Alergi Gatal Jika Kena Guncangan

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Senin, 08 Pebruari 2016 | 21:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Gatal-gatal pada area tubuh tertentu mungkin merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun jika gatal tersebut terjadi akibat seseorag merasakan guncangan atau getaran, kondisi tersebut bisa dikategorikan sebagai jenis alergi langka. Hanya dengan melakukan aktivitas lari, tepuk tangan, atau bahkan sekadar naik kendaraan bisa memicu gatal-gatal bagi pengidapnya.

Sekelompok ilmuwan tengah menyelidiki alaergi langka yang diduga berhubungan dengan mutasi genetik. Vibratory urtikaria, demikian alergi tersebut dinamakan, menyebabkan ruam di kulit dengan mekanisme yang sama seperti jenis alergi lainnya.

"Menginvestigasi gangguan langka seperti vibration urticaria bisa mengungkap hal penting tentang bagaimana sistem imun berfungsi dan bagaimana reaksinya terhadap pemicu tertentu," kata Dr Anthony Fauci, direktur Narional Ainstitute of Alergy and Infectious Diseases, dikutip dari Dailymail, Senin (8/2/2016).

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengamati 3 keluarga. Pada ketiga keluarga tersebut, gejala alergi terhadap getaran dan guncangan dialami oleh lintas generasi.

Hasil pengamatan menunjukkan adanya mutasi gen ADGRE 2 pada anggita keluarga yang mengalami alergi tersebut. Mutasi serupa tidak ditemukan pada orang-orang yang tidak mempunyai riwayat vibration urticaria.

"Penelitian ini menandai, sejauh kami tahu, sebagai yang pertama mengidentifikasi basus genetik pada gatal-gatal yang dimediasi mast-cell, yang dipicu oleh rangsang mekanis," kata Dean Metcalfe, ilmuwan dari Laborartory of Allergic Diseases yang terlibat dalam penelitian ini.




Fokus : Alergi


#Alergi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks