Alergi Gatal Jika Kena Guncangan

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Senin, 08 Pebruari 2016 | 21:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Gatal-gatal pada area tubuh tertentu mungkin merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun jika gatal tersebut terjadi akibat seseorag merasakan guncangan atau getaran, kondisi tersebut bisa dikategorikan sebagai jenis alergi langka. Hanya dengan melakukan aktivitas lari, tepuk tangan, atau bahkan sekadar naik kendaraan bisa memicu gatal-gatal bagi pengidapnya.

Sekelompok ilmuwan tengah menyelidiki alaergi langka yang diduga berhubungan dengan mutasi genetik. Vibratory urtikaria, demikian alergi tersebut dinamakan, menyebabkan ruam di kulit dengan mekanisme yang sama seperti jenis alergi lainnya.

"Menginvestigasi gangguan langka seperti vibration urticaria bisa mengungkap hal penting tentang bagaimana sistem imun berfungsi dan bagaimana reaksinya terhadap pemicu tertentu," kata Dr Anthony Fauci, direktur Narional Ainstitute of Alergy and Infectious Diseases, dikutip dari Dailymail, Senin (8/2/2016).

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengamati 3 keluarga. Pada ketiga keluarga tersebut, gejala alergi terhadap getaran dan guncangan dialami oleh lintas generasi.

Hasil pengamatan menunjukkan adanya mutasi gen ADGRE 2 pada anggita keluarga yang mengalami alergi tersebut. Mutasi serupa tidak ditemukan pada orang-orang yang tidak mempunyai riwayat vibration urticaria.

"Penelitian ini menandai, sejauh kami tahu, sebagai yang pertama mengidentifikasi basus genetik pada gatal-gatal yang dimediasi mast-cell, yang dipicu oleh rangsang mekanis," kata Dean Metcalfe, ilmuwan dari Laborartory of Allergic Diseases yang terlibat dalam penelitian ini.




Fokus : Alergi


#Alergi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Hal Ini Sangat Baik Dilakukan Di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Berolahraga sangat baik untuk membakar lebih banyak lemak dan membantu metabolisme. Selain itu, ada..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Efektif Atasi susah Tidur di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Mitos Kesehatan yang Banyak Dipercayai Masyarakat

Wartakesehatan.com - Tak semua informasi yang Anda peroleh belum tentu lengkap dan benar. Apalagi, perkembangan dunia..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Konsumsi Paprika Merah Bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan.com - Sampai berapa umur kita memang hanya Allah yang tahu. Namun sebagai manusia kita harus berusaha agar..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengkonsumsinya

Wartakesehatan.com - Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Banyaknya Manfaat Dari Minyak Zaitun

Wartakesehatan.com - Minyak buah zaitun populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Vitamin A & B dalam Buah Duku Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Buah duku berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand maupun..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bobot Badan Turun Dengan Minum Air Lemon

Wartakesehatan.com - Konsumsi air panas atau air dingin yang dicampur dengan irisan lemon dipercaya dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Biji Nangka Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya buahnya yang manis, biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Biasanya terlihat dalam menu sayur..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wajah Awet Muda Cukup dengan Jeruk Nipis

Wartakesehatan.com - Untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan,..

+Indeks