Bedakan Sakit Maag pada Anak dan Orang Dewasa

Oleh : Dirk/Tribun | Rabu, 27 Januari 2016 | 22:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Banyak orang tua belum mengerti bagaimana membandingkan sakit perut pada anak atau sang anak sedang lapar atau mungkin sang anak mengalami penyakit maag. Hal ini membingungkan karena sang anak belum bisa membedakan rasa sakit yang dialaminya.

Namun orang awam sering mengasosiasikan gejala tersebut sebagai maag. Padahal, maag pada anak-anak tidak sama dengan yang terjadi pada orang dewasa. Perbedaannya, maag pada orang dewasa biasanya bisa sampai mengakibatkan luka lambung.

Menurut situs Kidshealth.org, pada orang dewasa, maag umumnya dipicu oleh pola makan yang tidak teratur. Namun, maag juga bisa disebabkan oleh bakteri yang bersarang di lambung, yaitu Helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri ini bisa memicu infeksi yang menyebabkan peradangan pada dinding lambung (gastritis).

Sedangkan maag pada anak umumnya hanya berupa iritasi lambung, dan ini pun jarang terjadi.

Penyebab iritasi umumnya karena anak mengonsumsi makanan yang sebenarnya belum dapat diterima lambung, semisal makanan pedas.

Nah, meskipun maag pada anak sangat jarang terjadi, anak-anak bisa saja mengalami gejala seperti rasa panas di ulu hati, mual, muntah, nyeri di dada, kehilangan nafsu makan, sering bersendawa, sulit makan, atau fesesnya berdarah. Ini merupakan gejala umum pada penyakit anak, dan tidak selalu berarti maag.

Namun jika gejala ini terlihat, sebaiknya Mama segera membawa si kecil ke dokter untuk dirujuk pada dokter yang berspesialisasi di bidang gastroenterologi (penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan).

Tidak semua anak tahan dengan makanan pedas. Bahkan selain bikin perut perih, makanan pedas bisa berakibat lebih parah, yakni muntah-muntah dan BAB berdarah.

Cara mengatasi:
Sebaiknya bila ada gejala-gejala dispepsia, anak harus diperiksa dan diobati lebih lanjut. Untuk sementara, hindari makanan yang asam berminyak, pedas, dan juga minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan soft drink.

Kafein bisa merangsang pengeluaran asam di lambung dan membuat radang semakin parah. Jika perutnya anak sakit, berikan makanan lunak.




Fokus : Anak


#Sakit Maag
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 20 menit yang lalu

Bahaya, Jika Menelan Permen Karet

Wartakesehatan - Mengunyah permen karet adalah hal yang pernah dilakukan setiap orang, selain itu bagi beberapa orang..
1 jam yang lalu

Lada Hitam kaya akan Antioksidan

Wartakesehatan.com - Lada hitam merupakan salah satu jenis rempah yang digunakan di hampir seluruh sajian makanan. Iada..
Mamin - 2 jam yang lalu

5 Konsep Dasar Pola Makan Sehat

Wartakesehatan.com - Pola makan sehat ini perlu kita jaga, karena banyak sekali hal yang mengancam kesehatan kita dari apa..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Langkah Efektif Tingkatkan IQ

Wartakesehatan - Meskipun tingkat kecerdasan intelektual terdapat batasan alami, namun penelitian terbaru telah..
Mamin - 4 jam yang lalu

No Title

Kecantikan - 5 jam yang lalu

Awas, Stres bisa Merusak Kulit dan Rambut

Wartakesehatan.com - Stress merupakan dimana seseorang dalam keadaan sedih karena masalah yang dihadapinya. Kondisi ini..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Beberapa Penyakit Pertanda Anda sedang Stres

Wartakesehatan.com - Apa kamu merasa ada yang aneh dengan tubuhmu, seperti migrain, nyeri sendi, dan pencernaan..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Gejala Sindrom Kelelahan Kronis

Wartakesehatan.com - Chronic Fatigue Syndrome atau sindrom kelelahan kronis adalah penyakit kronis yang kompleks dan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

4 Cara Tetap Berenergi Selama Sehari

Wartakesehatan.com - Bekerja penuh dari pagi membuat energy surut saat siang hari, sehingga menyebabkan rasa kantuk dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Warna Air Kencing bisa Deteksi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ketika anda sedang berada di toilet untuk buang air kecil, apakah Anda selalu menyempatkan diri untuk..

+Indeks