Gigitan Kutu Bisa Sebabkan Seseorang Alergi Daging Merah

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Selasa, 09 Pebruari 2016 | 19:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Terdapat banyak sekali hal yang bisa menimbulkan reaksi alergi dari dalam maupun luar tubuh, mulai dari alergi yang umumnya sering terjadi hingga alergi yang langka. Namun, semua jenis alergi tersebut pada intinya sama-sama disebabkan karena terjadinya respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh.

Mengapa sistem imun bisa berubah ganas masih menjadi misteri, namun satu hal yang diketahui adalah terkadang reaksi tersebut bisa dipicu. Salah satunya adalah alergi daging merah karena gigitan kutu Ixodes holocyclus yang dikenal dengan nama paralysis tick (kutu lumpuh).

Sesuai namanya, gigitan dari kutu Ixodes dapat membuat kelumpuhan karena ia menyuntikkan racun saraf. Biasanya kelumpuhan ini terjadi pada hewan dan tak terlalu berpengaruh pada manusia.

Namun terkadang pada beberapa kasus kombinasi racun dari kutu dan protein mamalia yang ada, dalam hal ini daging merah, dapat memicu reaksi alergi hebat.

Ahli alergi dari Royal North Shore Hospital, Australia, Sheryl van Nunen mengatakan awalnya kondisi tersebut tak dikenal. Baru mulai diketahui pada awal tahun 2.000 ketika mulai banyak orang datang menemui dokter dengan alergi daging merah dan memiliki latar belakang cerita sama.

"Mereka sebelumnya makan dan kemudian terbangun dari tidur karena mengalami anaphylaxis atau reaksi alergi berat sekitar satu setengah jam kemudian. Mereka tak tahu apa penyebabnya," kata Sheryl seperti dikutip dari BBC pada Selasa (9/2/2016).

Pemeriksaan lebih jauh menunjukkan bahwa para pasiennya punya kemiripan lain yaitu ada reaksi alergi lokal terhadap gigitan kutu. Bila biasanya bekas gigitan kutu hanya membuat bentol kecil, maka pada pasien bentol yang terjadi bisa memiliki diameter antara 10-15 sentimeter.

Namun Sheryl menegaskan tak semua orang yang digigit oleh kutu berarti akan memiliki alergi. Mengapa ini bisa terjadi pastinya belum diketahui namun ilmuwan bisa menjelaskan bahwa ada perubahan pada sistem imun ketika racun kutu masuk ke dalam tubuh.

Racun tersebut membuat sistem imun bereaksi terhadap karbohidrat bernama Alpha-gal yang ada pada semua mamalia kecuali primata termasuk di dalamnya manusia. Ketika seseorang makan daging merah maka elemen tersebut masuk ke dalam tubuh dan memicu reaksi.

Sheryl mengatakan langkah terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mengangkat kutu dengan dibekukan terlebih dahulu. Jangan asal cabut atau pencet karena malah akan merangsang kutu menyuntikkan lebih banyak racun sehingga meningkatkan kemungkinan diperolehnya alergi.




Fokus : Alergi


#Alergi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks