4 Posisi Duduk yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Oleh : Dirk/suara | Senin, 08 Pebruari 2016 | 13:37 WIB



Wartakesehatan - Bagi ibu hamil memang sangat penting menjaga kondisi kesehatan kehamilan. Selain makanan dan olahraga ternyata posisi duduk juga bisa pengaruhi janin dan kandungan.

Posisi duduk memang banyak macamnya. Meski tidak dilakukan dalam waktu yang lama, tapi tetap bisa menimbulkan risiko kesehatan. Lantas, posisi duduk yang seperti apa yang tidak dianjurkan selama kehamilan? Berikut penjelasannya seperti dilansir www.babycenter.com.

1. Duduk membungkuk
Saat sedang santai di rumah, menonton tv atau mendengarkan radio, mungkin Bunda tidak sadar jika sedang dalam posisi membungkuk. Namun perlu diketahui bahwa posisi duduk ini merupakan salah satu posisi duduk yang tidak baik dilakukan saat hamil.

Ini dikarenakan ketika duduk dengan posisi membungkuk, maka tubuh akan mengalami ketegangan terutama di bagian sumsum tulang belakang. Karena ketegangan yang terjadi, maka sebagai efeknya tubuh tidak akan mampu menahan berat badan Anda yang cenderung meningkat ketika sedang hamil. 

Tidak hanya itu, badan yang membungkuk akan membahayakan janin lantaran akan tertekan dengan posisi Bunda yang membungkuk.

2. Duduk dengan kaki menggantung
Saat duduk di kursi yang terlalu tinggi atau saat selonjoran di sofa yang terlalu pendek, posisi duduk dengan kaki menggantung pasti tidak bisa dihindari. Padahal, posisi tersebut tidak baik bagi ibu hamil. Mengapa? Karena, duduk dengan posisi ini bisa membuat aliran darah menuju ke kaki semakin meningkat. Peningkatan ini akan menyebabkan kaki mengalami pembengkakan.

3. Duduk tanpa sandaran
Selain duduk dalam posisi membungkuk dan kaki menggantung, duduk tanpa sandaran juga sama berbahaya bagi ibu hamil. Ini dikarenakan duduk tanpa sandaran bisa membuat tubuh tidak sadar jika dalam posisi membungkuk. 

Padahal posisi tubuh yang membungkuk bisa menyebabkan ketegangan di dalam tubuh menjadi meningkat terutama di bagian tulang punggung.

4. Setengah duduk
Posisi duduk berbahaya lainnya bagi ibu hamil adalah posisi setengah duduk. Posisi ini banyak dilakukan saat berada di atas tempat tidur. Bahaya dari posisi duduk ini sama dengan posisi tubuh membungkuk, karena bisa menyebabkan tekanan di sumsum bagian tulang belakang.




Fokus : Ibu Hamil


#Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks