Pasien Kanker Publikasikan Foto Puting Guna Mengedukasi Masyarakat

Oleh : Ilham Moestavi | lifestyle.okezone.com | Selasa, 02 Pebruari 2016 | 17:30 WIB


IST

Wartakesehatan - Rowena Kincaid adalah salah seorang pasien kanker payudara stadium akhir. Dirinya mempublikasikan foto kanker di putingnya melalui media sosial. Niatnya tidak lain hanya untuk mengedukasi masyarakat tentang gejala kanker yang perlu diwaspadai setiap wanita.

Rowena Kincaid didiagnosa dengan kanker saat berusia 33 tahun. Wanita yang kini berusia 40 tahun tersebut telah menjalani operasi dan kemoterapi, namun kankernya kembali muncul dan dia mendapat diagnosis kanker stadium akhir pada Oktober 2013.

“Warna satu puting payudaraku menjadi lebih terang dari yang lain. Ini karena tumor yang ada di baliknya menyedot darah di sekitarnya untuk memberi makan dirinya sendiri, sehingga warnanya lebih terang,” tulisnya dalam postingan di Facebook bersama fotonya.

Seperti dilansir dari Walesonline, Selasa (2/2/2016), Rowena memposting foto payudara kanannya yang menunjukkan ruam merah di sekitar putingnya pada 23 Januari. Tapi dalam beberapa jam, ia mengunci akunnya karena banyak orang yang memintanya untuk menghapus fotonya karena dianggap tidak senonok.

“Ini sangat disayangkan. Facebook secara otomatis menerima laporan tanpa melihat gambar aslinya. Aku tidak bermaksud mengganggu siapa pun. Gambar ini nampak seperti yang ada di jurnal medis. Aku hanya berharap gambar ini bisa menyelamatkan banyak jiwa,” kata wanita asal Cardiff tersebut.

Ia menambahkan, gambar tersebut ia bagikan untuk menunjukkan bahwa kanker payudara tidak hanya dapat diketahui dari benjolan. Kerutan, puting masuk ke dalam, rasa sakit, atau ruam juga adalah tanda-tanda lain dari kanker payudara.

"Ruam kanker tidak hanya akan ditemukan di dada, tapi juga sekitar puting. Ruam seperti itu juga dapat mulai dari ukuran yang sangat kecil dan terkadang sult dikenali, tetapi setiap ruam pada payudara atau dada yang tidak hilang atau yang tampak terus bertumbuh, harus diselidiki," pesan wanita yang kini akan menjalani perawatan paliatif.




Fokus : Kanker payudara


# Kanker Payudara
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 3 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 3 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 4 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
5 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..
Herbal - 6 jam yang lalu

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Minum air kelapa dapat menjadi pilihan yang menarik, dibanding minuman lain saat cuaca sedang panas. Dengan..
Seks - 7 jam yang lalu

Bercinta Saat Menstruasi,Inilah Fakta-Faktanya

Wartakesehatan.com-Berhubungan seksual saat menstruasi memang menuai pro dan kontra. Menurut kepercayaan tertentu di..
Seks - 7 jam yang lalu

Risiko dan Bahaya Dibalik Seks Anal

Wartakesehatan.com-Seks anal kadang dilakukan untuk meningkatkan kepuasan seksual atau pun menghindari kehamilan. Bagi beberapa..

+Indeks