormatan farmakologi di University of York dan kepala amal antibiotik Research UK mengatakan, situasi itu terlalu mendesak untuk menunggu konsensus internasional. "Pipa obat baru telah mengering dan masalahnya adalah di ambang menjadi 'keras'," katanya kepada The Times.

"Masalah resistensi antibiotik akan setidaknya sebagai keras karena setiap negara mengambil pandangan yang berbeda dari apa yang dibutuhkan." kata dia.

Temuan NPL dilaporkan dalam Royal Society of Chemistry jurnal Chemical Science.




Fokus : ASI


#ASI
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks