Rutin Sikat Gigi Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Selasa, 26 Januari 2016 | 21:39 WIB



Wartakesehatan - Menyikat gigi dua kali sehari merupakan hal yang wajib dilakukan, sebab menyikat gigi dapat memberikan banyak manfaat yang berkaitan dengan kesehatan. Tidak hanya kesehatan mulut dan gigi, tapi juga kesehatan organ-organ lain dalam tubuh trmasuk untuk kesehatan jantung.

Kesehatan gigi dan area mulut yang tidak terjaga membuat infeksi dan bakteri pun banyak bermunculan. Nah, bakteri-bakteri ini dapat masuk ke aliran pembuluh darah, kemudian menempel dan lama-kelamaan membentuk gumpalan.

"Pembengkakan yang disebabkan oleh penyakit gusi dapat memicu pembentukan gumpalan. Gumpalan ini mengacaukan aliran darah ke jantung, sehingga pada akhirnya tekanan darah menjadi tinggi dan risiko serangan jantung pun meningkat," ujar Dr Subhash Chandra, dari BLK Super Speciality Hospital di India.

Chandra menceritakan, dirinya pernah merawat pasien yang didiagnosis dengan endokarditis atau infeksi pada lapisan dalam jantung. Setelah diperiksa lebih lanjut, infeksi ini disebabkan oleh bakteri mulut. Endokarditis sendiri diketahui muncul ketika kuman atau bakteri masuk ke aliran darah dan menetap di dalam jantung.

Oleh sebab itu, malas menyikat gigi dapat meningkatkan jumlah bakteri di mulut, yang kemudian dapat berpindah ke jantung dan menyebabkan infeksi.

"Tidak menjaga kesehatan mulut meningkatkan risiko infeksi pada katup jantung, terutama pada mereka yang pernah mengalami gangguan jantung sebelumnya," terang Dr Tapan Ghosh dari Paras Hospitals, India.

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mulut adalah dengan selalu menyikat gigi paling tidak dua kali sehari. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr drg Yosi Kusuma Eriwati, MSi, teknik menyikat dan waktunya juga perlu diperhatikan agar lebih efektif. Bukan saat mandi, menyikat gigi dua kali lebih dianjurkan saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

"Pokoknya sehabis makan, yang penting itu sisa makanan harus hilang dengan cara menyikat gigi. Jeda waktu antara makan pagi dan makan siang kan cukup lama, nah itu kalau ada sisa makanan bisa memungkinkan terjadi aktivitas bakteri lebih banyak," imbuhnya. Lantas sebaiknya kapan seseorang boleh langsung sikat gigi setelah makan?

"Secepat mungkin, jangan ditunggu-tunggu. Paling tidak kumur-kumur agar makanan yang tersisa bisa hilang. Tak perlu dengan obat kumur, dengan air saja cukup. Yang penting, kumur-kumurnya harus betul, benar-benar dikocok supaya sisa-sisa makanannya lepas, jangan asal," tegas drg Yosi.




Fokus : Jantung


#Kesehatan Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 8 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 12 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 15 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks