8 Khasiat Garam yang akan Membuat Anda Terkejut!

Oleh : Dirk/Merdeka | Jumat, 29 Januari 2016 | 14:02 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Siapa sih yang tidak mengenal garam? dari anak kecil hingga orang dewasa pasti mengetahui garam serta fungsinya. Ya, garam selalu menghiasi setiap dapur, bagaimana tidak garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat populer yang sering digunakan guna memberikan rasa asin pada sebuah cita rasa.

Asalakan tidak dikonsumsi secara berlebihan, garam juga bisa menyembuhkah beberapa masalah penyakit. Garam atau yang juga dikenal sebagai natrium klorida ini sebenarnya memiliki fungsi untuk mengontrol berat badan serta memaksimalkan fungsi kelenjar tiroid. Garam juga akan mencegah defisiensi magnesium karena membantu untuk mempertahankan mineral dalam tubuh.

Selain manfaat tersebut, berikut adalah khasiat lainnya dari garam untuk kesehatan tubuh Anda seperti dilansir dari boldsky.com.

Menurunkan berat badan
Garam bermanfaat untuk menurunkan berat badan? Anda pasti tidak percaya akan hal ini. Namun beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi garam dalam jumlah yang wajar bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme. Hal ini berarti bahwa makanan yang ada dalam tubuh Anda tidak akan disimpan menjadi lemak, namun menjadi sumber energi. 
Selain itu, garam juga akan menurunkan kadar kortisol yang dipercaya bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan fungsi tiroid

Manusia memiliki kelenjar tiroid di dalam tubuhnya. Dan mengonsumsi garam akan bermanfaat untuk meningkatkan kerja hormon tiroid yang bermanfaat untuk mencegah sekresi hormon kortisol atau hormon stres.

Mencegah diabetes
Adanya garam di dalam tubuh ternyata bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah secara efektif. Terkadang resistensi insulin ini bisa membuat Anda terkena diabetes. Oleh karena itu garam berfungsi untuk menyeimbangkannya.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Di dalam sistem pencernaan Anda juga ada asam yang disebut dengan asam klorida. Asam klorida ini ternyata buruk untuk pencernaan Anda sebab mampu membuat perut jadi kembung dan bergas. Namun dengan adanya garam yang Anda konsumsi, maka kandungan asam ini akan dinetralisir.

Membuat tidur jadi nyenyak
Ingin tidur Anda lebih nyenyak malam ini? Tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan dengan rasa asin. Sebab garam akan meningkatkan sistem metabolisme dan mencegah sekresi hormon stres dalam tubuh. Sehingga pikiran dan tubuh Anda jadi lebih rileks dan tidur pun akan lebih nyenyak.

Mengurangi kematian dini
Mengurangi makanan mengandung garam memang penting. Namun jangan terlalu ekstrim juga. Sebab penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi garam kurang dari 2.300 mg per hari memiliki angka kematian dini lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Mencegah tubuh kedinginan
Makan garam bermanfaat untuk mencegah sekresi adrenalin dalam tubuh. Sekresi adrenalin ini berfungsi sebagai alat pertahanan tubuh saat berada di bawah tekanan atau stres. Hasilnya Anda akan menggigil serta terjadi peningkatan detak jantung.

Mengobati alergi
Anda memiliki alergi? Jangan khawatir sebab garam akan menyembuhkannya. Ya, memercikan air garam di lidah ternyata bermanfaat untuk mencegah serangan asma atau alergi dingin.




Fokus : Garam


#Garam
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks