10 Kesalahan Pria ketika Menggunakan Kondom

Oleh : Dirk/Metro | Kamis, 11 Pebruari 2016 | 15:35 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan - Hampir semua orang dewasa mengenal kondom, kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dan mencegah penularan penyakit kelamin. Kondom berbahan karet latex dan dipakaikan di kelamin pria atau wanita.

Meski demikian, masih banyak orang belum paham mengenai tata cara penggunaan kondom yang benar, sehingga berdampak pada gagalnya program Keluarga Berencana (KB). 

Dilansir Men's Health, ada 10 kesalahan yang sering dilakukan pria saat memakai kondom.

1. Telat memakai kondom

Sebanyak 51,1 persen pria dilaporkan telat menggunakan kondom saat berhubungan intim. Padahal, cairan pra-ejakulasi kadang-kadang mengandung sperma yang bisa menyebabkan kehamilan.

2. Tidak memberi ruang di ujung kondom

Sebanyak 24,3 persen responden tidak memberi ruang di ujung kondom. Padahal, ruang tersebut berfungsi menampung cairan sperma. 

3. Memasang kondom terbalik

Sekitar 30,4 persen responden mengaku pernah memasang kondom dengan kondisi terbalik. Jika hal ini terjadi, segera ganti kondom dengan yang baru untuk menjaganya agar tetap steril dari sperma. 

4. Tidak membuka gulungan kondom dengan sempurna

Penelitian terakhir yang dilakukan menunjukkan, sekitar 11,2 persen perempuan dan 8,8 persen laki-laki langsung memulai hubungan seksual, meski alat kontrasepsinya tidak terpasang dengan sempurna. Kondom yang digunakan pun berpotensi rusak atau robek.

5. Terkena benda tajam

Hindari membeli kondom yang terbuat dari bahan plastik atau lunak. Bahan tersebut sangat rentan rusak saat terkena benda tajam.

6. Tidak memeriksa kondisi kondom

Sekitar 82,7 persen perempuan dan 74,5 persen pria mengatakan, tidak pernah memeriksa kondisi kondom sebelum menggunakannya. Disarankan untuk memeriksa kondisi fisik dan tanggal kedaluwarsa penggunaan.

7. Tidak menggunakan pelumas 

Pelumas yang cukup dibutuhkan saat menggunakan kondom. Tanpa pelumas, kondom rawan rusak jika hubungan intim yang dilakukan berdurasi lama.

8. Salah melepas kondom

Banyak pria atau wanita melepaskan kondom dengan cara yang salah. Cara yang benar, yaitu dengan menahan bagian belakang kondom saat penetrasi selesai. 

9. Menggunakan kondom lebih dari satu kali 

Menurut penelitian, sekitar 1,4 hingga 3,3 persen responden mengaku pernah menggunakan kondom yang sama lebih dari sekali. Selain tidak higienis, kondom yang digunakan dua kali rawan rusak.

10. Menyimpan di tempat yang salah

Kebanyakan orang sering menyepelekan tempat penyimpanan kondom. Padahal, alat kontrasepsi rentan rusak  jika disimpan di tempat yang salah. Kondom juga mudah robek jika terpapar sinar matahari dan panas.




Fokus : Pria


#Kondom
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks