Saat Hamil Hindari Posisi Duduk Seperti Ini!

Oleh : Ilham Moestavi | suara.com | Sabtu, 06 Pebruari 2016 | 20:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Saat hamil banyak hal yang harus diperhatikan guna menjaga kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan, termasuk posisi duduk. Meski terdengar sepele, posisi duduk ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar pada ibu dan janin.

Posisi duduk memang banyak macamnya. Meski tidak dilakukan dalam waktu yang lama, tapi tetap bisa menimbulkan risiko kesehatan. Lantas, posisi duduk yang seperti apa yang tidak dianjurkan selama kehamilan? Berikut penjelasannya seperti dilansir www.babycenter.com.

1. Duduk membungkuk
Saat sedang santai di rumah, menonton tv atau mendengarkan radio, mungkin Bunda tidak sadar jika sedang dalam posisi membungkuk. Namun perlu diketahui bahwa posisi duduk ini merupakan salah satu posisi duduk yang tidak baik dilakukan saat hamil.

Ini dikarenakan ketika duduk dengan posisi membungkuk, maka tubuh akan mengalami ketegangan terutama di bagian sumsum tulang belakang. Karena ketegangan yang terjadi, maka sebagai efeknya tubuh tidak akan mampu menahan berat badan Anda yang cenderung meningkat ketika sedang hamil.

Tidak hanya itu, badan yang membungkuk akan membahayakan janin lantaran akan tertekan dengan posisi Bunda yang membungkuk.

2. Duduk dengan kaki menggantung
Saat duduk di kursi yang terlalu tinggi atau saat selonjoran di sofa yang terlalu pendek, posisi duduk dengan kaki menggantung pasti tidak bisa dihindari. Padahal, posisi tersebut tidak baik bagi ibu hamil. Mengapa? Karena, duduk dengan posisi ini bisa membuat aliran darah menuju ke kaki semakin meningkat. Peningkatan ini akan menyebabkan kaki mengalami pembengkakan.

3. Duduk tanpa sandaran
Selain duduk dalam posisi membungkuk dan kaki menggantung, duduk tanpa sandaran juga sama berbahaya bagi ibu hamil. Ini dikarenakan duduk tanpa sandaran bisa membuat tubuh tidak sadar jika dalam posisi membungkuk.

Padahal posisi tubuh yang membungkuk bisa menyebabkan ketegangan di dalam tubuh menjadi meningkat terutama di bagian tulang punggung.

4. Setengah duduk
Posisi duduk berbahaya lainnya bagi ibu hamil adalah posisi setengah duduk. Posisi ini banyak dilakukan saat berada di atas tempat tidur. Bahaya dari posisi duduk ini sama dengan posisi tubuh membungkuk, karena bisa menyebabkan tekanan di sumsum bagian tulang belakang.




Fokus : Ibu Hamil


#Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks