4 Bahaya Mental ancam Orang Jomblo

Oleh : Dirk/Metro | Kamis, 11 Pebruari 2016 | 21:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Kebahagian dan kegagalan merupakan 2 hal yang berbeda yang selalu terjadi dalam hubungan cinta sebagian besar pasangan. Berbicara kegagalan cinta ada beberapa orang yang merasakan tekanan batin, stres, trauma bahkan tidak mau untuk menikah atau jomblo. Ada beberapa orang yang merasa mantap menjalani kehidupannya seorang diri tanpa menikah.

Padahal, hidup menyendiri mengundang banyak efek negatif bagi kesehatan. Apa saja?

1. Berat badan bertambah

Menjalani hidup seorang sendiri, Anda bebas melakukan apa saja sesuka hati. Termasuk, makan. Para peneliti dari Queensland University of Technology menjelaskan, orang yang hidup sendiri cenderung memiliki pola makan tidak sehat dibandingkan mereka yang hidup berkeluarga. Studi menemukan, pria bujang lebih mungkin memiliki pola makan buruk. 

2. Lebih sering sakit

Studi terbaru yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences mengatakan, kerap merasa kesepian berbahaya bagi kesehatan, dan memicu kematian dini sebesar 14 persen. 

3. Lebih boros

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Consumer Research menunjukkan, orang yang kesepian lebih cenderung fokus pada objek material, dan membeli barang baru yang dianggap bisa membuat mereka lebih bahagia. Padahal, sebuah penelitian mengungkapkan, berbelanja tidak memberi efek positif. Sebaliknya, hanya akan membuat Anda merasa semakin buruk. 

4. Kemampuan otak menurun

Memiliki teman serumah akan mendorong neuron di otak untuk tetap aktif. Ketika melakukan semuanya sendirian, seseorang biasanya akan memiliki masalah memori yang lebih cepat. Studi yang dipublikasikan  Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry membuktikan, orang yang tinggal sendiri memiliki 70 hingga 80 persen risiko pikun dibandingkan mereka yang tinggal bersama orang lain. Mereka juga 2,5 kali lebih besar mengalami masalah kognitif.




Fokus : Jomblo


#Mental
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 14 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks