Ini Penyebab Junk Food merusak Kesehatan

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 12 Pebruari 2016 | 16:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Junk Food, jenis makanan ini seakan sulit dihindari hampir seluruh penduduk dunia. Pasalnya keberadaan jenis makanan ini selain mudah di dapat, rasanya juga bikin ketagihan. Banyak penelitian sudah mengungkapkan konsumsi junk food bisa merusak otak dan menggangu kesehatan mental. Apa sebabnya?

Peneliti ternyata menemukan molekuler bakteri yang bisa merusak tubuh di dalam junk food. Molekul yang sama juga ditemukan dalam makanan olahan, seperti daging cincang, saus pasta, dan sandwich.

Molekul itu disebut pathogen-associated molecular patterns (PAMPs). PAMPs inilah yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Peneliti utama Dr Clett Erridge dari Universitas Leicester mengatakan, ia dan timnya telah menemukan mekanisme junk food meningkatkan risiko penyakit.

PAMPs itu tumbuh selama makanan diproses. Sementara itu, pada makanan segar tidak ditemukan PAMPs atau jumlahnya lebih sedikit.

Peneliti membandingkan tingkat PAMPs pada daging potong dan daging giling. Ternyata, tingkat PAMPs lebih tinggi terdapat pada daging giling. PAMPs diduga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut peneliti, jika mengurangi junk food, dapat menurunkan 15 persen risiko diabetes tipe 2.

Dr Erridge dan timnya pernah menguji responden yang melakukan diet rendah PAMPs selama satu minggu. Hasilnya, diet rendah PAMPs memberikan efek yang sangat menguntungkan bagi kesehatan.

Jumlah sel darah putih mereka menjadi normal atau berkurang. Sebab, jika jumlah sel darah putih tinggi, maka menunjukkan risiko infeksi, stres, peradangan, alergi, dan penyakit tertentu.

Kadar Kolesterol pun menurun sebanyak 18 persen setelah melakukan diet PAMPs atau mengurangi konsumsi junk food. Pada akhirnya, sukses juga menurunkan berat badan.
Untuk itu, peneliti menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan siap saji yang rendah gizi.

Jika mengurangi konsumsi junk food, maka dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner lebih dari 40 persen. Peneliti saat ini mencari cara untuk menghilangkan PAMPs agar makanan menjadi lebih sehat.




Fokus : Junk Food


#Junk Food
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 3 menit yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 13 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 14 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..

+Indeks