Ibu Hamil Derita Obesitas dan Diabetes Berisiko punya Anak Autis

Oleh : Dirk/suara | Rabu, 03 Pebruari 2016 | 17:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Percaya atau tidak namun sebuah penelitian terbaru mengatakan ada hubungan antara diabetes maupun obesitas dengan bayi yang lahir dalam kondisi autisme.

Hal ini ditemukan oleh peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini menyoroti tingkat autisme dan kecacatan intelektual pada 2700 anak-anak. Temuan menunjukkan bahwa anak yang lahir dari seorang ibu obesitas, didiagonosis hampir dua kali lipat lebih melahirkan anak yang memiliki autisme.

M. Daniele Fallin selaku peneliti utama mengatakan obesitas dan diabetes dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga pada gilirannya dapat memberikan kontribusi pada perkembangan autisme pada anak.

"Kedua kondisi ini juga bisa memicu peradangan yang dapat membahayakan otak janin yang dikandung, salah satunya memicu kondisi autisme," ujarnya.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti turut mengamati berat badan bumil dan melakukan wawancara terkait gaya hidup mereka. Usai kelahiran mereka juga ditanyai mengenai kondisi sang buah hati.

Dari hasil penelitian didapati bahwa 102 anak yang lahir dari bumil dengan bobot tubuh besar dan menderita diabetes, mengalami autisme.

Atas dasar inilah peneliti mengimbau agar bumil tetap mengontrol bobot tubuhnya dan menjaga agar kadar gula darah tetap normal selama kehamilan.




Fokus : Ibu Hamil


#Diabetes #Anak #Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
9 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks