Apakah Ibu Hamil yang Menderita Wasir Bisa Bersalin Normal?

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Rabu, 03 Pebruari 2016 | 13:00 WIB


IST

Wartakesehatan - Wasir alias ambeien adalah pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) di daerah sekitar anus. Peradangan di dalam atau luar anus ini terjadi karena sulitnya proses pembuangan “sampah” metabolisme. Akibatnya, Anda terpaksa mengejan setiap kali buang air besar. Repotnya jika wasir terjadi saat Anda hamil.

Namun jika wasir terjadi saat hamil, apa berarti nantinya ibu hamil tidak bisa bersalin secara normal? Nah, menurut dr Hari Nugroho SpOG, memiliki wasir bukan berarti ibu hamil tidak boleh melakukan persalinan normal. Wasir yang muncul pada keadaan hamil pun bukan indikasi absolut untuk harus operasi, demikian dikatakan dr Hari.

Meskipun, ia tidak menampik bahwa proses mengejan saat persalinan dapat meningkatkan derajat keparahan wasir. Pada kasus wasir yang berat, lanjut dr Hari, dokter kandungan akan mengonsulyasikan pasien ke dokter bedah untuk diketahui apakah perlu dilakukan tindakan atau tidak. Kemudian, apakah ibu boleh mengejan atau tidak.

"Pada umumnya wasir yang terjadi saat hamil tidak mengakibatkan ibu harus bersalin dengan caesar.sehingga ibu masih bisa bersalin normal," kata dokter yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya.

dr Hari mengungkapkan sejatinya kehamilan mengakibatkan meningkatnya jumlah darah yang ada di dalam pembuluh darah. Sehingga, tekanan hidrostatik yang ditanggung pembuluh darah pun meningkat. Akibatnya, seringkali terjadi bengkak di beberapa organ tubuh seperti tungkai dan salah satunya adalah wasir.

Dikatakan dr Hari, peningkatan tekanan di pembuluh darah balik inilah yang menyebabkan terjadi peningkatan insiden terjadinya wasir pada ibu hamil bahkan pada ibu hamil yang sebelum hamil tidak ada keluhan sama sekali. Namun, apabila wasir sudah muncul sebelum ibu mengandung, seringkali derajat keparahan wasir akan meningkat saat hamil.

"Tidak perlu khawatir, seringkali wasir ini akan kembali normal seperti keadaan seperti sebelum hamil sekitar 40 hari pasca melahirkan. Penting juga untuk diingat agar derajat wasir tidak main parah, jaga pola makan dengan memperbanyak konsumsi serat supaya pada saat buang air besar ibu tidak mengejan terlalu keras sehingga semakin meningkatkan tekanan di pembuluh darah balik," terang dr Hari.

Apabila wasir masih menyebabnya nyeri, boleh diberikan obat anti nyeri sesuai dengan petunjuk dokter. Jika wasir dirasa sudah terlalu parah oleh si ibu, bolehkah ia menjalani operasi?

"Dalam kasus wasir yang semakin parah, misalnya benjolan keluar dan tidak bisa masuk lagi dan nyeri hebat atau perdarahan hebat, maka mau tidak mau harus dilakukan tindakan, walaupun sedang hamil. Tapi, indikasi dan pemilihan jenis operasi menjadi kewenangan dokter bedah sehingga dokter kandungan akan melakukan konsultasi ke dokter spesialis bedah untuk memastikan tindakan yang harus diambil," pungkas dr Hari.




Fokus : Hamil


#Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 2 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks