Ibu Hamil Derita Obesitas dan Diabetes Berisiko punya Anak Autis

Oleh : Dirk/suara | Rabu, 03 Pebruari 2016 | 17:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Percaya atau tidak namun sebuah penelitian terbaru mengatakan ada hubungan antara diabetes maupun obesitas dengan bayi yang lahir dalam kondisi autisme.

Hal ini ditemukan oleh peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini menyoroti tingkat autisme dan kecacatan intelektual pada 2700 anak-anak. Temuan menunjukkan bahwa anak yang lahir dari seorang ibu obesitas, didiagonosis hampir dua kali lipat lebih melahirkan anak yang memiliki autisme.

M. Daniele Fallin selaku peneliti utama mengatakan obesitas dan diabetes dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga pada gilirannya dapat memberikan kontribusi pada perkembangan autisme pada anak.

"Kedua kondisi ini juga bisa memicu peradangan yang dapat membahayakan otak janin yang dikandung, salah satunya memicu kondisi autisme," ujarnya.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti turut mengamati berat badan bumil dan melakukan wawancara terkait gaya hidup mereka. Usai kelahiran mereka juga ditanyai mengenai kondisi sang buah hati.

Dari hasil penelitian didapati bahwa 102 anak yang lahir dari bumil dengan bobot tubuh besar dan menderita diabetes, mengalami autisme.

Atas dasar inilah peneliti mengimbau agar bumil tetap mengontrol bobot tubuhnya dan menjaga agar kadar gula darah tetap normal selama kehamilan.




Fokus : Ibu Hamil


#Anak #Diabetes #Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks