Alergi Gatal Jika Kena Guncangan

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Senin, 08 Pebruari 2016 | 21:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Gatal-gatal pada area tubuh tertentu mungkin merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun jika gatal tersebut terjadi akibat seseorag merasakan guncangan atau getaran, kondisi tersebut bisa dikategorikan sebagai jenis alergi langka. Hanya dengan melakukan aktivitas lari, tepuk tangan, atau bahkan sekadar naik kendaraan bisa memicu gatal-gatal bagi pengidapnya.

Sekelompok ilmuwan tengah menyelidiki alaergi langka yang diduga berhubungan dengan mutasi genetik. Vibratory urtikaria, demikian alergi tersebut dinamakan, menyebabkan ruam di kulit dengan mekanisme yang sama seperti jenis alergi lainnya.

"Menginvestigasi gangguan langka seperti vibration urticaria bisa mengungkap hal penting tentang bagaimana sistem imun berfungsi dan bagaimana reaksinya terhadap pemicu tertentu," kata Dr Anthony Fauci, direktur Narional Ainstitute of Alergy and Infectious Diseases, dikutip dari Dailymail, Senin (8/2/2016).

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengamati 3 keluarga. Pada ketiga keluarga tersebut, gejala alergi terhadap getaran dan guncangan dialami oleh lintas generasi.

Hasil pengamatan menunjukkan adanya mutasi gen ADGRE 2 pada anggita keluarga yang mengalami alergi tersebut. Mutasi serupa tidak ditemukan pada orang-orang yang tidak mempunyai riwayat vibration urticaria.

"Penelitian ini menandai, sejauh kami tahu, sebagai yang pertama mengidentifikasi basus genetik pada gatal-gatal yang dimediasi mast-cell, yang dipicu oleh rangsang mekanis," kata Dean Metcalfe, ilmuwan dari Laborartory of Allergic Diseases yang terlibat dalam penelitian ini.




Fokus : Alergi


#Alergi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 50 menit yang lalu

5 Buah Segar ini dapat Membersihkan Usus

Wartakesehatan.com - Usus manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan kaya serat. Karena itu merupakan salah satu..
Herbal - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lengkuas

Wartakesehatan.com - Lengkuas masuk dalam keluarga jahe, dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,..
Mamin - 2 jam yang lalu

4 Cara Baik untuk Tahan Rasa Lapar

Wartakesehatan.com - Cara ampuh mengatasi rasa lapar yakni dengan makan. Padahal makan terus menerus untuk sebagian besar..
Obat & Penyakit - 3 jam yang lalu

Awas, Patah Hati Kini Jadi Penyakit

Wartakesehatan.com - hati kadang muncul karena adanya masalah dalam hubungan percintaan seseorang. Ternyata patah..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Keetahui Mitos tentang Obesitas

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan)...
5 jam yang lalu

Ingin Anak Gemuk Coba Konsumsi 4 Makanan ini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri disaat banyak anak lain mengalami obesitas, malah ada beberapa anak yang tipenya susah..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Kanker Payudara Harus Dicegah Sejak Dini

Wartakesehatan - Di Indonesia sendiri kanker payudara menduduki peringkat 2 terbanyak setelah kanker rahim. Mayoritas kanker..
Mamin - 7 jam yang lalu

Minum Teh Jahe bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Wartakesehatan - Air jahe mungkin bagi sebagian orang adalah minuman favorit saat sedang merasa tidak enak badan. Selain itu..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Kenali, 5 Manfaat Daun Pandan

Wartakesehtan.com - Daun pandan biasa nya di jadikan pewangi atau pewarna makanan untuk makanan ataupun minuman. Pandan..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Ini Gejala Awal Demensia, Waspadalah!

Wartakesehatan - Demensia adalah salah satu penyakit yang umum diketahui menyerang orang diusia lanjut. Masih banyak orang..

+Indeks