Bedakan Sakit Maag pada Anak dan Orang Dewasa

Oleh : Dirk/Tribun | Rabu, 27 Januari 2016 | 22:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Banyak orang tua belum mengerti bagaimana membandingkan sakit perut pada anak atau sang anak sedang lapar atau mungkin sang anak mengalami penyakit maag. Hal ini membingungkan karena sang anak belum bisa membedakan rasa sakit yang dialaminya.

Namun orang awam sering mengasosiasikan gejala tersebut sebagai maag. Padahal, maag pada anak-anak tidak sama dengan yang terjadi pada orang dewasa. Perbedaannya, maag pada orang dewasa biasanya bisa sampai mengakibatkan luka lambung.

Menurut situs Kidshealth.org, pada orang dewasa, maag umumnya dipicu oleh pola makan yang tidak teratur. Namun, maag juga bisa disebabkan oleh bakteri yang bersarang di lambung, yaitu Helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri ini bisa memicu infeksi yang menyebabkan peradangan pada dinding lambung (gastritis).

Sedangkan maag pada anak umumnya hanya berupa iritasi lambung, dan ini pun jarang terjadi.

Penyebab iritasi umumnya karena anak mengonsumsi makanan yang sebenarnya belum dapat diterima lambung, semisal makanan pedas.

Nah, meskipun maag pada anak sangat jarang terjadi, anak-anak bisa saja mengalami gejala seperti rasa panas di ulu hati, mual, muntah, nyeri di dada, kehilangan nafsu makan, sering bersendawa, sulit makan, atau fesesnya berdarah. Ini merupakan gejala umum pada penyakit anak, dan tidak selalu berarti maag.

Namun jika gejala ini terlihat, sebaiknya Mama segera membawa si kecil ke dokter untuk dirujuk pada dokter yang berspesialisasi di bidang gastroenterologi (penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan).

Tidak semua anak tahan dengan makanan pedas. Bahkan selain bikin perut perih, makanan pedas bisa berakibat lebih parah, yakni muntah-muntah dan BAB berdarah.

Cara mengatasi:
Sebaiknya bila ada gejala-gejala dispepsia, anak harus diperiksa dan diobati lebih lanjut. Untuk sementara, hindari makanan yang asam berminyak, pedas, dan juga minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan soft drink.

Kafein bisa merangsang pengeluaran asam di lambung dan membuat radang semakin parah. Jika perutnya anak sakit, berikan makanan lunak.




Fokus : Anak


#Sakit Maag
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
2 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks