4 Tanaman yang Meningkatkan Kualitas Otak jadi Sehat

Oleh : Dirk | Merdeka | Selasa, 02 Pebruari 2016 | 20:37 WIB



Wartakesehatan - Dari zaman dahulu Indonesia dijajah karena hasil rempah-rempah yang begitu melimpah. Rempah-rempah banyak digunakan sebagai produk untuk campuran bumbu memasak maupun untuk menghasilkan jamu dan juga baik bagi kesehatan. Selain rempah-rempah ada juga tanaman herbal yang juga baik bagi kesehatan.

Tak hanya membuat masakan menjadi lezat, tanaman ini ternyata menyimpan manfaat yang sangat disukai oleh otak. Melansir dari prevention.com, berikut ini merupakan deretan empat makanan yang buat otak kamu makin sehat.

1. Peterseli

Sebuah studi yang datang dari Brasil menemukan bahwa flavonoid dalam peterseli yang disebut dengan apigenin mampu memperkuat hubungan antara neuron dan stem sel. Para peneliti berasumsi bahwa mengonsumsi makanan kaya apigenin (seperti peterseli) dapat memengaruhi pembentukan sel otak dan komunikasi,sekaligus mencegah depresi, alzheimer dan parkinson.

2. Chamomile

Seperti halnya apigenin, chamomile mengandung senyawa yang mengikat reseptor bahan kimia otak tertentu, sehingga mampu mengurangi kecemasan. Jadi,jika kamu menghilangkan stres dan kecemasan, maka secangkir chamomile hangat adalah jawabannya.

3. Kunyit

Senyawa dalam kunyit membantu membersihkan plak otak yang merupakan gejala awal dari alzheimer. KUnyit membantu meningkatkan kerja makrofag yang berfungsi menghancurkan partikel asing yang masuk dalam tubuh. Sedangkan pada penderita alzheimer, makrofag tak dapat bekerja dengan baik.

4. Bawang putih

Meskipun masih belum memiliki efek menyembuhkan, tetapi para peneliti menemukan bahwa bawang putih memainkan peran dalam membasmi sel kanker. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 tersebut menemukan bahwa senyawa dalam bawang putih mampu membunuh sel kanker yang tumbuh dalam cawan petri.




Fokus : Otak


#Otak #Tanaman
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
13 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks