4 Bahaya Mental ancam Orang Jomblo

Oleh : Dirk/Metro | Kamis, 11 Pebruari 2016 | 21:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Kebahagian dan kegagalan merupakan 2 hal yang berbeda yang selalu terjadi dalam hubungan cinta sebagian besar pasangan. Berbicara kegagalan cinta ada beberapa orang yang merasakan tekanan batin, stres, trauma bahkan tidak mau untuk menikah atau jomblo. Ada beberapa orang yang merasa mantap menjalani kehidupannya seorang diri tanpa menikah.

Padahal, hidup menyendiri mengundang banyak efek negatif bagi kesehatan. Apa saja?

1. Berat badan bertambah

Menjalani hidup seorang sendiri, Anda bebas melakukan apa saja sesuka hati. Termasuk, makan. Para peneliti dari Queensland University of Technology menjelaskan, orang yang hidup sendiri cenderung memiliki pola makan tidak sehat dibandingkan mereka yang hidup berkeluarga. Studi menemukan, pria bujang lebih mungkin memiliki pola makan buruk. 

2. Lebih sering sakit

Studi terbaru yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences mengatakan, kerap merasa kesepian berbahaya bagi kesehatan, dan memicu kematian dini sebesar 14 persen. 

3. Lebih boros

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Consumer Research menunjukkan, orang yang kesepian lebih cenderung fokus pada objek material, dan membeli barang baru yang dianggap bisa membuat mereka lebih bahagia. Padahal, sebuah penelitian mengungkapkan, berbelanja tidak memberi efek positif. Sebaliknya, hanya akan membuat Anda merasa semakin buruk. 

4. Kemampuan otak menurun

Memiliki teman serumah akan mendorong neuron di otak untuk tetap aktif. Ketika melakukan semuanya sendirian, seseorang biasanya akan memiliki masalah memori yang lebih cepat. Studi yang dipublikasikan  Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry membuktikan, orang yang tinggal sendiri memiliki 70 hingga 80 persen risiko pikun dibandingkan mereka yang tinggal bersama orang lain. Mereka juga 2,5 kali lebih besar mengalami masalah kognitif.




Fokus : Jomblo


#Mental
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 12 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks