4 Bahaya Mental ancam Orang Jomblo

Oleh : Dirk/Metro | Kamis, 11 Pebruari 2016 | 21:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Kebahagian dan kegagalan merupakan 2 hal yang berbeda yang selalu terjadi dalam hubungan cinta sebagian besar pasangan. Berbicara kegagalan cinta ada beberapa orang yang merasakan tekanan batin, stres, trauma bahkan tidak mau untuk menikah atau jomblo. Ada beberapa orang yang merasa mantap menjalani kehidupannya seorang diri tanpa menikah.

Padahal, hidup menyendiri mengundang banyak efek negatif bagi kesehatan. Apa saja?

1. Berat badan bertambah

Menjalani hidup seorang sendiri, Anda bebas melakukan apa saja sesuka hati. Termasuk, makan. Para peneliti dari Queensland University of Technology menjelaskan, orang yang hidup sendiri cenderung memiliki pola makan tidak sehat dibandingkan mereka yang hidup berkeluarga. Studi menemukan, pria bujang lebih mungkin memiliki pola makan buruk. 

2. Lebih sering sakit

Studi terbaru yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences mengatakan, kerap merasa kesepian berbahaya bagi kesehatan, dan memicu kematian dini sebesar 14 persen. 

3. Lebih boros

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Consumer Research menunjukkan, orang yang kesepian lebih cenderung fokus pada objek material, dan membeli barang baru yang dianggap bisa membuat mereka lebih bahagia. Padahal, sebuah penelitian mengungkapkan, berbelanja tidak memberi efek positif. Sebaliknya, hanya akan membuat Anda merasa semakin buruk. 

4. Kemampuan otak menurun

Memiliki teman serumah akan mendorong neuron di otak untuk tetap aktif. Ketika melakukan semuanya sendirian, seseorang biasanya akan memiliki masalah memori yang lebih cepat. Studi yang dipublikasikan  Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry membuktikan, orang yang tinggal sendiri memiliki 70 hingga 80 persen risiko pikun dibandingkan mereka yang tinggal bersama orang lain. Mereka juga 2,5 kali lebih besar mengalami masalah kognitif.




Fokus : Jomblo


#Mental
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
4 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
4 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks