Ibu Hamil Derita Obesitas dan Diabetes Berisiko punya Anak Autis

Oleh : Dirk/suara | Rabu, 03 Pebruari 2016 | 17:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Percaya atau tidak namun sebuah penelitian terbaru mengatakan ada hubungan antara diabetes maupun obesitas dengan bayi yang lahir dalam kondisi autisme.

Hal ini ditemukan oleh peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini menyoroti tingkat autisme dan kecacatan intelektual pada 2700 anak-anak. Temuan menunjukkan bahwa anak yang lahir dari seorang ibu obesitas, didiagonosis hampir dua kali lipat lebih melahirkan anak yang memiliki autisme.

M. Daniele Fallin selaku peneliti utama mengatakan obesitas dan diabetes dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga pada gilirannya dapat memberikan kontribusi pada perkembangan autisme pada anak.

"Kedua kondisi ini juga bisa memicu peradangan yang dapat membahayakan otak janin yang dikandung, salah satunya memicu kondisi autisme," ujarnya.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti turut mengamati berat badan bumil dan melakukan wawancara terkait gaya hidup mereka. Usai kelahiran mereka juga ditanyai mengenai kondisi sang buah hati.

Dari hasil penelitian didapati bahwa 102 anak yang lahir dari bumil dengan bobot tubuh besar dan menderita diabetes, mengalami autisme.

Atas dasar inilah peneliti mengimbau agar bumil tetap mengontrol bobot tubuhnya dan menjaga agar kadar gula darah tetap normal selama kehamilan.




Fokus : Ibu Hamil


#Diabetes #Anak #Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 3 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 13 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 20 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks